Fakta Menarik Fashion Nation 2023, Keragaman Budaya dan Seni dalam Balutan Busana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Model memperagakan busana dari Mel Ahyar X Erica Hestu di gelaran Senayan City Fashion Nation 17th di Senayan City, Jakarta, Kamis, 21 September 2023. Mel Ahyar berkolaborasi dengan Erica Hestu menampilkan busana  'Versecapades' mengkombinasikan seni naif-ekspresif untuk menggambarkan konsep multiverse sebagai bentuk kebebasan berekspresi. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Model memperagakan busana dari Mel Ahyar X Erica Hestu di gelaran Senayan City Fashion Nation 17th di Senayan City, Jakarta, Kamis, 21 September 2023. Mel Ahyar berkolaborasi dengan Erica Hestu menampilkan busana 'Versecapades' mengkombinasikan seni naif-ekspresif untuk menggambarkan konsep multiverse sebagai bentuk kebebasan berekspresi. TEMPO/ Febri Angga Palguna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Parade fashion yang kaya akan perayaan budaya akan menjadi tanda kembali dimulainya Senayan City Fashion Nation 2023 atau 17th Edition. Digelarnya pagelaran Fashion Nation ini bersamaan dengan perayaan 17 tahun berdirinya Senayan City yang jatuh pada tanggal 21 September 2023. Penekanan Senayan City Fashion Nation memang selalu ada pada peragaan talenta mode dari Indonesia. Kali ini, Senayan City Fashion Nation 17th Edition akan digelar mulai 21-30 September 2023, di Main Atrium, lantai 1, Senayan City.

Senayan City Fashion Nation 17th Edition akan dibuka dengan Opening Night yang menampilkan tiga perancang mode terbaik Indonesia dengan tema ‘Diversestyle’, yang penuh akan keberagaman budaya, gaya dan kreatifitas seni. Selain itu, Senayan City juga menghadirkan sebuah penampilan tarian istimewa yang menceritakan perjalanan Senayan City Fashion Nation dari pertama kali diadakan hingga di masa pandemi.

Leasing & Marketing Director Senayan City, Halina mengatakan rangkaian Fashion Nation 17th Edition ini akan berlangsung mulai 21 - 30 September 2023. Sebagai pembuka gelaran fashion tersebut, Senayan City akan menghadirkan fashion show dari designer terbaik Indonesia seperti Mel Ahyar, Rama Dauhan dan Wilsen Willim pada 21 September, di Main Atrium, lantai 1, Senayan City. 

Ketiga desainer ini akan menampilkan koleksinya yang iconic, penuh warna, serta dengan sentuhan tren terkini yang mampu menginspirasi para fashion enthusiast. Selain menampilkan designer berbakat di Indonesia, Fashion Nation juga akan menampilkan beberapa koleksi terbaru dan exclusive dari tenant fashion dan lifestyle Senayan City,” ujar Fashion Instalasi Bersama IPMI 

Menjadi bagian dalam rangkaian Fashion Nation ini, Senayan City juga kembali berkolaborasi dengan Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) dengan menghadirkan sebuah Fashion Instalasi bertajuk GAYA, yang menampilkan karya terbaru dari 18 Fashion designer Indonesia. Pada Opening Night, desainer kawakan IPMI Mel Ahyar menyajikan koleksi VERSECAPADES. 

Pengunjung mengambil gambar busana yang dipamerkan di Gaya Fashion Installation 2023 di Senayan City, Jakarta, Kamis, 21 September 2023. Terdapat 18 perancang busana yang tergabung dalam katan Perancang Mode Indonesia (IPMI) yang menampilkan karya-karyanya dalam pameran tersebut. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Koleksi ini menampilkan desain eksperimental Mel Ahyar yang dikombinasikan dengan karya seni naif-ekspresif Erica Hestu untuk menggambarkan konsep multiverse di dunia mode Nusantara. Ditampilkan dengan penuh imajinasi dan kreativitas tinggi, Mel Ahyar berniat menunjukkan kebebasan ekspresi total yang dapat dicapai dengan keluar dari konvensi.

Menemani Mel Ahyar adalah dua desainer terbaik yang juga baru bergabung dengan IPMI: Wilsen Willim dan Rama Dauhan. Wilsen Willim berupaya untuk melestarikan dan mengolah batik lawas yang sudah lapuk dan ringkih sehingga dapat menjadi koleksi siap pakai yang premium. Terinspirasi dari kintsugi, seni restorasi keramik asal Jepang, Wilsen Willim mengaplikasikan teknik modern kepada kain tenun.

Sementara itu, Rama Dauhan akan menampilkan koleksi Harmoni yang mengemas cerita dari seniman Nabil Gharsallah dalam eksplorasi bordir, aksesoris, dan print dengan flora dan fauna berwarna cerah. Niat Rama Dauhan adalah untuk membawa seni menjadi lebih dekat ke masyarakat dengan memakainya di pakaian sehari-hari.

Rangkaian Senayan City Fashion Nation17th Edition juga menghadirkan highlight designer yang berkolaborasi dengan Senayan City seperti; Para desainer IPMI akan memamerkan koleksi mereka di Gaya Fashion Installation, serta berpartisipasi di Kaart Jagat Fashion Show. Acara Designer Highlight akan menampilkan sejumlah nama: Amot Syamsuri Muda dan brand no’om | no’mi di Men’s Collection, Yuana Tanaya, Ivan Gunawan, dan Lisa Ju. Sementara itu, berbagai brand yang ikut berpartisipasi adalah Purana, SOE Jakarta, Ghea Resort, Populo, Saroong, dan Cita Tenun Indonesia berkolaborasi dengan Sejauh Mata Memandang    

Opening Night Fashion Nation juga semakin menarik dengan tarian istimewa yang digarap oleh koreografer Ronal Soe dari Team Roro dan Panca Makmun sebagai Koreografer fashion show kali ini.

Pilihan Editor:  Rekomendasi Liburan Akhir Tahun, Kunjungi Avatar Pandora Experience di Senayan City

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


  

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."