8 Hal Ini Terjadi usai Perhelatan Miss Universe Indonesia 2023, dari Pengunduran Diri CEO hingga Isu Foto Tanpa Busana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Miss Universe Indonesia kali pertama diselenggarakan pada Kamis, 3 Agustus 2023. Foto: Instagram/@missuniverse_id

Miss Universe Indonesia kali pertama diselenggarakan pada Kamis, 3 Agustus 2023. Foto: Instagram/@missuniverse_id

IKLAN

6. Isu Pemotretan Tanpa Busana saat Body Checking

Adapun terkait isu pemotretan tanpa busana saat pengecekan tubuh atau body checking yang dijalani konstentan Miss Universe Indonesia kali pertama diungkap oleh mantan Province Director Bali Sally Giovanny. Pengusaha Batik Trusmi itu bekerja sama dengan Rizky Ananda yang mengurusi Miss Universe Indonesia Jawa Barat mengunggah pengakuan seorang peserta kala harus menanggalkan busana untuk difoto tubuhnya.

"Saya sudah melihat video ini, jujur nangis pas lihat ini. Sedih banget lihat korban memohon foto-foto body-checkingnya minta dihapus, mereka sangat gak nyaman tapi berusaha tetap senyum. Buagt korban-korban MUID yang speakup, buat gue, KALIAN ADALAH MISS UNIVERSE sesunguhnya," demikian salah satu unggahan di Instagram Storynya. "TUBUH KITA ADALAH MILIK KITA. TIDAK ADA SEORANGPUN YANG LAYAK MENGATURNYA TANPA SEIZIN KITA." 

Konstentan Miss Universe Indonesia 2023. Foto: Instagram/@missuniverse_id

7. Laporan Dugaan Pelecehan Seksual

Pada Senin kemarin, 7 Agustus 2023, salah satu konstentan Miss Universe Indonesia melaporkan tindak kekerasan seksual dan pelecehan yang terjadi saat sesi pengecekan tubuh atau body checking ke Polda Metro Jaya. Kuasa hukum korban, Mellisa Anggraini mengatakan, kontestan difoto tanpa busana pada sesi tersebut.

“Alhamdulillah sudah diterima laporan kami di SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) tadi atas dugaan tindak pidana tindak kekerasan seksual,” kata Mellisa Anggraini di SPKT Polda Metro Jaya, Senin, 7 Agustus 2023, seperti dikutip dari Antara.

Kasus dugaan kekerasan seksual itu terjadi pada Selasa, 1 Agustus 2023. Para kontestan tidak tahu akan ada sesi body checking berupa foto tanpa busana. “Tiba-tiba dilakukan body checking terhadap para kontestan di luar agenda resmi," katanya.

Mellisa mengatakan tindakan panitia kontes kecantikan yang mengambil foto telanjang para peserta tersebut telah melukai martabat perempuan. Apalagi tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu kepada peserta.

“Di mana-mana orang kalau mau body checking dikasih tahu dong," katanya.

Pengacara Mellisa Anggraini melaporkan penyelenggara kontes kecantikan Miss Universe Indonesia ke Polda Metro Jaya kasus pelecehan foto bugil, Senin 7 Agustus 2023. ANTARA/Ilham Kausar

Selain dilakukan tanpa pemberitahuan, proses pengecekan tubuh juga dilakukan tanpa persiapan yang baik. "Dilakukan di sembarang tempat, di tempat tidak privat, bahkan ada lawan jenis,” ujarnya.

Mellisa mengatakan para kontestan merasa dilecehkan atas sesi foto tanpa busana itu. Mereka juga merasa tidak nyaman dan sakit hati karena tidak dihargai sebagai perempuan.

"Para korban ini ingin mendapatkan keadilan dari si pelaku,” kata Melissa.

Kuasa hukum telah membawa bukti rekaman video dan foto sesi body checking ke Polda Metro Jaya. Mereka melaporkan penyelenggara kegiatan (event organizer) kontes itu atas dugaan pelecehan seksual. "Kami juga cukup terkaget-kaget ya ketika melihat foto-foto yang diambil oleh mereka,” kata dia.

8. Body Checking Versi Konstentan MUID LAIN

Salah seorang konstentan, Sheren Simamora yang berada di Top 15 Miss Universe Indonesia membantah ada foto saat body checking itu. Menurut dia, memang ada body checking yang mengharuskan melepas bajunya.

"Aku masuk body check disuruh muter (tanpa difoto). Katanya beberapa titik ada stretch mark aku sudah tahu, terus aku punya varises di kaki kanan. Itu semua dicatat di buku oleh kakak LO cewek," tulisnya. 

Menurut Sheren, body checking dilakukan tanpa busana karena ada alasannya. "Karena habis body check, kita fitting evening gown buat final kena sensor atau enggak. Kenapa ada cowok? Karena kakak cowok ini desainer yang akan bantu buat mayetin titik-titik yang terbuka, cowok satu lagi ada oma yang bantuin pakai dan buka gaunnya biar gak rusak. Sekian dan Terima kasih," tulisnya di Instagram Storynya, Minggu, 6 Agustus 2023. 

Sementara itu, akun Instagram Lambe Pageantz juga memuat pernyataan Sarah Hendrapraja, salah satu petinggi Miss Universe Indonesia. Sarah menuliskan ia sudah menelusuri isu panas ini dengan menanyai satu-satu peserta.

"Pertama yang memeriksa para gadis-gadis dokter ini. Dan kebetulan dia cewek. Kalian bisa lihat BIO dan Linkedinnya sesuai prosedur. Yang kedua, di sana memang ada cowok tapi cowok di ruangan itu tul*ng l*nak," tulisnya.

"Yang ketiga, mereka memang difoto topless hanya pakai CD (celana dalam). Belakang samping depan. Dan kemudian aku tanya-tanya juga apakah payudara kalian dipegang para cowok-cowok di sana. Kata mereka tidak. Jadi sejauh ini aman. Tapi aku masih mencari tahu ke yang lainnya juga karena jangan sampai menimbulkan kegaduhan yang tidak berdasar," jelasnya. 

Sebagai informasi, Poppy Capella baru tahun ini memegang lisensi Miss Universe Indonesia. Sebelumnya, Yayasan Puteri Indonesia yang memegang lisensi tersebut selama 30 tahun, di mana setiap kali Puteri Indonesia terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang ratu sejagat itu

Pilihan Editor: 5 Fakta Pemilihan Miss Universe Indonesia, Perdana Digelar Tahun Ini

ISTIQOMATUL HAYATI | MARVELA | ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."