Ramai Kasus Pelecehan Seksual pada Anak, Apa yang Bisa Orang Tua Lakukan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pelecehan seksual pada anak perempuan. Shutterstock

Ilustrasi pelecehan seksual pada anak perempuan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Belum lama ini ramai sebuah video rekaman CCTV memperlihatkan pelecehan seksual seorang pria lanjut usia terhadap anak perempuan di bawah umur viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @/info_cipinangmuara, terlihat kakek tengah melakukan pelecehan seksual di sebuah gang sepi terhadap perempuan yang diketahui siswa SD. "Kasus pelecehan terhadap anak di bawah umur yang dilakukan oleh bapak-bapak jualan menggunakan sepeda," tulis akun tersebut.

Terlihat dalam video tersebut, pria tua itu berhenti di samping anak perempuan berseragam SD. Sembari mengobrol, tampak si kakek melakukan pelecehan seksual kepada anak tersebut. Tayangan CCTV ini pun langsung sontak menuai reaksi geram warganet terhadap aksi tidak pantas tersebut.

Polres Metro Jakarta Timur sigap dan berhasil menangkap sang pelaku. Ketua RT setempat, Iman, mengaku mendapatkan informasi penangkapan pelaku dari warga. Iman mengatakan pelaku berhasil tertangkap polisi dikawasan Cipinang Jakarta Timur, Sekitar Sekolah SMK 53.

Kasus tersebut tentunya semakin membuat cemas dan khawatir para orang tua, apa yang bisa dilakukan agar anak-anak terhindar dari pelecehan seksual. 

Pelecehan seksual dapat terjadi pada anak-anak dari berbagai ras, kelompok sosial ekonomi, agama atau budaya. Tidak ada cara yang sangat mudah untuk melindungi anak-anak dari pelecehan seksual, tetapi ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi risiko ini. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."