8 Cara Menggunakan Retinol untuk Pemula yang Benar agar Efektif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
cara menggunakan retinol/canva

cara menggunakan retinol/canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Retinol adalah bahan yang sering direkomendasikan oleh para ahli kecantikan sebagai salah satu senjata terbaik dalam perang melawan tanda-tanda penuaan dini dan masalah kulit lainnya. 

Retinol merupakan bentuk vitamin A yang penting untuk kesehatan kulit. Manfaatnya pun cukup banyak termasuk membantu mengurangi kerutan, memperbaiki tekstur kulit, hingga efektif untuk membantu mencegah penuaan dini, jerawat, dan hiperpigmentasi.

Namun penting untuk diingat bahwa penggunaan retinol dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, kering, dan terkelupas pada awal penggunaan. Penggunaan produk retinol juga sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit dan disarankan untuk digunakan dengan hati-hati. 

Jika kamu berencana menggunakan produk retinol, berikut cara menggunakan retinol agar tidak salah untuk pemula yang bisa kamu simak. 

Berikut panduannya. Semoga bermanfaat.

1. Mulailah dengan Konsentrasi Rendah

Khusus pemula, sangat penting untuk memulai penggunaan dengan produk retinol yang memiliki konsentrasi rendah. Ini memberi kulit kamu kesempatan untuk beradaptasi dengan bahan ini tanpa menyebabkan iritasi yang berlebihan. Pilih produk dengan konsentrasi retinol sekitar 0.25% - 0.5% untuk awal.

2. Gunakan di Malam Hari

Retinol bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi sebaiknya gunakan produk ini di malam hari. Hindari penggunaan retinol pada pagi hari jika kamu tidak menggunakan atau tidak memiliki akses terhadap perlindungan sinar matahari yang memadai.

3. Bersihkan Kulit Terlebih Dahulu

Sebelum mengaplikasikan retinol, pastikan kulit kamu sudah dala keadaan bersih dan kering. Pembersihan kulit akan membantu retinol menyerap dengan baik dan bekerja lebih efektif.

4. Gunakan Pelembap yang Cocok

Retinol juga bisa mengeringkan kulit, jadi penting untuk menggunakan pelembap yang cocok setelah mengaplikasikannya. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko iritasi.

5. Perhatikan Frekuensi Penggunaan

Gunakan retinol hanya 1-2 kali seminggu di masa awal penggunaan. Kemudian, secara perlahan kamu bisa meningkatkan frekuensinya. Sebab seiring dengan itu, maka kulit kamu juga akan beradaptasi. Jangan langsung menggunakan setiap hari untuk menghindari kulit teriritasi 

6. Hindari Kombinasi dengan Bahan Aktif Lain

Saat kamu baru mulai menggunakan retinol sebaiknya hindari penggunaan produk perawatan kulit lainnya yang mengandung bahan aktif kuat seperti retinol. Mulai dari asam salisilat hingga asam glikolat. Ini karena kombinasi bahan aktif tersebut dapat meningkatkan risiko kulit teriritasi dan kemerahan.

8. Disiplin dan Konsisten

Hasil dari penggunaan produk retinol tidak akan terlihat dalam semalam. Dibutuhkan waktu beberapa minggu atau bahkan bulan untuk melihat hasil yang signifikan. Kunci keberhasilan menggunakan retinol adalah disiplin dan konsisten.

Khusus pemula, penting untuk memulai penggunaan dengan konsentrasi rendah dan mengikuti panduan penggunaan dengan hati-hati. 

Jika kamu memiliki keraguan atau masalah kulit yang lebih serius sebelumnya. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit keinginan kamu menggunakan retinol. 

Lewat panduan perawatan yang tepat, retinol dapat menjadi sekutu terbaik-mu untuk meraih kulit yang sehat dan awet muda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."