Digelar Bulan Depan, Ada Apa Saja di IdeaFest 2023?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
IdeaFest 2023 bakal diadakan di Jakarta Convention Center pada 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023. Foto: IdeaFest

IdeaFest 2023 bakal diadakan di Jakarta Convention Center pada 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023. Foto: IdeaFest

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - IdeaFest bakal digelar kembali. Tahun ini menjadi tahun ke-12 festival kreatif terbesar di Indonesia itu dihelat untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif Tanah Air melalui berbagai program inovatif dan kolaboratif. Mengusung tema “Lead the Leap!”, IdeaFest 2023 akan digelar selama tiga hari pada 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

Tahun ini, IdeaFest berfokus pada memberdayakan para pemain dan pemimpin di industri kreatif untuk mengambil lompatan yang berani menuju kesuksesan. Dengan tema "Lead The Leap!", IdeaFest 2023 memberikan pembekalan keterampilan dan pola pikir untuk menghadapi tantangan dan meraih peluang. IdeaFest 2023 memiliki misi untuk membangkitkan dan membangun para pemimpin yang terampil dalam berinovasi, membuat keputusan yang berdampak, dan menciptakan perubahan positif.

“Sejak 2011, IdeaFest telah secara konsisten menyediakan tempat diskusi untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif Indonesia. Hadir dan dekat dengan para pemain industri kreatif, kami berkomitmen untuk selalu menjadi yang terdepan dalam memperkenalkan inovasi," imbuh Desy Bachir, Co-Chairman IdeaFest, dikutip dari siaran pers yang diterima Cantika, Selasa 22 Agustus 2023.

"Mengangkat tema ‘Lead the Leap!’, IdeaFest mendorong industri kreatif Indonesia untuk berpikir besar, bertindak berani, dan menciptakan dampak yang positif. Harapannya, IdeaFest 2023 dapat menjadi wadah yang tepat bagi para pemimpin dan inovator untuk mengeksplorasi dan menciptakan inovasi,” jelasnya.

 Ada Apa Saja di IdeaFest 2023?

IdeaFest 2023 menawarkan program-program inovatif yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif Indonesia dengan menghadirkan lebih dari 200 pembicara dalam 100 sesi yang terdiri dari IdeaFest Conference, Idea Talks, NexSpace, dan Youth Summit.

Melanjutkan kesuksesan edisi sebelumnya, IdeaFest 2023 dengan bangga memperkenalkan kembali Youth Summit yang telah dinanti-nantikan. Inisiatif ini bertujuan untuk menyediakan lingkungan dan platform yang mendukung generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka sebagai pemimpin masa depan.

Setiap tahunnya, IdeaFest selalu melibatkan beberapa pemimpin industri kreatif yang bergabung dalam IdeaFest Braintrust. Untuk IdeaFest 2023, Braintrust ini terdiri dari sebelas tokoh inspiratif, termasuk ahli kebijakan, kreator konten, direktur seni, pengusaha, dan pemimpin industri kreatif.

Mereka berperan dalam mengarahkan pengembangan konten berkualitas dan menginspirasi partisipan festival. Dengan program-program inovatif dan Braintrust yang solid, IdeaFest 2023 berkomitmen untuk mendorong industri kreatif Indonesia naik ke level yang lebih tinggi, menciptakan inovasi yang luar biasa, dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan budaya negara.

Selain itu, IdeaFest 2023 mempersembahkan Idea Creative Workshop, sebuah ruang dinamis di mana kreativitas berkembang melalui workshop interaktif. Program ini dirancang untuk memberdayakan individu untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan keterampilan kreatif mereka, untuk memaksimalkan potensi dalam diri mereka.

Berkolaborasi dengan Semasa, IdeaFest 2023 juga memperkenalkan Art Market, sebuah bazar yang menghadirkan lebih dari 90 jenama lokal dengan berbagai produk, mulai dari gaya hidup hingga kebutuhan sehari-hari. Ditambah lagi, Food Market juga akan meramaikan IdeaFest 2023 dengan menghadirkan 40 local F&B brands.

“Kolaborasi antara IdeaFest 2023 dan Semasa dalam menghadirkan Art Market menjadi langkah penting dalam memperkuat ekosistem kreatif lokal. Kami percaya bahwa inovasi dan dukungan terhadap usaha kecil dan menengah akan menjadi kunci dalam menghadapi perubahan yang cepat dan kompleks. Melalui Art Market ini, kami berharap dapat memberikan panggung yang menonjolkan karya-karya lokal, membangkitkan semangat kolaborasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia,” ungkap Gunawan Lo, Co-Founder Semasa.

Ditambah lagi, Food Market juga akan meramaikan IdeaFest 2023 dengan menghadirkan 40 local F&B brands

Melengkapi kemeriahan IdeaFest 2023, Samara Live berkolaborasi dengan Flux Creative Universe (FCU) untuk menyelenggarakan Closing Night pada IdeaFest tahun ini. Untuk pertama kalinya, program Close The Door yang dibawakan oleh figur publik ternama yaitu Deddy Corbuzier yang akan diselenggarakan secara offline di IdeaFest 2023 Closing Night, sehingga para penggemar dapat menonton dan berinteraksi secara langsung.

Pada Closing Night, kami memperkenalkan berbagai konten program, seperti Monolog, Podcast hingga Stand Up Comedy. Tentunya Deddy Corbuzier akan hadir pada beberapa konten program tersebut untuk memberikan edukasi secara interaktif kepada para penonton yang hadir.

“Closing Night akan hadir di IdeaFest 2023 untuk menjadi penutup acara yang melengkapi penyelenggaraannya tahun ini. Program ini dirancang untuk memberikan informasi dengan konsep baru yang penuh interaksi yang menghibur namun edukatif. Harapan saya, dengan hadirnya Closing Night pada IdeaFest 2023 dapat membuka mata dan pikiran para pengunjung untuk tidak hanya menciptakan perubahan, tetapi juga memimpin perubahan,” kata Deddy Corbuzier.

Pada Closing Night, diperkenalkan berbagai konten program, seperti Monolog, Podcast hingga Stand Up Comedy. Tentunya Deddy Corbuzier akan hadir pada beberapa konten program tersebut untuk memberikan edukasi secara interaktif kepada para penonton yang hadir.

Untuk pembelian tiket dan informasi lebih lanjut perihal keseluruhan rangkaian acara IdeaFest 2023 silakan kunjungi website www.ideafest.id, serta akun media sosial resmi @ideafestid.

Pilihan Editor: 5 Cara Bangun Lingkungan Kreatif untuk Tingkatkan Kreativitas

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."