Detail Mahkota Miss Universe Indonesia, Ada Lebih dari 8.000 Cubic Zirconia dan 24 Bintang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Konferensi pers

Konferensi pers "The Crown Reveal" Mahktota Miss Universe Indonesia di La Moda Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, pada Senin, 29 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Di awal tahun ini, ada pergantian pemegang lisensi Miss Universe Indonesia. Sebelumnya, selama lebih dari tiga dekade dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia, di mana Puteri Indonesia yang terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Universe. Kini, lisensi tersebut dipegang oleh PT. Swastika Capella Karya yang dipimpin oleh Poppy Capella, yang juga bertindak sebagai National Drector Miss Universe Indonesia. Dengan pergantian tersebut, untuk kali pertama bakal diadakan Miss Universe Indonesia dalam waktu dekat. Sebagai bagian dari rangkaian pemilihan Miss Universe Indonesia, di akhir bulan Mei ini, diperlihatkan makhota Miss Universe Indonesia.

Mahkota buatan UBS Gold tersebut dibuat selama empat bulan, terhitung dari proses diskusi tim artisan dan pihak Miss Universe Indonesia.

"Dimulai dari sketsa tangan, lalu 3D, bahkan menggunakan 3D printing untuk membuat mahkota ini. dikerjakan oleh banyak artisan berkarya di indonesia," ujar Michael Yahya, Director Export Marketing dan E-Commerce UBS Gold dalam konferensi pers The Crown Reveal di La Moda Plaza Indonesia, Senin, 29 Mei 2023.

Menurut Michael, terdapat lebih dari 8.000 kristal cubic zirconia kualitas terbaik yang memancarkan cahaya kemilau. Material kerangka mahkota terbuat dari emas putih yang kokoh dan nyaman saat digunakan oleh Miss Universe Indonesia nantinya saat berkegiatan.

"Jumlah bintang di mahkota ini ada 24, yang juga terinspirasi dari kampanye kami, 1 am 24k," tuturnya.

Detail lainnya yang ada di mahkota Miss Universe Indonesia adalah ukiran wayang termasuk wayang gunungan dan dewi sembrada.

"Wayang gunungan merupakan simbol kehidupan di alam semesta, khususnya perpindahan waktu menuju babak baru. Bentuk gunungan seperti segitiga siklus kehidupan dari awal dan akhir, berjuang dan berusaha mengubah jalan hidupnya menjadi lebih optimis," ujar CEO Miss Universe Indonesia, Eldwen Wang.

"Sewi sembrada pada saat kecil tidak rupawan dan kulitnya gelap, saat beranjak dewasa dia berubah sangat cantik dan percaya diri. Dia juga sosok wanita setia," lanjutnya.

(dari kiri) Poppy Capella, National Director Miss Universe Indonesia, dan Michael Yahya, Director Export Marketing dan E-Commerce UBS Gold dalam konferensi pers The Crown Reveal di La Moda Plaza Indonesia, Senin, 29 Mei 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Makna Mahkota Miss Universe Indonesia

Di kesempatan yang sama, Poppy Capella menjelaskan makna dari mahkota dengan tema "Shimmering Hope" itu. "Mahkota Miss Universe Indonesia, saya harapkan bisa menjadi simbol hope (harapan), beauty (kecantikan), optimism (optimisme), leadership (kepemimpinan), and unity in dervisity (Bhinneka Tunggal Ika)," tuturnya.

Senada dengan Poppy, Eldwen menegaskan mahkota tersebut memrepsentasikan perempuan dengan jiwa kepemimpinan, brilian, dan inspiratif.

"Pemenang Miss Universe Indonesia yang menggunakan mahkota ini diharapkan bisa memiliki kualitas tersebut dan menggunakan kekuatan mereka memberikan harapan serta optimisme," ujarnya.

Aplikasi Miss Universe Indonesia

Sebelum mahkota Miss Univese Indonesia ditunjukkan untuk kali pertama, Poppy mengumumkan meluncurkan mobile application untuk mempermudah para penggemar dan penonton mengakses informasi terbaru tentang kontes serta informasi terbaru para peserta.

"Bagi yang udah daftar, menjadi finalis Miss Universe Indonesia, kamu bisa lihat di aplikasi tersebut. Termasuk akses yang lebih mudah dan cepat untuk membeli tiket serta merchandise resmi Miss Universe Indonesia," ujarnya.

"Dengan adanya aplikasi ini, saya berharap membawa pengalaman baru yang praktis, efektif, serta menyenangkan bagi para penggemar dan penonton di seluruh Indonesia

Meski belum mengumumkan tanggal gelaran Miss Universe Indonesia, Poppy menyebutkan hadiah untuk sang juara mencapai Rp2 miliar."Hadiah untuk Miss Universe Indonesia tembus Rp2 miliar," ungkapnya diikuti senyum lebar.

Selain itu, Poppy juga menyebutkan di bulan mendatang, Juni, akan dimulai audisi, karantina, hingga boot camp. Nantinya Miss Universe Indonesia 2023 yang terpilih akan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss Universe 2023 di El Salvador, Amerika Tengah, pada Desember 2023.

Pilihan Editor: Mengenal Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel, Desainer juga Pengajar Menjahit

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."