5 Fakta Pemilihan Miss Universe Indonesia, Perdana Digelar Tahun Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kiri) Poppy Capella, National Director Miss Universe Indonesia, dan Michael Yahya, Director Export Marketing dan E-Commerce UBS Gold dalam konferensi pers The Crown Reveal di La Moda Plaza Indonesia, Senin, 29 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

(dari kiri) Poppy Capella, National Director Miss Universe Indonesia, dan Michael Yahya, Director Export Marketing dan E-Commerce UBS Gold dalam konferensi pers The Crown Reveal di La Moda Plaza Indonesia, Senin, 29 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ajang pemilihan Miss Universe Indonesia akan digelar perdana di tahun ini. Seperti diketahui, selama 30 tahun lebih, pemegang lisensi Miss Universe Indonesia adalah Yayasan Puteri Indonesia, yang mengirim Puteri Indonesia terpilih sebagai wakil Indonesia di ajang ratu sejagat itu. Namun di awal tahun ini, pemegang lisensi Miss Universe Indonesia berganti menjadi PT Capella Swastika Karya yang dipimpin Poppy Capella. Dengan perubahan itu, ada sederet fakta menarik pemilihan Miss Universe Indonesia yang perlu kita ketahui bersama.

1. Audisi dan Karantina

Menurut Poppy yang juga bertindak sebagai National Director Miss Universe Indonesia, audisi dan karantina Miss Universe Indonesia akan dimulai pada Juni 2023.

"Bulan depan akan menjadi sangat menarik. Karena akan ada audisi, karantina, boot camp, menuju grand final, dan bertabur bintang," tuturnya dalam konferensi pers "The Crown Reveal" di La Moda, Jakarta Pusat, pada Senin, 29 Mei 2023.

2. Tiga Kota Besar di Indonesia

Di kesempatan yang sama, Poppy juga menjelaskan terkait audisi Miss Universe Indonesia di provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, dan Bali. Di ketiga provinsi tersebut, dia sudah menunjuk perwakilan tim untuk mengaudisi peserta ajang Miss Universe Indonesia.

"18 Juni 2023 final audisi di Jawa Timur. Kemudian ada di Bali, Sally Giovanni, pemilik Keranjang Bali dan Batik (Trusmi). Dan, Rizki Ananda, perwakilan (tim yang mengaudisi peserta Miss Universe Indonesia) dari Jawa Barat," jelasnya.

"Jadi, barusan kita lihat sudah ada tiga kota besar di Indonesia. Saya rasa kita bisa dapat banyak (peserta Miss Universe Indonesia) dari sana. Dan, untuk yang lainnya, mohon ditunggu kejutannya," lanjutnya.

3. Lisensi

Saat ditanya soal lisensi Miss Universe Indonesia yang kini berada dalam naungannya, Poppy menjelaskan itu berkaitan dengan visi misi pemilik baru lisensi Miss Universe. Sebelumnya dipegang oleh Donald Trump, kini di bawah naungan  Anne Jakkaphong Jakrajutatip, konglomerat asal Thailand, dan juga advokat hak transgender. Kepemimpinan baru ini menginginkan Miss Universe Indonesia didaftarkan di bawah merek Miss Universe Indonesia.

"Seperti saya sudah pernah bicara di Bali, kita mengadakan grand launching, datang semua termasuk pemilik (lisensi) Miss Universe, dan Miss Universe (2023) R'Boney, semua datang dari internasional untuk mendukung saya, mendukung Miss Universe Indonesia," jelasnya.

"Ada transisi, perubahan baru, pemimpin baru, dan tentu saja mereka ingin sesuatu yang bagus dan baru di-inject ke dalam perusahaannya. I believe that (saya percaya itu). Untuk mempertahankan dan memberikan kekuatan lebih lagi dari sebelumnya," lanjutnya.

"Pemilik (baru) melihat karena tidak ada brand Mss Universe Indonesia, sementara di negara Asia lain ada, seperti Miss Universe Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, dan tidak ada Miss Universe indonesia. Mereka mengubah untuk hal baik, untuk Miss Universe Indonesia," tandasnya.

4. Mahkota "Shimmering Hope"

Mahkota Miss Universe Indonesia dibuat oleh UBS Gold. Mengusung tema "Shimmering Hope", Poppy Capella menjelaskan mahkota tersebut menyimbolkan hope (harapan), beauty (kecantikan), optimism (optimisme), leadership (kepemimpinan), and unity in dervisity (Bhinneka Tunggal Ika).

5. Hadiah Rp2 Miliar

Sebelum menunjukkan makhkota Miss Universe Indonesia untuk kali pertama, Poppy menyebutkan hadiah untuk sang juara mencapai Rp2 miliar."Hadiah untuk Miss Universe Indonesia tembus Rp2 miliar," tandasnya diikuti senyum lebar.

Pilihan Editor: Detail Mahkota Miss Universe Indonesia, Ada Lebih dari 8.000 Cubic Zirconia dan 24 Bintang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."