5 Kebiasaan Baik Ini Bikin Anda Kaya di Usia 30-an, Menabung dan Tingkatkan Keterampilan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menabung atau tabungan. Shutterstock

Ilustrasi menabung atau tabungan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjadi kaya mungkin salah satu impian sejumlah orang. Untuk sampai di titik itu, sama seperti impian lainnya, Anda perlu mencurahkan hati dan jiwa. Dan, ada kebiasaan baik yang dapat Anda terapkan sedari usia muda untuk membantu Anda mapan di kepala tiga. Mungkin sulit untuk memasukkan semua ini ke dalam hidup Anda, tetapi cobalah untuk secara bertahap mengubah persepsi Anda tentang kehidupan dan fokus untuk menciptakan sesuatu yang selalu Anda inginkan. Berikut adalah kebiasaan baik yang bisa bikin Anda kaya di usia 30-an.

1. Ingatlah Tujuan Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan hal lain adalah memiliki tujuan yang ingin dicapai. Selalu bekerja menuju tujuan yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri. Pikirkan secara matang dan terperinci berapa banyak yang ingin Anda hasilkan pada usia tertentu. Apa saja yang ingin Anda lakukan sebelum usia tertentu.

Merencanakan hal-hal itu akan memberi Anda perspektif tentang apa yang Anda inginkan dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapainya.

2. Anggaran Belanja Tak Melebih Pemasukan

Pekerjaan atau bisnis Anda akan memberi Anda sejumlah uang, yang merupakan dasar kelangsungan hidup Anda. Buatlah tujuan untuk membelanjakan hanya persentase tertentu dari uang itu. Jika Anda menghabiskan seluruh penghasilan Anda untuk kehidupan saat ini, kecil kemungkinan Anda benar-benar dapat menabung untuk masa depan.

3. Mulailah Menabung Sejak Dini

Saat ini, sejumlah orang lebih tertarik membelanjakan uang mereka untuk hal-hal yang bisa mereka miliki saat ini ketimbang menabung. Fokuslah pada menabung dan menginvestasikan sejumlah uang dengan bijak. Langkah ini akan membantu Anda mengamankan kehidupan kaya di masa depan.

4. Perencanaan Keuangan

Membuat anggaran keuangan membantu Anda merancang rencana untuk diri sendiri. Ini memberi tahu Anda tentang pengeluaran Anda dan membantu Anda menganalisis di mana Anda bisa atau tidak bisa melakukan pemotongan. Ini pada akhirnya membantu Anda menghemat lebih banyak uang daripada yang bisa Anda miliki tanpa anggaran.

5. Asah Keterampilan Lain

Satu-satunya hal yang membantu Anda menghasilkan uang adalah keterampilan dan pengetahuan Anda sendiri. Semakin banyak keahlian yang Anda miliki, semakin baik Anda memimpin dalam hidup Anda. Cobalah untuk mempelajari berbagai keterampilan dan kumpulkan pengetahuan sebanyak yang Anda bisa.

Tidak ada keterampilan yang dipelajari yang sia-sia. Selalu berusaha mempelajari hal-hal baru dan temukan hobi yang dapat dimonetisasi. Misalnya, jika Anda suka memasak, Anda selalu dapat membuat saluran Youtube atau menulis resep sendiri di blog.

Pilihan Editor: Teknik Podomoro dalam Bekerja, Bantu Tingkatkan Fokus dan Produktivitas

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."