5 Alasan Mengapa Orang Menolak Perubahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita. Freepik.com

Ilustrasi wanita. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi, dan kita harus selalu mampu menerima transisi positif dalam hidup. Namun, terkadang orang menolak perubahan karena mereka tidak terbiasa dengan hal tersebut.

Perubahan adalah elemen mendasar dari keberadaan kita, baik itu muncul dalam bentuk transisi yang baik seperti memasuki suatu hubungan, memperdalam keintiman dengan pasangan, atau menikah atau perubahan yang lebih menantang seperti berakhirnya hubungan atau perselingkuhan dan keputusan yang diambil. Namun, meskipun tidak dapat dihindari, kita sering kali menganggap pengalaman ini menantang.

"Seringkali trauma yang belum terselesaikan berdampak pada cara kita menghadapi situasi yang menantang dan cara kita menavigasi perubahan. Seberapa dalam kita berpegang pada apa yang telah terjadi dan seberapa dalam kita bergerak menuju penerimaan," ungkap Pelatih Hubungan Stefanos dikutip dari Hindustan Times, Minggu, 10 September 2023.

Berikut alasan mengapa orang menolak perubahan menurut Stefanos.

1. Hilangnya hal-hal familiar

Manusia dirancang untuk menjadi makhluk yang memiliki kebiasaan, rutinitas, dan peta mental lingkungan. Perubahan apa pun akan mengganggu kebiasaan itu, dan kita merasa terancam. Oleh karena itu, hilangnya keakraban bisa memicu orang menolak perubahan.

2. Takut akan hal yang tidak diketahui

Perubahan atau transisi berarti merangkul hal yang tidak diketahui hingga menjadi akrab. Terkadang kita takut akan hal yang tidak kita ketahui dan tidak mampu menerimanya dengan tangan terbuka.

3. Merasa energi mental terkuras

Menyesuaikan diri dengan perubahan, atau lingkungan baru membutuhkan energi kognitif. Kita perlu mempelajari keterampilan baru atau membangun kembali dinamika sosial. Terkadang kita merasa terkuras energi yang dibutuhkan untuk membuat perubahan terjadi dengan lancar.

4. Keterikatan emosional

Perubahan sering kali mengacu pada meninggalkan suatu tempat atau seseorang yang sangat kita sayangi, kesedihan dan nostalgia yang melekat pada hubungan emosional yang kita miliki dengan orang tersebut, atau tempat tersebut sering kali membuat kita tidak bahagia dengan perubahan tersebut.

5. Takut gagal

Adanya perubahan juga disertai dengan perasaan gagal di lingkungan baru. Ketakutan akan hal-hal yang tidak diketahui ditambah dengan ketakutan akan kegagalan bertindak termasuk alasan mengapa orang menolak perubahan atau transisi.

Pilihan Editor: Mendengar Orang Lain Cerita Tentang Trauma, Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."