7 Kesalahan Mengeringkan Rambut yang Perlu Dihindari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mengeringkan rambut dengan hair dryer. Shutterstock

Ilustrasi mengeringkan rambut dengan hair dryer. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika mengeringkan rambut, ada beberapa hal yang perlu kita hindari. Jika kita abai bisa memicu kerusakan rambut seperti rambut menjadi kasar, mudah patah, dan rontok berlebih. Lantas, apa saja kesalahan mengeringkan rambut yang perlu kita hindari? Mulai dari memperhatikan seberapa basah rambut Anda, penggunaan handuk atau pengering rambut (hair dryer) hingga produk pelindung panas menurut Dr Avantika Srivastava, Konsultan Kosmetologi di Kosmoderma di India. Yuk, kita simak selengkapnya.

Kesalahan Mengeringkan Rambut yang Perlu Dihindari.

1. Hindari Mengeringkan Rambut saat Basah Kuyup

Jika Anda mengeringkan rambut saat basah kuyup, Anda mungkin membuatnya rapuh dan kasar. Saat rambut basah, mereka menyerap kelembapan dan sel terluar membengkak. Namun ketika perlakuan panas diberikan pada rambut di kondisi tersebut, air menguap dari sel-sel rambut lebih cepat, membuat sel-sel berkontraksi, sehingga merusak rambut.

Selalu biarkan rambut mengering sedikit, lalu gunakan hair dryer atau Anda bahkan bisa menggunakan handuk.

2. Hindari Mengeringkan Rambut secara Berlebihan

Karena perawatan panas setiap hari bukanlah hal yang sangat sehat untuk dilakukan, jadi jangan mengeringkan rambut Anda secara berlebihan untuk menghindari kerusakan permanennya.

3. Jangan Pernah Menggunakan Handuk Terlalu Agresif 

Ada cara yang benar menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut. Hindari menggosokkan handuk dengan kuat ke rambut Anda dengan gesekan yang luar biasa untuk mengeringkannya lebih cepat. Sebab tanpa disadari kebanyakan orang, handuk yang kasar dapat merusak rambut secara permanen.

Jadi, tekan handuk dengan lembut ke rambut Anda dengan tangan yang tenang dan coba gunakan handuk dengan serat mikro.

4. Jangan Pernah Mengeringkan Rambut Sekaligus

Setiap kali Anda mengeringkan rambut sekaligus, kelembapan berpindah dari helaian rambut basah ke helaian rambut terdekat yang sudah kering, sehingga menyebabkan helaian rambut mengering berkali-kali dan merusaknya.

Jadi, selalu bagi rambut Anda menjadi beberapa bagian dan keringkan berdasarkan bagiannya.

5. Selalu Gunakan Produk Pelindung Panas

Jika Anda ingin menjaga kesehatan rambut dalam jangka panjang, jangan pernah berhenti menggunakan produk pelindung panas pada rambut Anda. Anda dapat menyebarkannya dengan sisir atau jari Anda untuk mendapatkan manfaat yang sangat besar.

6. Jangan Pernah Memegang Hair Dryer Terlalu Dekat dengan Kulit Kepala 

Terkadang, ketika sedang terburu-buru, orang melakukan kesalahan terbesar dengan memegang pengering rambut terlalu dekat dengan kulit kepala. Meskipun cara ini menghilangkan air lebih cepat, pada akhirnya Anda harus menanggung akibat dari ketergesaan dalam bentuk rambut rusak akibat panas.

7. Hindari Menggunakan Pengering Rambut Beberapa Kali Sehari

Ada efek buruk dari mengeringkan rambut berkali-kali karena rambut tidak memiliki cukup waktu untuk pulih dari paparan panas sebelumnya.

Pilihan Editor: 11 Cara Merawat Rambut Rusak yang Perlu Diketahui

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."