Untuk Menggugah Selera Makan Anak, Simak Tips Food Plating Roti Panggang hingga Bento Box

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bento box. Foto: Freepik.com

Ilustrasi bento box. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyajian makanan yang menarik salah satu kunci menggugah selera makan anak-anak. Di sinilah peran besar food plating untuk kita ketahui bersama. Food plating atau penataan makanan adalah seni menyajikan makanan dengan cara yang menarik. Saat menata menu makanan semenarik mungkin, ada dua hal yang perlu kita perhatikan bersama.

Yang pertama adalah kesegaran bahan makanan. Ini faktor pertama yang harus diperhatikan. Pastikan semua bahan dan dekorasi aman untuk dikonsumsi anak-anak. Hindari dekorasi kecil (bukan makanan) yang bisa tertelan.

Faktor kedua yang perlu diperhatikan adalah preferensi anak. Kita bisa memberikan sentuhan yang pribadi pada penataan makanan, misalnya inisial nama, warna favorit anak, karakter kartun pujaan mereka dan lain sebagainya. Jadi, jangan abaikan minat dan preferensi buah hati Anda. Food plating disarankan ekstra menarik ketika menyajikan menu yang kurang disukai anak-anak.

Untuk inspirasi para orang tua, BlueBand menyajikan ide penataan roti panggang, bento box, hingga telur. Yuk, kita simak bersama.

1. Roti Panggang atau French Toast 

Pemilihan Piring

Pilihlah piring berwarna cerah atau dengan motif yang menarik perhatian anak. Piring dengan warna kontras dengan french toast akan membuat sajian tampak lebih menarik.

Bentuk Roti Panggang

Baca Juga:

Potong roti panggang dalam bentuk yang menarik seperti bintang, hati, atau bulan sabit dengan menggunakan cookie cutter. Bentuk-bentuk ini akan menarik perhatian anak-anak.

Penggunaan BlueBand

- Oleskan BlueBand secara merata pada permukaan roti sebelum memasaknya. Langkah tersebut memberikan rasa gurih dan warna keemasan yang menarik pada french toast.

- Atau, untuk tampilan yang lebih menarik, Anda bisa mencairkan sedikit BlueBand dan menyiramkannya di atas roti panggang setelah selesai dimasak. Ini akan memberikan kilauan dan kelembapan tambahan.

Tambahkan Hiasan

- Buah-buahan: Tambahkan potongan buah berwarna-warni seperti stroberi, blueberry, dan pisang untuk menambah kontras warna dan nutrisi.

- Sirup atau madu: Sebagai pemanis tambahan, Anda bisa menambahkan sirup maple atau madu. Tuangkan dengan pola zigzag atau titik-titik di sekitar roti panggang.

Semakin banyak warna, akan semakin menarik bagi anak-anak. Disarankan minimal ada enam warna.

Dekorasi Tambahan

Gunakan krim kocok atau yoghurt sebagai dasar atau di sekitar roti panggang Taburkan sedikit gula bubuk atau serpihan cokelat untuk menambah tekstur dan rasa.

Elemen Interaktif

Sediakan pugasan atau topping tambahan di samping piring seperti cokelat chips atau cokelat warna warni atau aneka bentuk marshmallow agar anak-anak bisa berkreasi juga, menambahkan sendiri sesuai selera mereka.

Meskipun Anda ingin membuatnya menarik, namun hindari terlalu banyak juga elemen di piring. Pastikan makanan pokok tetap menjadi yang utama.

2. Bento Box Buttery Rice

Pemilihan Bento Box

Pilih kotak bento dengan kompartemen yang memungkinkan Anda menyajikan berbagai jenis makanan. Idealnya, berwarna cerah atau dengan motif anak-anak.

Buttery Rice

- Masak nasi dengan sedikit BlueBand yang mengandung Omega 3 & 6. BlueBand akan memberikan rasa yang lebih gurih dan warna keemasan yang menarik pada nasi.

- Bentuk nasi menjadi bola-bola kecil atau gunakan cetakan bento untuk membentuk nasi menjadi bentuk-bentuk lucu seperti wajah hewan atau karakter kartun.

Hiasan

- Sisipkan sayuran rebus atau kukus berwarna-warni seperti wortel, buncis, atau brokoli di sekitar buttery rice. Ini tidak hanya menambah warna tapi juga nilai nutrisi. Bisa berkreasi dengan membuat bentuk yang lucu.

- Sediakan potongan buah sebagai makanan penutup. Buah-buahan seperti anggur, stroberi, atau potongan melon bisa menjadi pilihan yang menarik.

Protein

- Tambahkan sumber protein seperti ayam goreng, telur rebus, atau tahu yang sudah dimasak dengan sedikit BlueBand. Ini untuk menyeimbangkan nutrisi dalam bento box.

Saus atau Dip

Sediakan saus atau dip di salah satu kompartemen bento. Bisa berupa mayones, saus tomat, atau saus lain yang disukai anak.

Dekorasi

Gunakan potongan sayur atau kacang-kacangan atau nori untuk membuat wajah atau dekorasi lain pada bola-bola nasi.

Bonus

Sekali waktu, beri bonus mainan sederhana seperti sticker lucu atau catatan kecil yang memberikan apresiasi kepada anak karena telah memakan makanan yang sehat. Atau mengajak mereka bersyukur dan mengingatkan mereka berdoa terlebih dahulu sebelum makan.

 3. Telur

Omelet

- Tekstur dan Rasa

Campurkan telur dengan sedikit garam dan merica. Boleh ditambah bawang, paprika, daging asap/cincang dan lain sebagainya. Panaskan BlueBand yang mengandung Omega 3 & 6 di atas wajan, lalu tuangkan adonan telur. BlueBand akan memberikan rasa gurih, aroma dan warna keemasan yang menarik pada omelet.

Resep omelet juga dapat dipakai untuk mengukus telur. Cukup campurkan semua bahan ke dalam telur, termasuk BlueBand, lalu dikukus hingga matang.

- Bentuk Menarik

Anda bisa memotong omelet menjadi bentuk-bentuk lucu seperti bintang, hati, atau wajah hewan menggunakan cookie cutter. Atau dibentuk menjadi kotak ala cemilan dari Jepang.

Telur Mata Sapi

- Tekstur dan Rasa

Panaskan sedikit BlueBand di wajan dan masak telur mata sapi sampai sesuai keinginan. Kini ada cetakan juga untuk memasak telur mata sapi tampil menarik.

- Sentuhan Kreatif

Anda bisa membuat mata telur menjadi mata karakter dengan menambahkan potongan sayuran atau nori untuk mata dan mulut.

- Dekorasi, Warna dan Nutrisi

Sajikan dengan sayuran rebus atau kukus seperti wortel, buncis, atau brokoli yang telah dimasak dengan sedikit BlueBand. Ini akan menambah warna dan nutrisi pada piring.

Bermain dengan saus. Gunakan saus seperti mayones atau saus tomat untuk menggambar atau membuat tampilan telur lebih menarik.

Tambahkan bahan lain seperti keju atau daging asap untuk menambah lapisan rasa dan tekstur.

Semoga inspirasi food plating di atas dari BlueBand bisa memperkaya stok kreasi menu Anda di rumah.

Pilihan Editor: Kreasi Resep Berbahan Pisang, Ada Goreng Madu dan Saus Kinca

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."