Cerita di Balik Cover Lagu Tennessee Whiskey, Cakra Khan Siap Go Internasional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Penyanyi Cakra Khan. TEMPO/M Taufan Rengganis

Penyanyi Cakra Khan. TEMPO/M Taufan Rengganis

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah menjadi sensasi di media sosial untuk video covernya, Cakra Konta Paryaman atau akrab disapa Cakra Khan kembali memanjakan telinga pendengar dengan versi studio ‘Tennessee Whiskey’. Sebelumnya Cakra Khan bersama Roommate Project mengunggah video cover ‘Tennesse Whiskey’ dan telah mencapai lebih dari 5 juta views di YouTube. 

Pria kelahiran 27 Februari 1992 ini mengaku keunikan dari cover lagu Tennesse Whiskey diaransemen menjadi versi blues dari awalnya nuansa country. "Kalau saya memang bawakan lagu ini dari tema pun ceritanya tetap sama, tapi kalau saya suasananya agak sedikit blues. Dari mulai masuk terus suasana di lagu ini pun agak sedikit beda dengan yang sebelumnya. Agak sedikit beda-lah dari country ke blues," ucap Cakra kepada Cantika saat media visit, Kamis, 14 September 2023 di kantor Tempo. 

Lantaran ia menyukai lagu tersebut, maka ia mengaku tidak mendapatkan tantangan yang berarti selain proseur izin dari pihak label dan penyanyi asli membutuhkan waktu lama. "Justru karena memang saya suka jadi untuk challenge ini kemarin lebih izinnya yang butuh waktu lama. Kalau nyanyinya sih karena saya sudah suka jadinya lancar," imbuh pelantun Harus Terpisah ini. 

Cakra Khan mengatakan jika lagu ini udah seperti whiskey dalam arti sebenarnya, semakin tua umurnya semakin enak untuk didengar. Ini juga menjadi kehormatan bagi saya untuk membawakan lagu legenda seperti Tennessee Whiskey

"Semoga versi saya ini bisa diterima oleh para pendengar musik tidak hanya di Indonesia tapi juga Internasional, dan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam proses pembuatannya," ungkapnya. 

Dalam cover lagu ini, Cakra juga mencoba ke luar dari zona nyaman dengan lagu-lagu cinta dan romansa dalam balutan sendu. Walau di lirik lagu Tennesse Whiskey ini pun kalau diartikan memang ketika kita jatuh cinta sama seseorang.  "Kayak terngiang-ngiang yang diibaratkan ke minuman. Lagu yang temponya agak beda. Jadi saya bikin agak berbeda biar orang juga ngelihat sisi lain dari saya di setiap jenis musik," ujarnya. 

Apresiasi yang sangat baik pun ia terima serta banyak dari pengguna YouTube dan juga pelatih vokal berbagai negara mengunggah video reaction mereka. Hingga saat ini video reaction ‘Tennessee Whiskey’ sudah mencapai lebih dari 200 video di YouTube. Salah satu yang paling banyak viewsnya mencapai 1 juta views yaitu dari kanal LizaQuin. Beberapa komentarnya pun sangat memuji karakter suara dan bagaimana Cakra Khan membawakan lagu ini dengan sangat baik.

Melihat dari baiknya apresiasi, akhirnya pihak label MyMusic Records serta Cakra Khan memutuskan untuk merilis versi studio dari ‘Tennessee Whiskey’. Lagu ini sebelumnya dipopulerkan oleh penyanyi country berkebangsaan Amerika David Allan Coe pada tahun 1981 dan juga Chris Stapleton pada tahun 2015.

Versi ‘Tennessee Whiskey’ ini kembali menggandeng Roommate Project untuk aransemennya. Meskipun dalam hal aransemen memang tidak banyak perubahan dikarenakan ingin mempertahankan esensi lagu aslinya yang sudah melekat, namun dengan ditambahkannya vokal soul Cakra Khan diharapkan dapat membuat lagu ini lebih bernyawa setelah 42 tahun rilis. 

Lagu ini juga mempunyai peranan penting bagi pria kelahiran Sunda yang membuka jalannya ke kancah Internasional, sehingga diputuskan proses rekaman serta mixing dan masteringnya di Abbey Road Studios, London pada bulan Februari 2023 lalu.

Pilihan Editor: Bocoran Kejutan Cakra Khan di Album Kedua, Menulis Lagu Sendiri hingga Lirik Bahasa Sunda

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."