4 Tips Menjaga Pola Makan Sehat di Tempat Kerja, Pentingnya Minum Air Putih yang Cukup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minum air putih. Pexels/Yaroslav Shuraev

Ilustrasi minum air putih. Pexels/Yaroslav Shuraev

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam jam kerja konvensional yang berlangsung dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore di tempat kerja, tantangan muncul ketika ritme kerja yang serba cepat membuat stres bahkan bagi individu yang paling tangguh sekalipun. Individu yang bekerja di tempat kerja dengan posisi lebih banyak duduk cenderung memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi junk food yang mudah didapatkan atau makanan tinggi kalori. Untuk menghindari hal itu, perlu diketahui tips menjaga pola makan sehat di tempat kerja.

Menurut Dr Diti Makhija, Direktur QMS MAS di India, menjaga pola makan sehat selama jam kerja sangat penting untuk kesejahteraan dan produktivitas Anda. Dia merekomendasikan beberapa tips untuk membantu Anda menjaga pola makan sehat di tempat kerja seperti berikut ini.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Mulailah hari Anda dengan minum segelas air, dan usahakan untuk terus meminum air sepanjang hari. Tetap terhidrasi membantu pencernaan, membantu mengendalikan nafsu makan, dan membuat Anda tetap berenergi.

2. Camilan Sehat

Daripada memakan camilan yang tidak sehat, simpanlah sekotak kecil makanan bergizi. Beberapa pilihan yang baik termasuk campuran almond, kurma, dan kismis. Ini menyediakan protein, serat, dan nutrisi penting untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Batasi Kafein

Meskipun secangkir kopi atau teh dapat memberikan peningkatan energi yang cepat, kafein yang berlebihan dapat menyebabkan hiperasiditas dan kegelisahan. Pertimbangkan untuk beralih ke alternatif yang lebih sehat seperti teh herbal atau jus buah segar.

4. Siapkan Bekal Makanan dengan Komponen Seimbang

Siapkan bekal makanan Anda di rumah bila memungkinkan. Sertakan berbagai makanan dari kelompok makanan berbeda seperti protein tanpa lemak, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Makanan seimbang ini akan memberikan energi berkelanjutan sepanjang hari.

Ingat, menjaga pola makan sehat di tempat kerja adalah tentang membuat pilihan secara sadar dan membuat perencanaan ke depan. Dengan tetap terhidrasi, ngemil dengan bijak, dan makan siang yang seimbang, Anda tidak hanya akan meningkatkan produktivitas tetapi juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pilihan Editor: Perhatikan Asupan Makanan untuk Pemenuhan Gizi Seimbang dengan "Piring Sehat"

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."