7 Kebiasaan Baik dalam Bekerja yang Perlu Dipertahankan, Tepat Waktu hingga Komunikasi Efektif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bekerja di era digital. Foto: Freepik

Ilustrasi bekerja di era digital. Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menerapkan kebiasaan baik dalam bekerja sangat penting untuk kemajuan karier. Dengan mempertahankan nilai-nilai moral yang baik seperti integritas, tanggung jawab, kedisiplinan hingga komunikasi yang jujur, Anda tidak hanya mempertahankan pesona diri tapi juga membuat karier berkembang dengan pesat. Bukan cuma itu, kebiasaan baik dalam bekerja juga berdampak baik pada lingkungan kerja. Tim dan rekan kerja akan senang bekerja sama, yang tentunya berujung hasil optimal untuk tempat kerja. Lantas, apa saja kebiasaan baik dalam bekerja? Yuk, kita simak dari kebiasaan tepat waktu, komunikasi terbuka hingga berpenampilan rapi.

1. Tepat Waktu

Tepat waktu tak hanya berkaitan datang ke kantor atau rapat, tapi juga menuntaskan jadwal tugas ataupun jumpa dengan klien. Tepat waktu adalah nilai dan kebiasaan baik yang menghargai jadwal dan komitmen dalam bekerja.

2. Komunikasi Efektif

Komunikasi adalah fondasi dalam hubungan apa pun termasuk ikatan profesional. Dalam bekerja, komunikasi efektif sangat penting. Gunakan bahasa komunikasi yang jelas dan ringkas dalam tatap muka ataupun berkirim pesan. Anda juga harus memastikan berkomunikasi dengan nada menghargai dan memastikan pesan Anda tersampaikan.

3. Menghargai Keragaman dan Perbedaan

Orang-orang di linkungan kerja Anda tentu beragam asalnya, latar belakang, dan kehidupan keluarga mereka saat dibesarkan. Maka dari itu, penting untuk sikap menghargai dan berempati kepada orang lain. Ini tak hanya termasuk kebiasaan baik dalam bekerja, tapi juga bagian dari nilai baik Anda sebagai makhluk sosial.

4. Berpenampilan Rapi dan Sesuai

Gaya busana yang rapi dan sesuai dengan lingkungan kerja termasuk kebiasaan baik yang perlu dipertahankan. Berbusana rapi tak hanya bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda di ruang publik, termasuk tempat kerja, tapi juga memengaruhi persepsi orang lain terhadap Anda.

5. Bagian dari Kerja Tim

Bersedia untuk membagikan keterampilan Anda plus mendukung rekan kerja saat bekerja dalam tim adalah kebiasaan baik yang perlu dipertahankan. Berkontribusi secara positif dalam grup mengindikasikan Anda berdedikasi untuk mewujudkan capaian kelompok.

6. Mengatasi Masalah

Sama seperti hubungan lainnya, munculnya masalah di tempat kerja wajar terjadi. Sebab setiap orang punya latar belakang dan pendapat yang berbeda-beda. Ketika Anda menghadapi masalah dengan tenang dan fokus mencari solusi, bukan menyalahkan ini itu, itu pertanda Anda salah satu aset berharga dalam menciptakan harmoni dalam lingkungan kerja.

7. Menghargai Batasan

Menghargai batasan antara hubungan profesional dan personal juga termasuk kebiasaan baik dalam bekerja. Ini menandakan Anda sebagai pribadi yang cakap menempatkan diri di mana pun berada. Misalnya, ketika kamu ingin berbincang santai dengan rekan kerja yang juga sahabat Anda, pergilah ke ruang santai atau saat makan siang, jangan lakukan di ruang kerja karena bisa menganggu rekan kerja lainnya. 

Pilihan Editor: Suka Hilang Fokus saat Bekerja? Yuk Semangat Lagi dengan 6 Tips Ini

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."