Catat, Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan saat Membersihkan Miss V

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi miss V. Shutterstock

Ilustrasi miss V. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hal membersihkan miss V atau vagina dan vulva (bagian luar dari miss V), mungkin sedikit membingungkan terutama dengan banyaknya produk kesehatan yang diklaim untuk menyegarkan organ intim kita. Faktanya, cara membersihkan miss V cukup sederhana, hanya diperlukan air dan sedikit sabun.

Saat membersihkan miss V hindari douching, membersihkan miss V dengan cairan yang terdiri dari campuran berbagai bahan kimia seperti cuka, antiseptik ataupun pewangi. Sebab hal itu bisa menganggu keseimbangan bakteri baik di miss V.

"Saat kita memperkenalkan douching, meskipun itu menggunakan air, hal itu mengganggu keseimbangan alami bakteri sehat yang coba dibangun oleh tubuh Anda,” jelas Kameelah Phillips, MD, dokter kandungan bersertifikat dan pendiri Calla Women’s Health, dikutip dari laman PopSugar, Minggu, 3 September 2023.

Lantas apa yang boleh dilakukan saat membersihkan miss V? Menurut Phillips, untuk membersihkan miss V, Anda harus membuka labia (bibir miss V) dan mengusapkan jari basah atau sedikit air sabun ke labia Anda untuk menghilangkan smegma (penumpukan sel kulit mati, minyak, dan cairan lain yang ditemukan di ujung penis atau di bagian dalam penis, hingga lipatan miss V) dilanjutkan dengan membilas bersih dengan air ke arah bokong.

Jika Anda memiliki rambut kemaluan, boleh saja menggunakan sabun lembut pada area yang ditumbuhi rambut, seperti labia bagian luar, karena rambut dapat memerangkap bau.

Untuk membersihkan labia bagian dalam Anda, Dr. Phillips mengatakan cukup membilasnya dengan air. Jika Anda ingin menggunakan produk yang diiklankan untuk membersihkan vagina, Dr. Phillips menyarankan untuk menggunakannya hanya pada area yang ditumbuhi rambut.

“Lebih sedikit lebih baik dalam hal perawatan vulva dan vagina,” Dr. Phillips menegaskan.

Apakah perlu membersihkan bagian dalam miss V? Jawabannya tidak. Dr Phillips merekomendasikan hanya mencuci bagian luar vulva dan labia mayor dengan sabun lembut. "Anda tidak perlu memasukkan jari atau sabun atau apa pun ke dalam untuk mencuci vagina Anda,” katanya.

Miss V Anda tidak perlu berbau seperti taman mawar. Faktanya, normal jika vagina Anda memiliki aroma dan aroma tersebut berubah setiap hari dan bulanan. Jika Anda mencium bau yang sedikit tidak sedap atau amis, itu bisa menjadi indikator adanya infeksi dan Anda dapat berkonsultasi dengan dokter umum atau ob-gyn Anda.

Perlu diketahui, miss V adalah organ yang berminyak dan sangat sensitif, jadi pastikan untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang, tetapi jangan berlebihan dalam cara Anda merawatnya. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kesehatan vagina Anda, pastikan untuk bertanya pada ahlinya tidak peduli betapa aneh atau tidak lazimnya pertanyaan Anda menurut Anda.

Pilihan Editor: 6 Cara Membersihkan Miss V setelah Berhubungan Intim

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."