Profil Erica Robin, Miss Universe Pakistan Pertama yang Tuai Reaksi Negatif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Erica Robin. Instagram.com/@ericarobin_official

Erica Robin. Instagram.com/@ericarobin_official

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Erica Robin berhasil memenangkan kontes kecantikan Miss Universe Pakistan pertama. Ajang itu diselenggarakan pada 14 September di resor Brennia Kottefaru, Atol Raa, Maldives.

Momen membanggakan itu seharusnya menjadi perayaan karena berhasil merepresentasikan perempuan di negaranya. Namun hari-hari berikutnya usai dimahkotai, perempuan berusia 24 tahun itu menghadapi luapan kemarahan dari dalam negeri yang dipicu oleh rezim penguasa atau takhta tertinggi dalam pemerintahan.

Erica Robin Mendapat Reaksi Negatif

Hal ini terjadi karena Pakistan merupakan negara mayoritas muslim yang sangat konservatif sehingga ini pula yang menjadikan negara itu belum pernah berpartisipasi dalam kompetisi Miss Universe.

Reaksi negatif yang berasal dari politisi hingga pemimpin agama, termasuk Perdana Menteri sementara di negara tersebut. Hal ini membuat kemenangan Robin masih belum jelas. Apakah dia akan mendapatkan izin untuk ikut dalam kontes Miss Universe dalam tingkat internasional yang akan digelar pada November mendatang di El Salvador.

PM pemerintahan sementara Anwaar-ul-Haq Kakar menyebut bahwa pementasan di Maladives yang memilih Miss Universe Pakistan sebagai tindakan memalukan, penghinaan, dan eksploitasi terhadap perempuan Pakistan.

Bahkan, pemimpin itu juga turut meminta badan intelijen negara untuk menyelidiki lebih lanjut penyelenggara kontes tersebut dan bagaimana organisasi itu dapat menyelenggarakan beauty pageant atas nama Pakistan tanpa persetujuan pemerintah.

Lulusan Adminisrasi Bisnis 

Erica Robin mempunyai gelar di bidang Administrasi bisnis. Kemudian dia mulai karir profesional modeling pada Januari 2020. Salah satunya, cover Majalah Diva Pakistan. 

Dikutip dari The Independent, Erica mengatakan kepda Voice of America baru-baru ini bahwa Miss Universe Pakistan itu merasakan banyak tanggung jawab di pundaknya. “Namun, saya tidak akan melakukan apa pun yang dapat merusak nama baik negara,” kata Erica.

Memulai Karier sebagai Model 

Erica Robin adalah model fashion Pakistan yang dikenal karena penampilan runway-nya di berbagai peragaan busana. Pada September 2023, ia menjadi viral setelah menjadi Miss Universe Pakistan pertama. Ia memulai karir modelingnya pada Januari 2020 dan mengikuti berbagai peragaan busana. Ia juga bekerja sama dengan beberapa merek, khususnya merek pakaian, dalam pemotretan untuk mempromosikan pakaian desainer.

Pada 14 September 2023, Erica Robin menjadi Miss Universe Pakistan pertama dalam kompetisi yang diadakan di resor Brennia Kottefaru di Raa Atoll, Maladewa. Dari 200 pelamar, ia berhasil masuk 5 besar dan akhirnya menjadi juara mengalahkan Hira Inam, Malika Alvi, Jessica Wilson, dan Sabrina Wasim.

Setelah kemenangannya, dia berterima kasih dan memuji Pakistan dan rakyatnya atas dukungan mereka. "Saya merasa terhormat dan rendah hati menjadi Miss Universe Pakistan yang pertama dan saya ingin menonjolkan keindahan Pakistan. Kami memiliki budaya indah yang tidak dibicarakan media. Orang-orang Pakistan sangat baik, murah hati, dan ramah.” 

Pilihan Editor:Organisasi Miss Universe Hapus Batas Usia Peserta, Ini Kata R'Bonney Gabriel

INTAN SETIAWANTY | YUNIA PRATIWI | THE INDEPENDENT | STARSUNFOLDED 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."