Fashion Istri Menteri di Upacara Bendera 17 Agustus 2023, Memesona dalam Warna dan Detail

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(paling kiri dan kanan) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim beserta istri, Franka Franklin bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. Foto: Instagram/@nadiemmakarim

(paling kiri dan kanan) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim beserta istri, Franka Franklin bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. Foto: Instagram/@nadiemmakarim

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Serba-serbi terkait upacara bendera perayaan 78 tahun Indonesia merdeka di Istana Merdeka pada Kamis kemarin, 17 Agustus 2023 masih menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Termasuk gaya busana para istri menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019 - 2024. Mereka hadir dan mendampingi suami tercinta mengenakan busana terbaiknya yang semakin memancarkan pesona mereka. Berikut ini beberapa fashion istri menteri yang hadir di upacara pengibaran bendera di Istana kemarin.

1. Franka Franklin

Gaya makeup Franka Franklin saat mengikuti upacara bendera HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Kamis, 17 Agustus 2023/Foto: Instagram/Franka Franklin

Franka tampil anggun dalam balutan kebaya kartini modern warna merah bata rancangan Didiet Maulana. Di akun Instagramnya satu jam lalu, ibu tiga anak itu menjelaskan kebayanya merupakan kebaya rancongan Madura dipadu dengan kain batik Madura motif kembang sepatu. Penampilan tersebut dia pilih untuk mengenang mendiang kakek tercinta.

"Saat dibuatkan oleh Mas @didietmaulana saya ingin bisa membawa nafas daerah Madura untuk mengenang almarhum Eyang saya, Bapak Makki Perdanakusuma yang lahir dan dibesarkan di Sumenep, dan sedari kecil menanamkan rasa cinta pada tanah air kita bersama," ucap istri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim itu.

Dia juga menjelaskan bahwa kalung yang dikenakannya merupakan koleksi Tulola Designs, label perhiasan yang digawangi oleh Franka, Happy Salma, dan Sri Luce Rusna. Kalung emas antik itu bertulisan “Nuswantara” yang menjadi cikal bakal Nusantara.

"Karya ini penuh arti yang mendalam dan saya bersyukur bisa memakainya kemarin," ucapnya.

Selain kalung, ibu tiga anak itu juga mengenakan jepit rambut, giwang, gelang, dan cincin sebagai aksesori penampilannya. Riasannya bergaya flawless dan natural, sementara rambutnya dibelah tengah dan sanggul modern.

2. Loemongga Haoemasan

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita beserta istri Loemongga Haoemasan. Foto: Instagram/@loemongga

Loemonga Haoemasan dan suami yang juga Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita kompak berbusana adat Bali dalam pilihan warna abu-abu untuk atasan, dan kain bali warna ungu.

Loemongga tampil anggun dalam kebaya brokat panjang berkilau dan berdetail kancing depan. Dia juga memakai ikat pinggang senada kain.

Untuk melengkapi penampilannya, dia memakai anting dan bros minimalis warna perak. Rambut panjangnya dibelah tengah dan ditata sanggul tinggi ke atas.

3. Eny Yaqut

Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas beserta istri Eny Retno Yaqut. Foto: Instagram/@enyyaqut

Eny Yaqut tampil memesona dalam balutan kebaya kutubaru lurik warna coklat. Dia padukan kebaya klasik itu dengan kain batik coklat. Sang suami yang juga Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas juga memakai baju serasi dengan Enny.

"Masih tentang hari ini, kali ini akhirnya pecah telor simbok emban & SiCinta @ansor_satu berhasil pake kostum couple-an meski dari awal SiCinta udah wanti2 maunya pake yang simple, ga ribet & ga sumuk. Kebaya simple dari bahan lurik yang kaya warna menjadi pilihan kali ini," tulisnya di Instagram Kamis kemarin.

Selain memakai jilbab warna merah tua yang senada dengan detail embellishment bunga di pinggiran kebaya, Eny juga memakai beberapa hiasan kepala khas pengantin Jawa, yaitu cunduk mentuls sebanyak tiga buah yang bermakna trimurti, dan dua centhung. Tak ketinggalan, ronce melati.

Untuk pilihan aksesorinya, dia terlihat memakai bros dua tingkat, gelang bangle, dan cincin keemasan.

4. Nur Asia Uno

Menparekraf Sandiaga Uno dan Ibu Nur Asia berjoget dalam rangkaian Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Agustus 2023. Instagram/Sandiuno

Beralih ke gaya busana Nur Asia Uno, istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno. Dia memilih tema pakaian khas Bali yang terdiri dari kebaya panjang warna putih dipadu dengan kain corak bali warna hijau dan oranye. Dia melengkapi penampilannya dengan ikat pinggang dan jilbab warna oranye.

Pakaian Bali dipilih karena Pulau Dewata punya tempat spesial di hati menantu Mien Uno itu

"Sedangkan Mama Nur mengenakan pakaian khas Bali, karena kota ini sangat menyenangkan dan spesial nih bagi Mama Nur," tulis di keterangan foto unggahan bersama Sandiaga dan Nur Asia Uno.

Sementara Sandiaga Uno mengenakan pakaian adat khas Sulawesi Selatan karya UMKM lokal binaan Ibu Kris. "Saya memilih baju ini karena Sulawesi Selatan merupakan kampung halaman dan tanah kelahiran ayah saya, serta menjadi gerbang Indonesia timur yang memiliki pariwisata dan ekonomi kreatif yang luar biasa," jelasnya.

5. Yanti Airlangga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto bersama istri, Yanti Airlangga. Foto: Instagram/@yanti.airlangga

Yanti Airlangga tampil anggun dalam balutan berkebaya seperti penampilan khasnya. Istri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto itu mengenakan kebaya kutu baru warna putih bercorak bunga warna kuning. Kebaya tersebut merupakan koleksi Garden of Solo rancangan Didit Hediprasetyo. Dia memadankan kebaya cantik itu dengan kain batik warna coklat.

Pilihan selendang pink yang disampirkan di bahu kirinya berhasil menjadi fashion statement yang kontras memikat mata. Yanti mempercayakan tatanan sanggul khas jawa kepada Penny Hair Do dan Makeup, sementara gaya riasan flawless berkat tangan dingin Henz Makeup.

Pilihan Editor: Ini Baju Adat Jokowi dan Iriana pada Upacara Bendera 17 Agustus 2023

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."