7 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Cantika.com

google-image
Ilustrasi Asam Lambung.(TEMPO/Gunawan Wicaksono)

Ilustrasi Asam Lambung.(TEMPO/Gunawan Wicaksono)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masalah asam lambung bisa menyerang siapa saja, baik remaja maupun orang dewasa.

Merangkum dari laman Eka Hospital, penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) aadalah gangguan pencernaan yang memengaruhi cincin otot antara kerongkongan dan perut.

Nantinya, otot kerongkongan bagian bawah akan melemah, sehingga membuat asam lambung naik kembali ke kerongkonan. Akibatnya, penderita asam lambung sering merasa nyeri di bagian dada, heartbun (sensasi terbakar), serta perut kembung.

Selain mengonsumsi obat dari dokter, kita bisa mengatasi masalah tersebut dengan makan makanan bergizi, yang baik untuk lambung. Penasaran ada apa saja? Berikut informasi selengkapnya, yuk simak!

1. Sayuran Hijau

Melansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sayuran hijau seperti brokoli, mentimun, dan kembang kol baik untuk penderita asam lambung. Pasalnya, sayuran hijau mengandung kadar gula dan lemak rendah, sehingga bisa membantu mengurangi asam lambung.

2. Jahe

Jahe adalah bahan alami yang enggak boleh kamu lewatkan ketika mengalami gejala GERD. Hal ini dikarenakan kandungan zat fenolik di dalamnya, yang ampuh meredakan nyeri saat asam lambung.

Jahe memiliki manfaat untuk kulit dan tubuh, selain itu kandungan dari rempah ini memiliki zat antiinflamasi untuk mengatasi masalah pencernaan yang lain, seperti dikutip dari Health Shots.

3. Air Kelapa

Tak Cuma nikmat diminum bersama es batu, air kelapa juga aman bagi pengguna asam lambung, lho. Air kelapa mengandung kalium dan nutrisi, yang mampu menyeimbangkan pH lambung. Cantika menyarankan kamu untuk mengonsumsi air kelapa tanpa pemanis tambahan, jika ingin mendapatkan hasil optimal ya.

4. Pisang

Kabar baik bagi kamu penyuka pisang, karena buah berwarna kuning ini bisa jadi alternatif untuk menurunkan asam lambung. Pisang mampu menetralkan asam lambung, hingga meringankan gejala maag. Pasalnya, buah berbentuk lonjong tersebut dapat memperbaiki lapisan kerongkonan yang rusak akibat naiknya asam lambung.

5. Putih Telur

Putih telur bisa jadi pilihan jika kamu ingin meredakan asam lambung. Kita bisa merebusnya, dan langsung mengonsumsinya ya.

Sebaiknya hindari menggoreng putih telur, karena telur goreng mengandung minyak berlebih dan berbahaya untuk penderita asam lambung. Selain itu, penyandang asam lambung diminta tak konsumsi kuning telur ya. Sebagai informasi, kuning telur yang dikonsumsi saat asam lambung naik akan memicu gejala refluks asam lambung dan memperparah kondisi.

6. Daun Kemangi

Daun kemangi kaya akan eugenol yang berfungsi sebagai antiinflamasi di dalam pencernaan. Selain itu, daun yang biasa digunakan sebagai lalapan ini juga dapat melindungi lapisan dinding lambung dari kerusakan.

Caranya, kunyah beberapa helai daun kemangi di siang hari atau rendam daun kemangi di dalam air, dan minum air rendaman daun kemangi secara rutin.

7. Susu Dingin

Jika kamu tak mempunya riwayat alergi laktosa, maka cara satu ini bisa dicoba untuk mengatasi asam lambung, lho. Kita bisa mengonsumsi susu dingin, karena dapat mengurangi rasa sakit akibat asam lambung serta meredakan heartbun.

Itu dia tujuh makanan yang aman untuk penderita asam lambung, semoga artikel ini bermanfaat ya! Kalau kamu sudah pernah coba cara yang mana nih?

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."