Senyum dan Kesehatan Mulut Punya Dampak pada Rasa Percaya Diri, Menurut Studi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi wanita tersenyum. Foto: Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Studi yang diterbitkan oleh Cigna, sebuah organisasi layanan kesehatan dunia tahun 2019, menunjukkan jika terdapat hubungan antara kesehatan mulut dan kepercayaan diri. Survei menunjukkan bahwa senyum dan kesehatan mulut memiliki dampak pada kepercayaan diri mereka. Sekitar 93 persen menilai kepercayaan diri mereka sangat baik, namun, 15 persen menyatakan tidak sama sekali atau tidak terlalu puas, dan 16 persen mengatakan senyum mereka merusak kepercayaan diri mereka. 

Dalam studi tersebut, para peneliti juga mencatat bahwa orang dewasa yang memiliki perawatan ke dokter gigi secara rutin dua kali atau lebih per tahun tingkat kepercayaan dirinya jauh lebih tinggi daripada orang yang melakukan perawatan gigi kurang dari sekali setahun atau tidak sama sekali.

Chief Orthodontist Klar Smile Dokter Gigi Adelia Susanto mengatakan senyum yang indah bukan hanya soal estetika, tetapi juga mencerminkan kesehatan gigi dan mulut yang sehat. Perawatan gigi yang dilakukan secara konsisten dan menjadikannya sebuah rutinitas sehari-hari merupakan kunci untuk mendapatkan senyuman sehat. 

"Dengan mengabaikan perawatan gigi dan mulut dapat menyebabkan masalah serius, seperti penyakit gusi, karies, infeksi mulut dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai membiasakan "smile routine" setiap hari seperti saat kita melakukan perawatan kulit (skincare) dan tubuh (bodycare) dapat menjadi langkah awal memiliki senyum yang indah, sebab senyum yang indah dapat terwujud salah satunya dengan memiliki gigi dan mulut yang sehat," papar Adelia yang merupakan satu-satunya dokter gigi spesialis ortodonti asal Indonesia yang menerima AACA fellowship (American Academy of Clear Aligners).

Adelia menambahkan bahwa saat ini sudah banyak produk perawatan gigi yang bisa digunakan dengan mudah di rumah untuk mencapai hasil senyuman sehat dan percaya diri. Namun, sebagai konsumen tetap harus berhati-hati dan pastikan produk memiliki kandungan yang aman, efektif dan teruji secara klinis dan direkomendasikan oleh dokter gigi. 

"Hindari produk yang menggunakan zat berbahaya seperti SLS (Sodium Laureth Sulfate), paraben, alkohol, pewarna buatan dan pemanis buatan. Berinvestasilah pada rutinitas perawatan gigi yang benar dan jadikan senyum sehat sebagai cerminan kesehatan keseluruhan," ucap Adelia.

Kesehatan Mulut dan Gigi Bagian dari Kecantikan 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."