4 Cara agar Hubungan Langgeng, Komunikasi secara Terbuka dan Meluangkan Waktu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Jared Sluyter

Ilustrasi pasangan. Foto: Unsplash.com/Jared Sluyter

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam suatu hubungan dibutuhkan upaya dan komitmen dari kedua belah pihak, tak cukup bermodalkan cinta. Ada faktor komunikasi hingga meluangkan waktu bersama agar hubungan langgeng. Dibutuhkan pula komitmen berusaha bersama-sama dan perhatian penuh saat kalian berdua. Mengapa keempat hal itu berperan penting? Yuk, kita simak uraiannya.

1. Berusaha Bersama

Berusaha keras secara bersama-sama untuk membangun hubungan merupakan salah satu cara agar hubungan langgeng. Sebuah hubungan tidak akan pernah berhasil dengan pola pikir 50/50, hubungan adalah 100/100. Setiap pasangan harus mencurahkan 100 persen cinta, komitmen, dan usaha untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun hubungan.

Ini adalah sesuatu yang sangat sederhana dan kecil, namun dengan melakukan lebih dari apa yang diharapkan dari dirimu, maka hal ini akan menumbuhkan efek positif di antara kalian berdua.

2. Berkomunikasi secara Terbuka

Ini mungkin merupakan langkah terpenting dalam menjaga hubungan yang langgeng. Berkomunikasi adalah kunci untuk mengetahui bagaimana perasaan pasangan dalam hubungan kalian.

Dalam hubungan, kamu mungkin suka mengecek satu sama lain. Pada akhir pekan, luangkan waktu dan duduk bersama untuk membicarakan apa yang telah terjadi selama seminggu. Cobalah menuliskan tiga hal positif dari minggu lalu bersama-sama, kemudian tulis tiga hal yang dapat kalian kerjakan bersama untuk minggu depan.

Di sinilah kamu mengesampingkan kesombonganmu dan belajar menerima kritik yang membangun. Kamu tidak akan marah atau kesal dengan hal-hal yang pasanganmu katakan. Jika pasangan mengatakan bahwa kamu perlu meningkatkan diri di area tertentu, maka dia mengatakan itu karena suatu alasan. Jangan marah. Terimalah dengan lapang dada.

3. Berikan Perhatian Penuh saat Bersama

Belajar untuk berada di saat ini bisa menjadi tantangan bagi banyak hubungan saat ini. Dengan begitu banyak kehidupan kita secara daring, tidak memberikan perhatian penuh saat bersama pasangan terbukti menjadi salah satu alasan utama putusnya hubungan.

Jangan salah paham, tidak ada yang salah dengan menikmati teknologi. Faktanya, sebagian orang menyukai untuk melakukan aktivitas favorit mereka untuk dilakukan di malam hari, sembari berbaring di tempat tidur dan menonton video lucu di Facebook bersama-sama. 

"Log off" berperan penting dalam memahami bahwa ada waktu dan tempat untuk segala sesuatu. Menelusuri Facebook saat pacar sedang bercerita tentang hari-harinya sambil makan malam yang indah bukanlah waktu yang tepat untuk mengecek kabar beranda. Letakkan ponsel kamu di ruangan lain, dan berikan perhatian penuh padanya. Nikmati saat-saat bersamanya dan nikmati waktu kalian bersama.

4. Meluangkan Waktu

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, adalah meluangkan waktu untuk membangun hubungan yang selalu kamu impikan. Mustahil untuk mengharapkan hubungan yang penuh kasih, tulus, kuat, dan berkomitmen jika kalian berdua tidak mau mencurahkan energi dan waktu untuk memupuk pertumbuhan hubungan.

Pekerjaanmu mungkin menyita banyak waktu atau komitmen lain yang dapat menjauhkanmu dari pasangan, tetapi jika kamu tidak secara sadar berusaha untuk menyisihkan waktu bersama, pada akhirnya kamu akan menjauh. Kamu akan tumbuh bersama atau tumbuh terpisah.

Membangun hubungan yang selalu kalian impikan adalah kerja keras. Sebuah hubungan bukanlah sesuatu yang bisa membuat kita berpuas diri.

Jika kamu menginginkan hubungan yang langgeng, kamu harus bersedia untuk memperbaiki hubungan tersebut setiap hari. Jika kamu berusaha, berkomunikasi secara terbuka satu sama lain, memberikan perhatian penuh, dan meluangkan waktu, kamu akan berada di jalur yang tepat untuk memiliki hubungan yang selalu kamu impikan.

Pilihan Editor: 10 Tanda Hubungan Sehat

WIDYA FITRIANINGSIH | YOUR TANGO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."