4 Cara Membawa Lebih Banyak Kedamaian dalam Hubungan, dari Toleransi hingga Menghargai Perbedaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hubungan memang tak selalu mulus dan damai, tapi kedamaian dalam hubungan bisa diupayakan bersama pasangan lewat komitmen dan terus belajar memahami satu sama lain. Dalam suatu hubungan, diperlukan banyak upaya, kompromi, dan pengertian agar segala sesuatunya berjalan baik. Memahami perspektif satu sama lain dan menerima perbedaan, hingga ketidaksempurnaan memungkinkan kita memiliki hubungan yang sehat dan damai.

Meskipun penting bagi kita untuk belajar memprioritaskan diri sendiri, kita juga harus mencari cara untuk menjaga perdamaian dalam suatu hubungan. Berikut ini beberapa cara membawa lebih banyak kedamaian dalam hubungan menurut terapis hubungan Sadaf Siddiqi dikutip dari Hindustan Times, Minggu, 3 September 2023.

1. Toleransi

Kesalahan terbesar yang kita lakukan dalam suatu hubungan adalah mengharapkan semua kebutuhan kita dipenuhi oleh pasangan. Namun, kenyataannya secara manusiawi tidak mungkin satu orang dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan yang kita miliki. Bahkan bagi pasangan yang aman, hal itu mustahil.

Oleh karena itu, kita perlu berdamai dengan kenyataan dan mencari cara untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri.

2. Menerima Ketidaksempurnaan

Bersama seseorang berarti menerima trauma masa lalu, pemicu, pengalaman masa lalu, dinamika keluarga, dan luka. Meskipun menjalin hubungan romantis itu indah, kita harus siap menerimanya dengan segala trauma dan pemicunya serta menemukan cara untuk menenangkannya. Menerima pasangan beserta hal-hal yang membentuknya hingga saat ini adalah salah satu cara membawa lebih banyak kedamaian dalam hubungan.

3. Menghargai Perbedaan

Dalam suatu hubungan, orang-orang dengan perspektif yang berbeda hanya bisa selaras jika mereka belajar menghargai pendapat mereka. Ketika pasangan mengatakan tidak pada sesuatu yang tidak mereka setujui, kita harus berhati-hati untuk menghormati keputusannya.

4. Mencari Tahu

Daripada berasumsi atau berpikir berlebihan tentang pasangan, lebih baik mempelajari pola perilaku mereka dan mencari cara untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka. Dengan mencari tahu dengan bertanya langsung kepada pasangan, Anda akan mendapatkan penjelasan lebih utuh. Dan, sekali lagi ini salah satu cara semakin mengenal satu sama lain, dan juga menciptakan kedalamain dalam hubungan.

Pilihan Editor: Hindari 4 Kesalahan Komunikasi dengan Pasangan

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."