Tips Tampil Fashionable ala Menlu Retno Marsudi, Persiapan Lebih Awal dan Bawa 2 Jenis Sepatu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat wawancara khusus dengan Tempo di gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Selasa, 29 Agustus 2023. TEMPO/Tony Hartawan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat wawancara khusus dengan Tempo di gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat pada Selasa, 29 Agustus 2023. TEMPO/Tony Hartawan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi kerap menuai pujian dari warganet. Betapa, tidak perempuan asal Semarang ini memang kerap tampil chic dan fashionable mulai dari busana, aksesori hingga alas kaki. 

Penasaran seperti apa tipsnya? Kepada Cantika, Retno membagikan tips agar dalam setiap acara tampil stylish. Pertama, perempuan kelahiran 27 November 1962  ini sudah melakukan persiapan outfit mulai dari busana, aksesori hingga alas kaki lebih awal atau jauh hari sebelum acara berlangsung. Bukan tanpa alasan, menurut Retno dengan persiapan busana yang matang maka saat acara ia sudah tidak lagi memusingkan outfit apa yang akan dikenakan. 

Begitu pula dengan acara KTT ASEAN yang dimulai hari ini, Selasa, 5 September 2023. Hal itu dilakukan langsung oleh Retno, tidak bisa disiapkan oleh lainnya. Misalnya untuk KTT ASEAN, Retno sudah mulai menata busana yang akan dipakai selama tiga hari acara berlangsung. 

"Yang pasti pikiran saya sudah penuh dengan urusan KTT-nya, jadi dari sekarang yang sudah “oke itu untuk KTT” habis dari KTT terbang ke India untuk G20. Sudah masuk dalam koper dan sudah ditata semua bersama dengan aksesorinya. Jadi hari ini pakai aksesorisnya ini dan seterusnya. Sudah khawatir nabrak-nabrak ya," papar Retno membocorkan tipsnya saat ditemui pada Selasa, 29 Agustus 2023 di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat. 

Selain busana, Retno juga sering memadukan outfit-nya dengan sneakers yang membuatnya lebih leluasa saat bergerak. "Saya sering memadupadankan busana dengan sneakers agar bisa gerak tanpa menyebabkan sakit di kaki. Makanya saya biasa bawa dua jenis sepatu, sneakers dan sepatu cantik atau flat shoes yang dipakai saat acara formal berlangsung," imbuh Retno. 

Kebiasaan membawa sepatu dua jenis itu juga dilakukan oleh perwakilan atau diplomat dari negara lain. Misalnya untuk acara yang memerlukan mobilitas maka pakai sneakers, lalu untuk acara formal berganti dengan sepatu cantik.  "Begitu sampai di gedung pertemuan, masuk ke rest room untuk break dulu dan berganti sepatu yang cantik dan nyaman. Tapi gaya sekarang banyak juga tuh, pakai rok cantik sepatunya sneakers, sesuai selera saja," tambah Retno yang saat ditemui tampil anggun dalam busana striped dress monokrom.  

Alumnus Universitas Gadjah Mada ini mengaku tak memiliki fashion statement khusus, kebanyakan pakai celana panjang atau kulot wrna gelap agar lebih praktis. Pilihan Retno pun tidak harus yang branded, asalkan rapi dan sesuai dengan pakem peruntukan acaranya. "Karena kalau ketemu orang yang sama sekali belum kita kenal yang kita lihat pertama kali kan dari pakaiannya, tidak harus mahal juga, ya," tambah Retno. 

Pilihan Editor:

Kerap Tampil Fashionable, Menlu Retno Marsudi Ungkap Tak Punya Penata Gaya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."