Kapan Resign, Teater Musikal yang Suarakan Isu Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Konferensi Pers Teater Musikal Kapan Resign/Jaksical

Konferensi Pers Teater Musikal Kapan Resign/Jaksical

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKesehatan mental menjadi salah satu isu yang semakin marak dibicarakan masyarakat. Tema kesehatan mental di dunia kerja pun tidak luput dari salah satu isu yang cukup berkembang akhir-akhir ini. Jakarta Musical Crew (Jaksical) siap menggelar karya seni musikal interaktif yang berjudul “Kapan Resign?”. Musikal ini menceritakan realita dunia kerja yang kerap terjadi di masa kini kepada masyarakat dan mengajak penonton untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat serta produktif lewat pertunjukan musikal teater. Dengan konsep interaktif, para penonton musikal dapat mengatur jalan cerita dan memilih antara dua pilihan akhir cerita. “Kapan Resign?” akan hadir di Teater Salihara pada tanggal 6 - 8 Oktober 2023 mendatang sebanyak tujuh (7) kali pertunjukan.

Musikal “Kapan Resign?” juga menggandeng Indonesia Kaya, Goshen Swara Indonesia – Shure, Yamaha, Dekoruma dan PAC Martha Tilaar sebagai brand sponsorship yang ingin ikut dalam misi menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja, apalagi sejak Indonesia memasuki era digitalisasi dan hustle culture. Masalah perubahan jam dan sistem kerja serta meningkatnya kemacetan di wilayah Ibu Kota Jakarta diakui membuat banyak pekerja merasa tertekan dan kelelahan “burnout” secara mental. 

Co-Producers Musikal Kapan Resign? Farah Labita dan Olivia Dwiyanti mengatakan timnya ingin melahirkan sebuah karya orisinal yang mengangkat isu-isu tentang kesehatan mental di lingkungan kerja yang kerap mereka dengar. Isu itu banyak datang dari kisah teman-teman timnya maupun yang marak di media sosial. Beberapa kata yang cukup sering muncul terkait isu kesehatan mental di dunia kerja adalah “burnout" & "hustle culture”. "Kami berharap lewat pertunjukan ini, generasi muda khususnya kalangan pekerja Indonesia sadar atas bahayanya burnout dan tidak menormalisasi budaya tersebut. Kami juga berharap lewat pertunjukan musikal ini, banyak perusahaan dengan brand-brand ternama di Indonesia bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan selalu peduli kesehatan mental dan fisik para pegawainya," kata Olivia.

Musikal "Kapan Resign?' menceritakan tentang tiga sekawan yang bekerja bersama di sebuah agensi dengan atasan yang menantang dan drama pekerjaan yang bercampur dengan permasalahan pribadi. Teater ini pun membawa issue yang kerap dirasakan generasi muda kaum pekerja seperti orang tua yang suka menuntut, pertanyaan tentang kapan akan menikah, hingga menjadi tulang punggung keluarga. Lingkungan kerja yang tidak mendukung serta permasalahan pribadi yang mengakibatkan kondisi stress dan depresi menjadi konflik dan pesan utama dari musikal ini.

Program Manager Indonesia Kaya Billy Gamaliel mengatakan Indonesia Kaya akan selalu mendukung karya Jaksical, apalagi kali ini Jaksical menyajikan pertunjukan yang segar dan dekat dengan cerita generasi muda di dunia perkantoran yang dikemas dalam format teater musikal. "Kreativitas dan semangat ini perlu didukung agar terus bertumbuh dan melahirkan generasi penerus dari anak-anak muda yang konsisten dalam industri seni pertunjukan di tanah air. Semoga melalui pementasan ini dapat memotivasi generasi muda lainnya, untuk percaya bahwa ada harapan yang baik dalam industri seni pertunjukan kita sehingga nantinya industri seni pertunjukan Indonesia bisa menjadi tuan rumah di tanah airnya sendiri,” katanya dalam konferensi pers Kapan Resign 19 September 2023.

Marketing Communication Goshen Swara Indonesia - Shure, Regina Octaviani, mengatakan timnya ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya industri seni pertunjukan di dalam negeri dengan equipment dan fasilitas yang memadai, terutama untuk teater atau pertunjukan hiburan lainnya melalui Kapan Resign. "Teater musikal lebih membutuhkan perhatian khusus, berbeda dengan live performance, recording dan lainnya. Selain itu, kami juga ingin memberikan experience audio yang berbeda bagi pelaku teater maupun audience,” katanya.

Acara ini akan dipentaskan oleh seniman muda dengan menggandeng Yemima Krisantina sebagai penulis naskah yang dulunya dikenal lewat penulisan script film Eggnoid tahun 2012 bersama Jessica Claudia dan Wishnu Dewanta sebagai Penulis Lagu dan Penata Musik, yang sebelumnya menjadi Penata Musik Musikal Petualangan Sherina dan Musikal Cek Toko Sebelah tahun 2022. Musikal ini akan membawakan 7 lagu orisinal yang terinspirasi dari musikal - musikal Broadway seperti Heathers, Rent, Legally Blonde, dan Mean Girls.

Untuk detail lebih lanjut mengenai Jaksical dapat mengunjungi akun media sosial @Jaksical, dan untuk informasi terkini terkait acara teater musikal original “Kapan Resign?” dapat diikuti di seluruh akun media sosial @kapan.resign.

Pilihan Editor: Wanita Lebih Banyak Mengidap Depresi Dibanding Pria, Saatnya Peduli Kesehatan Mental

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."