Anemia Bikin Anak Mudah Lelah dan Lesu, Akibatnya Sulit Fokus dan Konsentrasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Dua orang anak menunjukkan buah-buahan sebagai salah satu makanan sehat penjaga imun tubuh dan mencegah anemia di kala pandemi, sebagai bahan pembelajaran jarak jauh, di Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Ciputat. Tempo/Jati Mahatmaji

Dua orang anak menunjukkan buah-buahan sebagai salah satu makanan sehat penjaga imun tubuh dan mencegah anemia di kala pandemi, sebagai bahan pembelajaran jarak jauh, di Pondok Ranji, Tangerang Selatan, Ciputat. Tempo/Jati Mahatmaji

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Psikolog Klinis Anak dan Keluarga dari Universitas Indonesia Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si mengatakan anemia tidak hanya berdampak negatif secara fisik, namun juga terhadap kondisi psikologis anak.

Psikolog mengatakan dalam jangka pendek anak yang terkenal anemia secara fisik akan terlihat mudah lelah dan lesu. Ketika anak tidak aktif, hal itu akan berpengaruh secara kognitif sehingga anak sulit untuk fokus dan berkonsentrasi.

“Dalam jangka pendek, secara kognitif anak cenderung kurang konsentrasi, tidak mudah menangkap dan mengingat, serta emosinya juga cenderung lebih negatif, lebih mudah sedih atau marah dan rentan stres,” kata Nina Psikolog yang biasa disapa Nina dalam diskusi "Bersama Cegah Anemia, Optimalkan Kognitif Generasi Maju" di Jakarta, Kamis 31 Agustus 2023.

Ia mengatakan, jika anemia tersebut tidak dilakukan penanganan dan intervensi, anak akan mudah sakit dan tumbuh kembang anak terutama pada usia lima tahun akan terhambat. Tumbuh kembang yang tidak optimal dapat memengaruhi tinggi badan serta berat badan yang tidak diharapkan dan secara psikologis kognisi atau daya tangkap semakin bermasalah.

Hal ini tentu menjadi masalah jika anak sudah memasuki usia sekolah di mana anak akan kesulitan menyerap pelajaran yang diberikan, dan prestasi di sekolah juga akan menurun. Selain di bidang akademik, aspek sosial emosi atau hubungan pertemanan anak yang terkena anemia juga berpengaruh karena anak akan sulit berkomunikasi dan sulit bergaul akibat selalu lemas dan tidak ceria. Sehingga menyebabkan anak mempunyai emosi yang negatif terhadap lingkungan karena tidak punya teman.

“Sulit diajak ngobrol, bisa sulit bergaul karena teman-temannya malas ngobrol dengan dia, padahal usia 4 sampai 5 tahun lagi senang berteman, emosi jadi cenderung negatif karena ngga ada teman,” kata Nina.

Nina mengatakan, anemia yang tidak ditangani akan berdampak pada aspek sosial emosi pada masalah yang lebih besar yaitu perundungan dari teman sekolahnya dan masalah kesehatan kejiwaan. Ia mengatakan hal ini bisa terjadi pada anak di jenjang sekolah SD sampai SMA. 

Anak yang anemia akan memengaruhi produksi hormon dopamin yang menyebabkan anak mempunyai masalah emosi yang cenderung negatif. Akibatnya, anak sulit bergaul sehingga dikucilkan oleh teman sebayanya serta dirundung karena dianggap lemah dan tidak tahu apa-apa.

Dari perundungan ini, anak akan merasa selalu buruk dan gagal sehingga bisa muncul bibit masalah kejiwaan seperti kecemasan atau anxiety dan berujung depresi. “Masuk sekolah deg-degan khawatir akan dirundung, bisa juga mengalami bibit depresi yaitu kondisi kejiwaan saat murung. Anak diasingkan karena ngga asik diajak ngobrol kemudian anak jadi sedih itu bisa jadi depresi,” ungkap psikolog di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI) ini.

Nina mengatakan, anemia pada anak bisa dicegah selama orang tua memastikan memenuhi asupan nutrisi anak dan melakukan stimulasi yang dibutuhkan anak.

Ciptakan suasana hangat dan hubungan yang baik dengan anak dengan melakukan kegiatan bersama seperti bermain agar mengoptimalkan semua aspek tumbuh kembangnya. Melalui kedekatan dengan orang tua, anak akan mempunyai kualitas emosi sosial yang optimal serta anak menjadi ceria dan mempunyai emosi positif. 

“Ini sangat bisa dicegah, maka penting sekali skrining dan pastikan stimulasi baik, nutrisi baik dan hubungan baik dengan anak sehingga bully dan masalah kesehatan jiwa tidak terjadi,” kata Nina.

Pilihan Editor: Mengenal Gejala, Cara Mencegah Thalassemia, dan Bedanya dengan Anemia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."