Cara Memilih Warna Perona Pipi Sesuai Kulit Wajah, Ketahui Undertone dan Gaya Riasan yang Ingin Ditampilkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan mengaplikasikan perona pipi atau blush on di pipi. Foto: Freepik.com/lookstudio

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan perona pipi atau blush on di pipi. Foto: Freepik.com/lookstudio

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPerona pipi atau bush on adalah salah satu kosmetik yang dapat  membuat kulit wajah Anda bercahaya dan berwarna. Memilih warna perona pipi yang sesuai warna kulit wajah bisa dibilang susah-susah gampang. Mungkin kita bingung ketika ada begitu banyak pilihan yang tersedia di toko kecantikan. Tapi jangan khawatir! Kriti Sahney, Pakar Kecantikan, Kepala Merek dan Komunikasi di Kanvar Group, India berbagi sederet cara memilih warna perona pipi yang sempurna untuk warna kulit Anda.

1. Memahami Undertone 

Sebelum mempelajari warna perona pipi tertentu, penting untuk menentukan undertone, warna kulit yang berada di bawah permukaan kulit, sehingga tidak terlihat kasat mata. Ada tiga kategori utama, yaitu dingin (cool), hangat (warm), dan netral (neutral).

1. Cool Undertones

Jika kulit Anda memiliki rona kulit dingin (cool), Anda akan melihat rona merah muda, merah, atau biru di bawah permukaan. Jika demikian, pilih warna perona pipi rosy mauve, pink lembut, atau berry. Warna-warna tersebut menonjolkan warna kulit alami Anda dan memberi Anda penampilan muda yang cerah.

2. Warm Undertones

Kulit dengan undertone hangat cenderung memiliki rona keemasan, peachy, atau kuning. Lengkapi rona kulit hangat Anda dengan perona pipi bernuansa hangat seperti koral, persik, atau aprikot. Nuansa ini menanamkan pancaran hangat ke kulit Anda.

3. Neutral Undertones

Jika undertone Anda termasuk dalam kategori netral, itu berarti rona kulit Anda memiliki keseimbangan nuansa dingin dan hangat. Dengan undertone netral, Anda memiliki kebebasan untuk bereksperimen dengan berbagai macam warna perona pipi, termasuk merah muda lembut, persik, ungu muda, dan merah.

2. Perhatikan Warna Kulit

Setelah membahas undertone, mari jelajahi warna perona pipi tertentu yang melengkapi warna kulit yang berbeda dengan indah.

1. Warna Kulit Cerah

Untuk kulit cerah, pilih warna lembut dan halus yang menghasilkan rona alami. Merah muda lembut, persik ringan, atau mawar lembut bekerja secara harmonis dengan kulit cerah, memberikan penampilan muda dan segar.

Hindari warna yang dalam atau berpigmen tinggi, karena dapat mengalahkan warna kulit halus Anda.

2. Warna Kulit Sedang hingga Zaitun

Warna kulit sedang dan zaitun memiliki banyak pilihan. Rangkullah nuansa seperti dusty rose, mauve, atau warm peach, yang menambah kedalaman dan pancaran pada kulit Anda. Nuansa ini memberikan keseimbangan yang indah antara halus dan cerah, memberikan rona alami.

3. Warna kulit dalam

Nuansa perona pipi yang kaya dan berani melengkapi warna kulit yang dalam tanpa cela. Cari warna-warna seperti buah berry yang semarak, plum, atau jeruk terakota. Nuansa berpigmen tinggi ini meningkatkan kecantikan alami Anda, menawarkan kontras yang menakjubkan dengan warna kulit Anda.

3. Perhatikan Formulasi Perona pipi

Menurut Namrata Soni, ahli kecantikan dan Pendiri Simply perona pipi kini tersedia dalam beberapa jenis formulasi seperti bubuk, balsem, krim dan cair. Formulasi yang berbeda sesuai dengan jenis kulit yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis formulasi mana yang paling sesuai dengan kulit Anda sebelum mempersempit pilihan Anda.

4. Pertimbangkan Tampilan Riasan dan Acara

Pilihan warna perona pipi Anda dapat bervariasi tergantung pada tampilan atau acara riasan. Jika Anda mengincar tampilan sederhana untuk makan siang atau acara minum teh, pertimbangkan perona pipi yang akan memberi Anda rona halus dan alami.

Namun, jika Anda akan pergi ke pesta atau makan malam dan berencana tampil glam, buat pernyataan dengan perona pipi berwarna lebih intens dan bersemangat.

5. Preferensi Pribadi

Preferensi pribadi dan apa yang Anda rasa nyaman turut menentukan warna perona pipi pilihan Anda. Jangan ragu untuk menguji perona pipi yang berbeda untuk memahami apa yang paling cocok untuk kulit Anda dan bagaimana produk tersebut akan menambah tampilan riasan Anda secara keseluruhan.

Sementara itu, Kairavi Bharat Ram, Pendiri dan CEO, Typsy Beauty membagikan beberapa trik perona pipi yang luar biasa untuk tampilan riasan yang sempurna.

Simak kiatnya di halaman selanjutnya, ya, Sahabat Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."