8 Hal Ini Terjadi usai Perhelatan Miss Universe Indonesia 2023, dari Pengunduran Diri CEO hingga Isu Foto Tanpa Busana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Miss Universe Indonesia kali pertama diselenggarakan pada Kamis, 3 Agustus 2023. Foto: Instagram/@missuniverse_id

Miss Universe Indonesia kali pertama diselenggarakan pada Kamis, 3 Agustus 2023. Foto: Instagram/@missuniverse_id

IKLAN

4. Isu Tinggi Badan Pemenang Miss Universe Indonesia

Persoalan tinggi badan Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole juga menjadi polemik panas. Penyelenggara mensyaratkan tinggi badan peserta minimal 168 cm, tapi tinggi badan Fabienne disebut tak sampai 168 cm, yang berarti tak memenuhi syarat.

Persoalan tinggi badan ini diungkap pertama kali oleh Sally Giovanny, mantan Province Director Miss Universe Indonesia Bali di Instagram Story-nya. Ia menyinggung tinggi badan Fabienne yang kurang memenuhi syarat. Ia juga men-tag nama Rizky Ananda Musa, mantan Province Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat.

Akhirnya pada awal pekan ini, Poppy Capella selaku pemilik lisensi Miss Universe Indonesia dan Malaysia itu membuat pernyataan resmi. Dia mengatakan telah menghilangkan aturan tinggi badan untuk para peserta. Secara tidak langsung Poppy Capella membenarkan bahwa tinggi badan Fabienne Nicole di bawah standar yang ditetapkan.

"Untuk menjaga integritas kompetisi lokal kami dan mengakomodasi semua pemenang dari tingkat provinsi, saya telah memutuskan untuk menghapus persyaratan tinggi badan minimum," tulis Poppy Capella dalam surat yang diunggah di Instagram Miss Universe Indonesia, Senin pagi, 7 Agustus 2023.

Poppy Capella. Foto: Instagram.

Dia menegaskan bahwa dia telah merevisi peraturan Miss Universe Indonesia untuk menghilangkan persyaratan batas tinggi minimum di seluruh tahapan kompetisinya. Namun anehnya peraturan baru tersebut baru diumumkan setelah pemenang Miss Universe Indonesia 2023 diresmikan.

"Perubahan ini bukan semata-mata sebagai tanggapan atas hasil kegiatan tingkat provinsi tahap awal, tetapi juga merupakan cerminan dari komitmen kami terhadap inklusivitas baik di tingkat provinsi maupun nasional," tulisnya.

Dalam sekejap setelah dua unggahan tersebut dirilis di Instagram, warganet langsung membanjiri kolom komentar dengan beragam reaksi. Mereka ikut gemas dengan cara Poppy Capella memberikan klarifikasi.

"Yang dibutuhin KLARIFIKASI, bukan TERIMA KASIH. Dulu awal-awal ngerebut lisensi dengan tidak hormat aja SAT SET SAT SET langsung presscon dan beli IG yang followersnya udah 500k. Sekarang mana taring kalian?" tulis @susukmama***.

"Ngerubah aturan setelah ngelanggar aturan itu aneh banget ya," tulis @wherethe***. "WOW pengumuman tinggi badan ditiadakan after crowning, yukk guysss kalian yang 150 cm boleh lah tahun depan ikut MUID, sekarang pejen ga butuh tinggi jenjang menjulang tapi butuh ember," tulis @doladola***. "Dari statement ini, Bearti bener Fabienne di bawah standar tinggi badan yang ditetapkan," tulis @tomta***.

Baca juga: Detail Mahkota Miss Universe Indonesia, Ada Lebih dari 8.000 Cubic Zirconia dan 24 Bintang

Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole. Foto: Instagram Miss Universe Indonesia.

5. Isu Suap Kemenangan Fabienne Nicole

Isu suap ini diungkapkan oleh Rizky Ananda Musa, Mantan Province Director Miss Universe Jawa Barat. Dia menulis di unggahan Instagram Stories-nya, Minggu, 6 Agustus 2023.

"Sehari sebelum Grand Final, makan malam manjaa dulu bincang-bincang untuk besok yang menjadi winner (pemenang). Dia yang bikin aturan, dia sendiri yang melanggar, namanya apa ya," tulis dia menyindir Poppy Capella. Ia menyinggung kata 5 ember untuk mengaburkan makna angka Rp 5 miliar agar dapat memenangkan Fabienne. 

Walhasil, akun Instagram Fabienne sendiri dipenuhi hujatan warganet yang mempersoalkan tinggi badan dan isu suap itu. Dia tidak menjawab satupun hujatan dan ledekan warganet. Tapi ibundanya, Natalia Tanudjaya menjadi benteng bagi putrinya. Pada unggahan yang menampilkan putrinya sebagai pemenang Miss Universe Indonesia, tiga hari lalu, perempuan berjuluk Crazy Rich Surabaya ini siap menangkis serangan terhadap putrinya.

Menurut dia, mereka yang menyerang putrinya ini merupakan pemilik akun bodong yang siap menyebarkan kebencian. "Kenapa acc anda postnya 0 yah? Acc bodong yah? Btw, fitnah tidak usah ditanggapi, buang-buang energi," tulisnya. Pada komentar lain dia menjawab, "Ada yang tidak terima kekalahan jadi dibuatlah fitnah dan serangan buzzer. Tapi percayalah, yang akan akan makin bersinar," tulisnya. 

Sebagai informasi, sebelum memenangkan Miss Universe Indonesia, Fabienne pernah menjadi Miss Global Indonesia 2018 dan berhak mewakili Indonesia di ajang Miss Global 2018 yang digelar di Filipina. Fabienne, putri Natalia Tanudjaja, Direktur Utama MNC Land pun berhasil menduduki 20 besar Miss Global 2018. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."