Hindari Mencampur Tabir Surya dengan Pelembap, Ini Alasannya Kata Dokter

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai tabir surya di dalam ruangan. Foto: Freepik.com/lookstudio

Ilustrasi perempuan memakai tabir surya di dalam ruangan. Foto: Freepik.com/lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang mencari cara untuk mengurangi durasi rutinitas perawatan kulit atau skincare mereka, tetapi ketahuilah mencampur tabir surya dengan pelembap bukanlah peretasan yang patut diikuti demi memangkas waktu. Sebab hal itu bisa menimbulkan masalah, bukan solusi. Mengapa demikian? Karena langkah itu bisa mengencerkan konsentrasi di tabir surya.

“Konsentrasi filter fisik dan kimia ditentukan secara cermat selama formulasi dan proses pengujian [tabir surya],” kata Cara Bondi, ahli kimia kosmetik dengan pengalaman lebih dari 22 tahun di perusahaan kecantikan besar seperti Seventh Generation, Tata Harper, Ursa Major, dan Sol de Janeiro, dikutip dari laman Well+Good, Minggu, 3 September 2023.

Maka dari itu, Bondi menyebutkan ketika Anda mencampurkan tabir surya dengan produk lain pada dasarnya Anda mengencerkannya.

“Anda mengubah konsentrasi total filter dan homogenitas campuran, yang mengakibatkan berkurangnya potensi keseluruhan dan distribusi filter UV (ultraviolet) yang tidak teratur ke seluruh campuran yang Anda buat,” jelas Bondi.

Terlebih lagi tabir surya adalah kategori yang diatur secara ketat di mana produk jadi harus menjalani protokol pengujian yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika atau FDA untuk memastikan bahwa produk tersebut memberikan perlindungan UV yang tertera pada label. Perubahan apa pun dapat memengaruhi jumlah sinar UV yang disaring, serta konsentrasinya, menurut Krupa Koestline, ahli kimia kosmetik dan pendiri KKT Consultants.

Bagaimana dengan Pelembap yang Dilengkapi Tabir Surya?

Sekali lagi, jika Anda mencampur sendiri, baik itu pelembap, alas bedak, atau produk lainnya, dengan tabir surya akan melemahkan tingkat perlindungan dan perlindungan UV di dalamnya. Namun lain ceritanya, jika tabir surya Anda diformulasikan dan dipasarkan sebagai pelembab SPF 2-in-1. Sebab formula tersebut telah disetujui oleh FDA.

“Pelembap dengan SPF diformulasikan sebagai produk SPF, jadi formulasi dan proses pengujiannya sama seperti SPF primer, tidak sama dengan mencampurkan dua produk dan mengencerkan SPF Anda,” jelas Bondi.

Di masa lalu, kategori ini cenderung memiliki faktor SPF yang lebih rendah untuk mendukung penerapan dan penyerapan yang lebih baik, menurut Bondi. Namun berkat inovasi bahan baku, kini banyak pelembap dengan nilai SPF di atas 30 yang hampir tidak bisa dibedakan dengan pelembap non-SPF, sehingga komprominya tidak lagi menonjol seperti dulu.

Adapun Krupa menganalogikan tabir surya seperti limun. Jika Anda menambahkan air ke dalamnya, Anda akan mengencerkannya dan tidak akan terlalu kuat. Dalam hal ini, pelembap atau alas bedak adalah air dan mengencerkan tabir surya. Jadi, sekali lagi mencampur tabir surya dengan pelembap.

Pilihan Editor: Alasan Pentingnya Mengoleskan Serum Vitamin C sebelum Pakai Tabir Surya

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."