Menang Baju Adat Terbaik, Simak Gaya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono mengenakan baju kawasaran dari Minahasa. Instagram/Erina Gudono-The Leonardi

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono mengenakan baju kawasaran dari Minahasa. Instagram/Erina Gudono-The Leonardi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Putra Bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep berhasil salah satu pemenang lomba baju adat terbaik pada gelaran acara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka, Jakarta. Kaesang Pangarep dan sang istri, Erina Gudono mengenakan pakaian serasi dari Sulawesi Utara. Baju adat Suku Minahasa, Sulawesi Utara ini menarik perhatian netizen. 

"Tabea! Sigi Ne Waraney! Kawasaran adalah tradisi leluhur Suku Minahasa Sulawesi Utara dan merupakan tarian Ksatria Minahasa yang disebut 'Waraney'," tulis Erina Gudono dalam unggahannya 17 Agustus 2023. 

Erina bercerita bahwa mulanya kawasaran dilakukan untuk menjalankan ritual Mahsasau. "Kawasaran "kawak"yang berarti "melindungi" dan "asaran" yang berarti "sama atau berlaku seperti" artinya, Kawasaran menjadi sama seperti leluhur di masa lalu, menjadi pelindung tanah, pelindung negeri, pelindung kehidupan," tulis Erina.

Bagian dasar baju yang dikenakan keduanya adalah kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele dan dipadu-padankan dengan kain tenun kaiwu patola. "Tata busana dan aksesoris dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli," lanjutnya.

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep mengaku mengenakan baju adat pasangan berupa baju kawasaran ini sebagai lambang penghormatan. "baju kawasaran ini sebagai lambang penghormatan kami kepada para WARANEY (ksatria) bangsa yang telah berjuang melawan penjajah. Kami nyalakan jiwa muda ksatria WARANEY untuk melanjutkan perjuangan memajukan bangsa. I Yayat U Santi!" tulis Erina dengan menambahkan simbol pedang dalam akhir tulisannya. 

Keduanya terlihat bak ksatria. Kaesang yang menambahkan tombak dan perisai sebagai aksesori pakaian mereka. Erina pun terlihat tangguh dengan membawa senjata tajam seperti golok, serta perisai. Erina bahkan menambahkan sepatu gladiator dalam penampilannya itu. 

"DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA 78, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju, MERDEKA !!!" tulis Erina.

Pilihan Editor: Dampingi Kaesang Pangarep, Erina Gudono Anggun Berkebaya Beludru Hitam

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."