Cerita Maizura Mengatasi Rambutnya yang Rusak, Pakai Masker Rambut hingga Setop Catokan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Maizura berpose saat mengunjungi gedung Tempo di Palmerah, Jakarta, Selasa, 12 September 2023. Maizura baru meluncurkan single terbaru berjudul 'Denganmu' yang merupakan lagu pertama yang liriknya ditulis sendiri oleh Maizura berdasarkan pengalaman pribadi. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Maizura berpose saat mengunjungi gedung Tempo di Palmerah, Jakarta, Selasa, 12 September 2023. Maizura baru meluncurkan single terbaru berjudul 'Denganmu' yang merupakan lagu pertama yang liriknya ditulis sendiri oleh Maizura berdasarkan pengalaman pribadi. TEMPO/ Febri Angga Palguna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap perempuan pernah menghadapi masalah rambut dalam suatu waktu, termasuk aktris dan penyanyi Maizura. Perempuan 23 tahun ini mengatakan rambutnya pernah rusak parah di masa remaja. Kala itu, Mai sapaan akrabnya yang memiliki rambut asli bergelombang atau wavy kerap meluruskan rambut melalui rebonding dan smoothing. Tampilan Mai dengan rambut lurus sedikit banyak dipengaruhi oleh sang ibunda dan pandangannya tentang citra wanita cantik di masa itu.

Dia bercerita suatu waktu di tahun 2010, awalnya berniat memotong rambut ke salon, tapi ternyata sang ibunda meminta penata rambut di salon untuk meluruskan rambut Mai.

"Sama mama aku dilurusin (rambut aku), tiba-tiba di-bonding," katanya saat bertandang ke kantor Tempo, Selasa, 12 September 2023.

"Aku (juga) dalam satu lingkungan di mana teman-teman aku memiliki rambut lurus banget. Rambut aku dulu wavy. Saat itu, aku ngerasa cantik banget (dengan tampilan rambut lurus)," jelas pelantun lagu Denganmu itu.

Mengingat hasil smoothing hanya bertahan sekitar enam bulan, Mai pun melakukan smoothing berulang kali untuk mendapatkan kembali tampilan rambut lurus yang diinginkannya saat itu.

"Saat rambut asli curly mulai tumbuh, mau tidak mau di momen itu aku 'kecanduan' bonding dan smoothing," jelasnya.

Tapi sayangnya, Mai merasakan rambut dia mulai menipis, sangat kering, dan rusak karena paparan panas berlebih dari alat penata rambut seperti catokan.

"Aku kehilangan tekstur rambut wavy. Rambut aku kering banget, rusak kayak mati. Itu perjalanan (masalah) rambut aku lumayan parah," imbuh perempuan asal Makassar itu.

Walhasil, dia mulai berhenti meluruskan rambut di tahun 2021 sebagai salah satu langkah mengatasi kerusakan rambut.

"Untuk pertama kali dalam hidup aku, aku tidak mau lurusin rambut aku lagi. Aku biarkan rambut aku yang natural tumbuh," ucapnya.

Bintang film Bebas itu mulai fokus mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambutnya yang rusak dengan rutin memakai masker rambut, vitamin, sampo perawatan, produk rambut dengan kandungan keratin, dan produk rambut kaya nutrisi lainnya.

"Dan, rambut aku juga bener-bener bagus pas pandemi. Karena WFH (work from home atau bekerja dari rumah), aku pulang ke Makassar tidak catokan selama satu bulan," tuturnya.

"(rambut) Sering dimasker, mengurangi (penggunaan) heat tools, sama pakai produk yang mengandung keratin satu atau dua kali dalam sebulan," jelas Maizura.

Pilihan Editor: 11 Cara Merawat Rambut Rusak yang Perlu Diketahui

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."