5 Tips Merintis Bisnis Fashion Hijab Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi bisnis dengan teman perempuan. (Her Money)

Ilustrasi bisnis dengan teman perempuan. (Her Money)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap Ramadan dan Idul Fitri menjadi momen bagi pelaku bisnis fashion hijab untuk meningkatkan volume penjualannya. Peningkatan jumlah pembelian kain oleh para produsen pakaian modest mulai terlihat di platform Zilingo sejak awal 2022. "Persiapan produsen modest fashion biasanya sudah dilakukan sejak 6 bulan sebelum Idul Fitri dengan mulai memilih kain-kain sebagai bahan produksi. Awal tahun ini, pembelian kain di Zilingo naik signifikan," kata Head of Enterprise Zilingo Indonesia Kang Ay Lie, dalam siaran pers, dikutip Rabu 13 April 2022.

Menurut Lie, secara keseluruhan, pelaku usaha lebih optimistis berproduksi tahun ini, apalagi didukung dengan kebijakan pemerintah tentang aturan mudik dan cuti Lebaran. Dengan prospek yang baik, tidak mengherankan jika sebagian orang memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis modest fashion di Indonesia, salah satunya dengan memproduksi hijab.

Berikut tips merintis bisnis fashion hijab dengan merek sendiri, dari Zilingo:

1. Riset bahan dan model

Dalam membuat bisnis fashion hijab, kamu perlu melakukan riset untuk melihat model, warna, cara promosi dan harga hijab yang banyak diminati pasar. Pengguna hijab tentu tidak hanya mempertimbangkan model saja, tapi juga kenyamanan bahan saat dikenakan. Anda bisa pilih bahan katun, rayon, linen, dan sifon sebagai bahan utama produksi.

2. Siapkan modal usaha

Untuk memulai bisnis sdfashion hijab juga perlu ada modal usaha. Usaha bisa dirintis dari skala kecil sesuai jumlah modal yang Anda miliki. Setelah arus kas bisnis berjalan lancar, Anda bisa mempertimbangkan pinjaman modal untuk memperbesar skala usaha.

3. Temukan supplier terbaik

Agar tidak kerepotan mencari dan membandingkan harga bahan, Anda bisa memanfaatkan teknologi, salah satunya mengakses supplier melalui platform B2B satu atap Zilingo. Platform bisnis Zilingo memiliki beragam layanan untuk meningkatkan pertumbuhan usaha melalui digitalisasi dan efisiensi rantai pasok di industri fashion, kecantikan, dan gaya hidup.

4. Buatlah katalog berkualitas

Membuat bisnis fashion hijab juga perlu membuat katalog berkualitas. Memiliki katalog produk yang jelas merupakan hal krusial untuk dimiliki oleh pelaku usaha yang baru mulai merintis. Katalog produk yang memperlihatkan detail warna dan produk dengan tampilan yang menarik dapat meningkatkan minat calon konsumen dalam memilih produk Anda.

Manfaatkan layanan pemasaran Zilingo Spotlight, yang membantu dalam memberikan kemudahan bagi Anda untuk memperlihatkan keunggulan produk dan juga mendukung untuk konsultasi pemasaran digital profesional.

5. Pasarkan di marketplace

Perlu pula marketing yang bagus ketika kamu membuat bisnis fashion hijab. Selain tidak memerlukan modal besar untuk membuka toko, berjualan di marketplace dinilai bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli sesuai target pasar Anda. Agar lebih mudah mengelola usaha, Anda bisa memanfaatkan layanan berbasis teknologi.

Salah satunya Zilingo Connect yang merupakan solusi omnichannel terintegrasi untuk memudahkan Anda dalam mengelola berbagai toko offline dan online, termasuk berbagai marketplace online di Indonesia. Tidak perlu ragu memulai usaha Anda sendiri. Dengan rencana bisnis dan dukungan sistem yang tepat, usaha yang Anda rintis bisa berkembang sesuai harapan.

Baca: Pandemi Covid-19 Membuat Produk Fashion Muslim Makin Diminati, Kok Bisa?

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."