Awal Mula Maizura Jatuh Cinta pada Musik, dari Mendengar Pemutar Musik Portabel Kakaknya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Maizura berpose saat mengunjungi gedung Tempo di Palmerah, Jakarta, Selasa, 12 September 2023. Maizura baru meluncurkan single terbaru berjudul 'Denganmu' yang merupakan lagu pertama yang liriknya ditulis sendiri oleh Maizura berdasarkan pengalaman pribadi. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Maizura berpose saat mengunjungi gedung Tempo di Palmerah, Jakarta, Selasa, 12 September 2023. Maizura baru meluncurkan single terbaru berjudul 'Denganmu' yang merupakan lagu pertama yang liriknya ditulis sendiri oleh Maizura berdasarkan pengalaman pribadi. TEMPO/ Febri Angga Palguna

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dan aktris, Maizura mengungkapkan menyukai musik sedari kecil, sejak duduk di sekolah dasar (SD). Bermula saat mendengar musik di pemutar musik portabel atau MP3 Player kakaknya. Di momen itu, dia menyadari musik punya pengaruh kuat di dalam dirinya.

"Aku suka musik dari kecil. Ketika kakak aku beli MP3 player, aku coba pakai, lalu aku denger musiknya. Aku kayak escape from reality (keluar dari realitas) sambil tiduran dengerin. Aku suka menghayal, berimajinasi, aku mulai suka (musik) di situ," katanya saat bertandang ke kantor Tempo, Selasa, 12 September 2023.

"Seru. Lalu aku coba dengerin lagu yang lain, pas dengerin lagu sedih, jadi ikut sedih," lanjut perempuan berdarah Makassar itu.

Seiring pertambahan usia, keinginan Mai sapaan akrabnya dalam bermusik tak lagi sebatas mendengarkan, dia ingin tampil bernyanyi di depan umum. Lagu Adele yang berjudul Someone Like You menjadi penguatnya untuk tampil percaya diri dengan suara uniknya.

"Momen itu (bernyanyi di depan umum) muncul ketika aku pertama kali denger lagu Adele Someone Like You di radio. Waktu itu aku insecure (merasa kurang aman) dengan suara aku, karena dulu banyak yang bilang, orang-orang terdekat aku, suara kamu kayak cowok. karena serak-serak seperti laki-laki," ujar bintang film Bebas itu

"Tapi setelah lagu Adele muncul, itu seperti i'm gonna be like her (saya akan seperti dia)," tambah perempuan 23 tahun itu.

Arti Musik bagi Maizura

Bagi Maizura, musik bisa memengaruhi emosi pendengarnya saat itu atau bisa mewakili apa yang sedang dirasakannya.

"Musik itu powerful banget. Perasaan kamu bisa berubah setelah mendengarkan musik tertentu. jadi penting buat aku pribadi memilih musik apa saja yang ingin aku dengar dan musik yang ingin aku buat karena itu bisa jadi emosional," jelasnya.

Contohnya di kala sedih, dia selalu memilih mendengarkan lagu-lagu yang bisa memberikan motivasi dan semangat untuk bangkit lagi.

"Itu kan afirmasi, musik membantu aku membuat lebih baik," imbuhnya.

Maizura berbincang dengan redaksi saat mengunjungi gedung Tempo di Palmerah, Jakarta, Selasa, 12 September 2023. Maizura baru meluncurkan single terbaru berjudul 'Denganmu' yang merupakan lagu pertama yang liriknya ditulis sendiri oleh Maizura berdasarkan pengalaman pribadi. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Kala Menulis Lirik Lagu, Maizura Ungkap Ide Mengalir saat di Pesawat

Beragam cara musikus mendapat inspirasi dalam melirik lagu, untuk Maizura, dia mengaku ide-idenya lebih mengalir saat sendiri, terlebih saat di dalam pesawat.

"Aku tuh bisa tiba-tiba nulis lirik panjang di atas pesawat. Keluar semua ide saat aku di pesawat, kadang aku merasa emosional," katanya.

"Kadang pas aku pulang ke Makassar, biasanya di pesawat, tiba-tiba ada muncul cerita atau sesuatu yang ingin aku sampaikan, lalu aku tulis, lalu aku adjust (sesuaikan) dan itu yang aku bawa ke tim," sambungnya.

Meski demikian, adakalanya dia menemukan ide menulis lagu dari melodi terlebih dahulu saat bermain gitar.

Single Terbaru Maizura Berjudul Denganmu

Maizura diketahui baru merilis single terbaru berjudul Denganmu pada akhir Agustus silam. Dia ingin menyampaikan pesan luas untuk belajar menerima cinta dari sekitar secara tulus. Denganmu merupakan lagu pertama yang liriknya ditulis sendiri oleh Maizura berdasarkan pengalaman pribadi.

Proses penulisan lirik lagu Denganmu berlangsung cukup panjang karena Maizura perlu menyesuaikan ulang lirik dalam lagu tersebut. Lirik yang awalnya tentang kisah cinta antara laki-laki dan perempuan menjadi lebih luas ucapan syukur dan terima kasih dia atas ketulusan cinta orang-orang di sekitarnya.

"Aku tulis liriknya ulang, dan ada ornamen-ornamen musik baru yang aku masukkan ke situ, perasaan-perasaan baru, lega, bahagia," kata pemain film A World Without itu.

Dalam pembuatan video musik, dia bekerja sama dengan sutradara Dian Tamara. Bahkan Maizura sendiri yang memilih Dian Tamara sebagai pengarah videonya. Mereka sempat melakukan curhat terlebih dahulu untuk mengetahui perasaan yang ingin diungkapkan Maizura dalam lagunya.

“Aku cerita sebenarnya esensial laguku seperti apa. Dia karena cewek ya jadi paham juga. Ketika aku ngomongin ini secara emosional, dia sudah nangkap,” katanya.

Hingga artikel ditayangkan, dikutip dari YouTube Musica Studios, video musik lagu Denganmu karya Maizura sudah ditonton hampir delapan ribu kali.

Pilihan Editor: Cerita Nadin Amizah Ungkap Alasan Lagunya Puitis dan Berbahasa Baku

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."