Mengulik Bisnis Fashion BLZR.ID, Dirintis Kakak Adik yang Terinspirasi Toko Jas Sang Ayah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kiri) Florine Aulia dan Dennice Aulia, pendiri merek BLZR.ID. Foto: Tim Muara Bagdja

(dari kiri) Florine Aulia dan Dennice Aulia, pendiri merek BLZR.ID. Foto: Tim Muara Bagdja

IKLAN

CANTIKA.COM, Tangerang - Inspirasi memulai bisnis bisa datang dari mana saja termasuk keluarga. Hal itu tercermin dari bisnis mode atau fashion khusus blazer bertajuk BLZR.ID (dibaca blei.zer.ai.id) yang didirikan oleh kakak adik, Dennice Aulia dan Florine Aulia. Salah satu pertimbangan mereka merintis bisnis tersebut pada 2014 karena melihat toko jas milik kedua orang tua.

"Pertama bikin ini karena orang tua kita jualan jas. Sekarang papa sudah pensiun. Dari kecil, kita melihat mama papa bikin blazer, lalu ke toko jas," jelas Dennice ditemui di Alam Sutera, Tangerang, Sabtu, 16 September 2023.

Selain itu, mereka juga melihat ada peluang usaha blazer secara daring atau online yang belum banyak digarap 10 tahun silam. Itulah yang membuat mereka memutuskan berjualan secara daring hingga saat ini.

"Pada waktu itu, kita melihat ada kebutuhan pasar, belum ada yang jual blazer secara online. Dulu orang kalau mau beli blazer pergi ke mal, apalagi (saat itu belum banyak) blazer merek lokal di online. Kita lihat peluang itu, coba-coba, dan cocok sama pasarnya," jelas lulusan London School Public Relations atau LSPR tahun 2015.

Florine mengatakan di awal merintis BLZR.ID, dia dan kakaknya, Dennice, yang turun tangan langsung mengerjakan semua hal termasuk pengecekan jahitan. Setelah beberapa waktu, mereka merekrut satu orang yang menjadi karyawan pertama mereka. Dan, kini jumlah karyawan mereka lebih dari 20 orang.

Untuk produksi pembuatan blazer dari BLZR.ID ada di beberapa tempat, menurut Florine. "Ada yang produksi sendiri, ada partner. Semuanya lokal di Jakarta dan Bandung," ujar Direktur Kreatif BLZR.ID itu.

Awalnya, mereka hanya memproduksi dua lusin, kini produksinya mencapai ribuan.

Yang Dirasakan Florine Bisnis Bareng Kakak di BLZR.ID

Saat ditanya suka duka berbisnis dengan sang kakak yang bertanggung jawab dalam urusan desain dan produksi, Florine mengungkapkan banyak kemudahan karena sudah mengenal kemampuan dan karakter masing-masing.

"Sukanya banyak banget. Kita sudah kenal satu sama lain, cara komunikasinya yang baik. Tapi bagaimanapun ada beda, ada batasan antara hubungan keluarga dan bisnis. Ada challenge (tantangan) gimana boundaries (batasan) di pekerjaan, masalah personal gak boleh dibawa ke pekerjaan," jelasnya.

Identitas BLZR.ID

Mengingat BLZR.ID hanya menjajakan blazer sebagai produk, itu salah satu kekuatan identitas mereka hingga saat ini, menurut Florine. Dari desain, awalnya mereka kental dengan gaya blazer formal dan basic, seiring berjalannya waktu mereka terus mengeksplorasi dan berkembang terkait desain dan elemen-elemen pelengkapnya.

"Kita jadi lebih banyak belajar dan development tentang blazer. Segala jenis dan model blazer dikembangkan terus," ujarnya.

Florine menyebutkan selain model blazer basic dan slim fit, ada model blazer polos berbagai warna blazer casual bentuk loose, blazer model crop atau oversized.

"Pola rapi, fungsional. Kita pay attention (sangat memperhatikan) ke hal kecil seperti furing dan benang, kita pilih dengan seksama," tuturnya.

"Blazer kami juga lebih affordable (harga terjangkau) dengan kualitas yang sama dengan blazer-blazer yang dijual mal," sambungnya.

Dari segi bahan, BLZR.Id menggunakan polycotton, tweed, semiwol, crepe, linen hingga sentuhan tulle. Selain memasarkan produk di akun media sosial resmi mereka, produk BLZR.ID bisa diperoleh di e-commerce.

Pilihan Editor: 5 Tips Merintis Bisnis Fashion Hijab Sendiri

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."