Soal Baju Pink, Sri Mulyani: Bukan Pak Bas Kalau Tak Jenaka

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono/ Instagram - @smindrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono/ Instagram - @smindrawati

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kisah baju pink antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ternyata berlanjut. Dalam unggahannya, di tengah kesibukan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAL ke-43, Sri Mulyani kembali menceritakan isu baju berwarna merah muda yang sempat disinggung Pak Bas, sapaan Basuki Hadimuljono. "Masih tentang baju PINK… Masih dari Pembukaan KTT ASEAN ke 43 - Jakarta," tulis Sri Mulyani di Instagramnya pada Rabu 6 September 2023. 

Sri Mulyani bercerita, ia duduk di samping Basuki sebelum Pembukaan KTT ASEAN ke 43- JCC Jakarta 5 September 2023. Basuki kebetulan adalah Ketua Panitia Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-43. "Pasti beliau sangaaat sibuk melihat ngecek seluruh kesiapan venues dan acara. Tapi bukan Pak Bas - kalau tidak jenaka…!," kata Sri Mulyani yang menambahkan emotikon mengedipkan mata.

Obrolan santai Sri Mulyani dan koleganya sebelum Pembukaan KTT ASEAN ke 43- JCC Jakarta 5 September 2023/ Instagram - @smindrawati

Basuki ternyata mengomentari warna bunga merah muda pada baju yang dikenakan Sri Mulyani. "Masih membahas baju warna PINK. Beliau mengomentari warna bunga PINK di outfit saya," kata Sri Mulyani. 

Dalam foto, terlihat Sri Mulyani mengenakan outer bernuansa hitam dengan kerah shanghai. Namun di bagian depan dan lengan outer itu, terdapat aksen bunga-bunga berbagai warna, seperti biru, kuning, ungu dan tentu saja merah muda atau pink. 

Basuki ternyata menantang Sri Mulyani mengenakan baju warna pink untuk mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) "Beliau tanya: “Mau Pakai Warna PINK KE LAPANGAN?" tulis Sri Mulyani.

Rupanya Basuki mengundang sekaligus menantang Sri Mulyani untuk menggunakan warna baju yang cetar demi datang ke IKN pada akhir bulan nanti. "Beliau mau mengundang saya kunjungan lapangan ke IKN akhir September nanti untuk melihat perkembangan pembangunan IKN yang sudah sangat banyak," kata Sri Mulyani. 

Sri Mulyani pun mengaku akan segera menyiapkan baju pink untuk memantau ibu kota baru Indonesia tersebut. "Siaaap pak Bas, kita siapkan baju PINK untuk kunjungan lapangan ke IKN nanti," kata Sri Mulyani sambil menambah emotikon tertawa. 

Kisah baju pink dan IKN ini sempat dibahas Sri Mulyani dan Basuki menjelang peringatan 17 Agustus 2023. Sehari sebelumnya, tepatnya pada Sidang Tahunan MPR RI 2023 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)/Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Sri Mulyani tampil cetar mengenakan pakaian dengan nuansa warna pink menyala. 

Gaya Sri Mulyani dalam acara Sidang Tahunan DPR RI 16 Agustus 2023/Instagram-@smindrawati

Atasan Sri Mulyani adalah baju kurung selutut dengan warna pink mencolok. Ia pun mengenakan songket dengan nuansa pink yang lebih lembut. Sri Mulyani pun menambahkan kalung serta selendang panjang dalam menghadiri sidang penting itu. Sri Mulyani juga menyanggul rambutnya, serta menambah aksesori di kepala. Masih dengan nuansa pink, ia pun mengenakan tas tangan dengan nuansa pink lembut. Banyak netizen yang menilai Sri Mulyani tampak seperti Barbie.

Baju Sri Mulyani yang pink mencolok pun sempat menjadi guyonan oleh Basuki Hadimuljono. Dalam cuplikan video Youtube Kemenkeu RI, Basuki mengatakan Sri Mulyani kerap mengeluh mengapa Sri Mulyani tidak pernah diajak ke Ibu Kota Negara (IKN). "Saya tadi diprotes oleh oleh Bu Menteri keuangan, kok enggak pernah diajak ke lapangan (IKN)," kata Basuki. 

Basuki menyambung bahwa bila Sri Mulyani mengenakan baju pink saat di lapangan, maka akan terlihat kurang enak. "Soalnya ke lapangan pakai baju pink kan enggak enak juga," kata Basuki sambil tertawa. 

Menjawab 'sentilan Basuki' dengan wajah serius, Sri Mulyani berjanji, akan mencari baju warna lain bila akan diajak ke IKN. "Jadi nanti kalau saya diajak ke sana (IKN), saya janji enggak akan pakai baju pink," kata Sri Mulyani. 

Jadi kira-kira bagaimana ya penampilan Sri Mulyani ketika berkunjung ke IKN bareng Basuki nanti?

Pilihan Editor: Sri Mulyani Pilih Warna Pink Cetar di Sidang Tahunan MPR, Hingga Disindir Menteri Basuki

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."