13 Cara Menanggapi Pujian dengan Bijak, Berterima Kasih dan Bangun Koneksi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya. Foto: Freepik.com

Ilustrasi perempuan berbincang dengan temannya. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika menanggapi pujian, sejumlah orang berada dalam ketidakpastian bagaimana cara terbaik meresponsnya. Meski demikian, ada satu aspek mendasar yang tidak boleh diabaikan, yakni respons Anda. Ini adalah kesempatan Anda untuk mengungkapkan rasa terima kasih Anda atas perhatian seseorang dalam mengakui kualitas Anda. Menanggapi pujian dengan anggun tidak hanya meningkatkan momen, tetapi juga memupuk hubungan positif. Berikut beberapa cara menanggapi pujian dengan bijak.

1. Berterima Kasih

Ketika kolega Anda memuji kehebatan coding Anda, atau seseorang mengagumi gaya rambut baru Anda, manfaatkan kekuatan senyuman yang tulus dan tanggapi dengan ramah lewat dua kata yang memiliki kekuatan luar biasa, yakni "Terima kasih."

Baik itu keahlian profesional atau pilihan gaya pribadi, penuhi pujian dengan kontak mata dan senyuman hangat. Tindakan sederhana ini, tanpa biaya, mencerminkan rasa hormat dan penghargaan Anda.

“Saya sangat berterima kasih atas kata-kata baik Anda.”

"Terima kasih telah memperhatikan."

2. Apresiasi Sepenuh Hati

Pujian yang tulus layak mendapatkan ucapan " terima kasih " yang tulus juga. Ketika Anda menerima pujian dari hati, balaslah dengan rasa syukur. Ingat, pujian yang tulus adalah harta lisan, jauh lebih berharga daripada harta benda.

“Kata-katamu sangat berarti bagiku.”

"Saya sangat menghargai pengamatan baik Anda."

3. Bangun Koneksi

Menanggapi pujian lebih dari sekadar kata-kata; itu adalah dialog nonverbal. Respons pujian dengan kontak mata langsung, senyum ramah, dan bahasa tubuh terbuka. Tanggapan Anda harus memvalidasi dan memperkuat sentimen yang diungkapkan.

"Kata-katamu benar-benar menyentuh hatiku."

“Senang sekali menerima tanggapan yang baik seperti itu.”

4. Menyebut Nama Pemberi Pujian

Nama adalah harta karun, sebuah tanda pengenal yang membuat kita merasa diakui secara unik. Saat mengucapkan terima kasih atas pujian seseorang, ingatlah untuk menggunakan nama dia. Tunjukkan bahwa perkataan dia penting dengan mengenali individualitasnya.

“Budi, kata-kata baikmu sangat berarti.”

"Tari, aku berterima kasih atas pujianmu yang bijaksana."

5. Gunakan Nada Bicara Tulus dan Rendah Hati

Suara Anda adalah instrumen emosi. Biarkan nada bicara Anda bergema dengan kebahagiaan dan penghargaan yang tulus. Ungkapkan rasa terima kasih dengan cara rendah hati yang mencerminkan nilai Anda atas pujian tersebut.

“Pujianmu benar-benar menghangatkan hatiku.”

"Saya dengan tulus berterima kasih atas kata-kata bijaksana Anda."

6. Lewat Sentuhan Fisik

Terkadang, kata-kata saja tidak cukup untuk menyampaikan penghargaan Anda. Tawarkan pelukan hangat atau jabat tangan ramah, tergantung tingkat kenyamanan orang lain. Gerakan fisik meningkatkan ketulusan rasa terima kasih Anda.

7. Bahasa Tubuh

Komunikasi melampaui kata-kata. Bahasa tubuh Anda berbicara banyak. Bersandar sedikit, pertahankan postur terbuka, dan hindari tangan bersilang untuk menunjukkan rasa terima kasih yang tulus.

“Saya sangat berterima kasih atas kata-kata baik Anda.”

“Pujianmu sangat berarti bagiku.”

8. Ekspresikan lewat Anekdot

Jika pujian tersebut mengingatkan kembali kenangan atau momen tertentu, bagikan cerita pendek atau anekdot terkait pujian tersebut. Sentuhan pribadi ini menambah kedalaman tanggapan Anda.

“Pujianmu mengingatkanku pada saat aku pertama kali mempelajari keterampilan ini.”

"Saya teringat akan upaya yang dilakukan dalam memilih gaun ini. Terima kasih."

9. Ekspresikan Dampak Emosional

Biarkan pemberi pujian tahu betapa penghargaannya menyentuh Anda secara emosional. Berbagi perasaan Anda menciptakan hubungan pribadi di luar tingkat permukaan.

"Kata-katamu benar-benar menghangatkan hatiku. Terima kasih untuk itu."

"Saya sangat tersentuh dengan pujian Anda. Itu sangat berarti bagi saya."

10. Renungkan Pertumbuhan Pribadi

Jika pujian tersebut berkaitan dengan pertumbuhan atau transformasi pribadi Anda, ungkapkan bagaimana Anda telah berevolusi dan tumbuh seiring waktu.

“Pujianmu mengingatkanku pada perjalanan yang telah kulakukan untuk mencapai titik ini.”

“Saya telah menempuh perjalanan panjang, dan kata-kata Anda membuat saya semakin menghargai kemajuan tersebut.”

11.  Bagikan Sumber Inspirasi

Jika pujian itu berkaitan dengan hobi, keterampilan, atau prestasi, ceritakan apa atau siapa yang menginspirasi Anda untuk menekuninya.

"Saya harus berterima kasih kepada ayah saya karena menginspirasi saya untuk melakukan hobi ini."

“Pujian Anda mengingatkan saya pada mentor yang membimbing saya sepanjang perjalanan ini.”

12. Terhubung ke Pengalaman Bersama

Jika pujian itu berhubungan dengan pengalaman bersama, ungkapkan bagaimana Anda merasakan ikatan melalui pengalaman tersebut.

"Senang sekali mengetahui kami memiliki selera yang sama. Terima kasih telah memperhatikan."

"Semangat kita bersama untuk hal ini selalu menjadi titik penghubung. Terima kasih telah mengakuinya."

13. Utarakan Niat Masa Depan

Ekspresikan bagaimana pujian tersebut memotivasi Anda untuk terus berupaya mencapai kemajuan atau memengaruhi tindakan Anda di masa depan.

“Pujian Anda menyemangati saya untuk terus menyempurnakan keterampilan saya.”

"Saya terinspirasi untuk terus mendobrak batasan, berkat kata-kata baik Anda."

Memahami cara menanggapi pujian memungkinkan Anda menunjukkan rasa terima kasih atas sikap baik hati tersebut. Meskipun tidak ada aturan yang tegas dalam menanggapi pujian, banyak orang yang ragu dalam memberikan balasan yang tepat.

Jadi, mengungkapkan rasa terima kasih sambil menjaga kontak mata dan memberikan respons positif adalah pendekatan yang umum dalam menanggapi ujian. Alternatifnya, pelukan hangat juga bisa membalas pujian. Sangat penting untuk bersikap tulus dan menghindari meremehkan tindakan tulus seseorang dengan cara yang dapat menyakiti. Perhatikan pula, nada suara dan bahasa tubuh Anda harus memancarkan hal positif.

Pilihan Editor: 10 Pujian yang Ingin Didengar Pria dari Pasangannya

IVANA FELYSITASWATI PALLA | PINK VILLA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."