Pentingnya Menetapkan Batasan dalam Hubungan pada 6 Situasi Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

Ilustrasi pasangan berbincang santai. Foto: Freepik.com/Our-Team

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaDalam setiap hubungan, ada saat-saat ketika membuat batasan menjadi perlu. Menetapkan batasan dalam hubungan adalah langkah sehat menjaga kelanggengan. Batas dalam bertindak seperti tanda "jangan masuk", itu menunjukkan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam sebuah hubungan. Adanya batasan dalam hubungan juga memfasilitasi komunikasi terbuka yang memastikan kebutuhan dan nilai setiap hubungan dihormati. Berikut enam hal yang perlu diperhatikan saat menetapkan batasan dalam hubungan.

1. Ketika Pasangan Mengabaikan secara Emosional

Jika salah satu pasangan merasa diabaikan atau tidak terpenuhi secara emosional, menetapkan batasan dapat membantu mengungkapkan kebutuhan mereka dan bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang lebih mendukung secara emosional.

Dukungan emosional sangat penting dalam suatu hubungan. Ketika pasangan Anda tidak memahami trigger Anda dan membuat Anda berada dalam situasi cemas. Ini benar-benar pengingat bahwa Anda harus menetapkan batasan dan mengomunikasikan apa yang berhasil untuk Anda.

2. Ketika Pasangan Tidak Menghargai Ruang Pribadi Anda

Bayangkan berada dalam suatu hubungan yang awalnya terasa seperti kepompong yang nyaman, tetapi seiring berjalannya waktu, kepompong itu mulai terasa lebih seperti jebakan yang menyesakkan, itu adalah pengingat bahwa Anda harus menetapkan batasan dalama hubungan.

Baik Anda maupun pasangan membutuhkan ruang individu untuk pertumbuhan pribadi dan mempertahankan rasa diri. Menetapkan batasan seputar ruang pribadi membantu memastikan bahwa setiap orang memiliki kebebasan untuk mengejar minat, hobi, dan hubungan mereka di luar hubungan.

Baca juga: 5 Hal yang Dibutuhkan dalam Membangun Hubungan Sehat

3. Saat Merasa Kewalahan

Hubungan yang sehat harus membangun dan mendukung setiap pasangan. Jika Anda merasa lelah secara emosional atau fisik karena tuntutan yang berlebihan atau ekspektasi yang tidak sehat, menetapkan batasan dapat membantu Anda memprioritaskan perawatan diri dan mempertahankan kehidupan yang seimbang.

Ini seperti melambaikan tangan yang mengatakan, "Saya pantas mendapatkan cinta, kebahagiaan, dan rasa hormat, dan saya tidak akan puas dengan apa pun yang kurang!"

4. Ketika Anda Tidak Merasa Puas secara Fisik

Dalam hubungan, awalnya percikan dan gairah selalu ada. Tetapi bagaimana jika gairah itu mulai redup, dan Anda mendapati diri Anda menginginkan sesuatu yang lebih? Ketika Anda tidak merasa puas secara fisik dalam hubungan Anda, penting untuk mengatasi masalah ini dengan komunikasi terbuka dan pengertian.

Mulailah percakapan dengan pasangan Anda tentang kebutuhan fisik Anda, tetapi lakukan dengan kepekaan dan empati. Pilih waktu dan tempat yang tepat untuk berbicara secara terbuka dan jujur.

5. Ketika Anda Merasa Tidak Dihargai

Batasan sangat penting untuk membangun rasa saling menghormati dalam suatu hubungan. Jika pasangan Anda secara konsisten mengabaikan perasaan, pendapat, atau batasan pribadi Anda, hal itu dapat mengikis kepercayaan dan menciptakan tekanan emosional.

Menetapkan batasan dalam hubungan juga bagian dari komunikasi ke pasangan ada perilakunya yang tidak dapat diterima. Penting untuk menghadapi dan memberitahu mereka bahwa ini tidak baik.

6. Ketika Anda Berdua Memiliki Kepercayaan yang Berbeda

Jika Anda dan pasangan memiliki nilai dan keyakinan inti yang berbeda, menetapkan batasan dapat membantu mengarahkan perbedaan ini sambil menghormati perspektif masing-masing. Ini membantu memastikan bahwa Anda dan pasangan Anda saling menghormati keyakinan masing-masing, seperti mengatakan, "Kita berbeda, dan itulah yang membuat kita istimewa. Mari rayakan keunikan kita dan menari bersama dengan harmonis!"

Dengan menetapkan batasan dalam hubungan, komunikasi Anda dan pasangan akan lebih sehat serta membuat perasaan lebih nyaman sehingga hubungan akan semakin harmonis.

Pilihan Editor: 4 Cara agar Hubungan Langgeng, Komunikasi secara Terbuka dan Meluangkan Waktu 

AN NISA RISTIANTI | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."