Bisa Dibuat di Rumah, Simak Resep Roti Canai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Roti canai. Foto : Taste

Roti canai. Foto : Taste

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Roti canai dinobatkan sebagai roti terbaik di dunia versi TasteAtlas. Hal itu diumumkan TasteAtlas saat merilis peringkat "Top 50 Roti Terbaik di Dunia" pada 10 September 2023. TasteAtlas diketahui panduan perjalanan pengalaman untuk makanan tradisional yang menyusun resep otentik, ulasan kritikus makanan, dan artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer. 

Dikutip dari TasteAtlas, konon makanan ini berasal dari India ketika para buruh India yang merantau ke Malaysia membawa resep dan tradisi pembuatan kue kering renyah ini ke luar negeri. 

Biasanya disajikan polos dalam bentuk bulat tradisional sebagai pendamping atau disobek-sobek dan dicampur dengan kari. Namun roti canai sering kali dijadikan sebagai hidangan andalan, disertai dengan isian dan bahan yang berbeda-beda, gurih dan manis. 

Jika ditambahkan isian tambahan, roti canai biasanya dibentuk persegi panjang. Misalnya saja di Malaysia, terdapat berbagai jenis roti canai yang dibedakan berdasarkan jenis isiannya, seperti telur, bawang bombay, pisang, sarden, margarin dan gula, mi instan, keju, dan sayur. 

Dari segi pembuatannya, roti canai dibuat dengan tepung, air, dan telur. Adonan roti canai dilipat berkali-kali sehingga hasil akhirnya memiliki tekstur berlapis, bagian dalam lembut, dan lapisan luar renyah. Lemak yang paling umum digunakan dalam roti canai adalah ghee, mentega tradisional India.

Roti canai. food.com

Jika Anda ingin membuat roti canai sendiri di rumah, Anda dapat mengikuti resep di bawah ini.

Bahan-bahan

- 300 gram tepung terigu

- 1 butir telur ayam

- 50 ml minyak goreng

- 150 ml air hangat

- 1 sdm susu bubuk

- 1 sdt gula halus (opsional)

- 1/2 sdt garam

- secukupnya margarin

- Secukupnya minyak goreng (untuk merendam adonan) 

Cara membuat

1. Pertama, masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk hingga rata. 

2. Selanjutnya, tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting-banting adonan hingga kalis dan tidak lengket. 

3. Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih, lalu diamkan selama 1-2 jam. 

4. Setelah adonan direndam, pipihkan hingga benar-benar tipis, tapi jangan sampai robek. Kemudian oleskan mentega pada adonan hingga merata. 

5. Gulung adonan, lalu tarik-tarik agar adonan menjadi lebih panjang. 

6. Gulung adonan dengan arah yang berlawanan hingga membentuk seperti huruf 'S'. Lalu satukan atau tumpuk adonan. 

7. Selanjutnya, pipihkan adonan hingga melebar, sambil ditarik-tarik. 

8. Goreng di teflon tanpa minyak hingga berubah warna kecoklatan.Roti  canai siap dihidangkan bersama susu kental manis, selai, keju parut, es krim, kuah kari, dan lain-lain. Jika tidak habis satu kali makan, roti canai bisa disimpan di dalam freezer lalu dipanaskan lagi di teflon dengan sedikit mentega.  

Pilihan Editor: 6 Pilihan Roti Sehat, dari Roti Gandum Utuh hingga Roti Biji Bertunas

RINDI ARISKA | COOKPAD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."