Didapuk Nyanyikan Lagu Tema Serial Gadis Kretek, Nadin Amizah Tanyakan Hal Ini ke Kamila Andini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nadin Amizah didapuk menjadi penyanyi lagu tema atau original soundtrack (OST) serial Gadis Kretek. Dia membawakan kembali lagu Kala Sang Surya Tenggelam

Nadin Amizah didapuk menjadi penyanyi lagu tema atau original soundtrack (OST) serial Gadis Kretek. Dia membawakan kembali lagu Kala Sang Surya Tenggelam" ciptaan Guruh Sukarnoputra. Foto: Netflix

IKLAN

Alasan Nadin Amizah Dipilih Menyanyikan Lagu Tema Gadis Kretek

Kamila Andini selalu salah satu sutradara Gadis Kretek mengaku penggemar Nadin sedari lama, bahkan mengikuti akun media sosialnya sejak Nadin meng-cover beberapa lagu sebelum menelurkan karya yang ditulisnya sendiri. Kamila juga mengungkapkan lagu-lagu karya Nadin adalah teman setia kala persiapan dan syuting Gadis Kretek.

"Kita banyak mendengar lagu Nadin sejak preparation (persiapan) dan syuting," kata sutradara 37 tahun itu.

Selain itu, mengingat cerita Gadis Kretek tentang woman empowerment (pemberdayaan perempuan), Kamila ingin suara perempuan pula yang bisa merepresentasikannya dalam alunan lagu. 

"Aku ingin punya suara perempuan di lagu temanya. Aku ingin sense feminity (aura feminin) yang kuat untuk merepresentasikan serial ini. Aku ingin Nadin yang menyanyikan ini, dia akan membawakan apa yang disuarakan Dasiah dan karakter perempuan lainnya di serial ini," kata Kamila.

(dari kiri) Aktris Tissa Biani, Penyanyi Nadin Amizah, dan Sutradara Kamila Andini dalam konferensi pers lagu tema dan teaser terbaru serial "Gadis Kretek" di Kemang, Jakarta Selatan, pada Jumat, 29 September 2023. Foto: CANTIKA

Lagu Kala Sang Surya Tenggelam Punya Daya Magis

Sementara alasan mengapa lagu Kala Sang Surya Tenggelam yang dipilih karena liriknya bisa mewakili cerita di Gadis Kretek.

"Lirik lagu ini adalah sepasang kekasih yang sedang kehilangan arah. dan ini benar-benar merepresentasikan cerita di serial ini, yaitu Dasiyah dan Soeraja. Tapi lebih dari itu, aku suka bagaimana lagu ini dibawakan dengan sangat magis, aransemennya, cara Chrisye menyanyikannya," imbuh Kamila.

"Dia melihat dari sudut pandang orang ketiga, jadi seperti melihat perjalanan sepasang kekasih di dalam nuansa yang puitis, magis, juga kekelaman," tambahnya.

Menurut Kamila, hal-hal itu juga bisa dilihat ketika nanti menonton Gadis Kretek. Tak hanya bicara romansa sepasang kekasih, tapi juga ada situasi politik dan persaingan bisnis yag mengiri kisah cinta mereka.

Video Teaser Gadis Kretek

Di kesempatan yang sama, Netflix juga menghadirkan video teaser terbaru yang menunjukkan apa yang bisa penonton nantikan di serial Gadis Kretek. Soeraja di usia senja memohon kepada Lebas untuk menemukan Dasiyah, perempuan yang memiliki kecintaan terhadap kretek namun berhadapan dengan tradisi dan norma di masa lalu.

Kisah Dasiyah yang bermimpi untuk menghasilkan saus kretek terbaik di zamannya, pada akhirnya membawa Lebas dan Arum bertaut dalam perjalanan tak terduga ke masa lalu.

Diangkat dari novel karya Ratih Kumala, Gadis Kretek disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah serta diproduksi oleh BASE Entertainment bersama showrunner Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Ratih Kumala dan Tanya Yuson juga bertindak sebagai penulis naskah bersama Kanya K. Priyanti and Ambaridzki Ramadhantyo.

Serial ini turut dibintangi Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana. Gadis Kretek mulai tayang di Netflix pada 2 November 2023.

Pilihan Editor: Cerita Nadin Amizah Ungkap Alasan Lagunya Puitis dan Berbahasa Baku

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."