8 Tips Mengatasi Cuaca Panas Agar Tetap Sehat dan Terhidrasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Warga berjalan di tengah cuaca terik di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin, 24 April 2023. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan dinamika atmosfer yang tidak biasa menjadi salah satu penyebab Indonesia mengalami suhu panas dalam beberapa hari terakhir. ANTARA/Fauzan

Warga berjalan di tengah cuaca terik di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin, 24 April 2023. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan dinamika atmosfer yang tidak biasa menjadi salah satu penyebab Indonesia mengalami suhu panas dalam beberapa hari terakhir. ANTARA/Fauzan

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sehubungan dengan cuaca panas belakangan ini, di media disebutkan pernyataan Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan BMKG yang antara lain menyebutkan bahwa “temperatur naik pada April dan Mei”. 

Menanggapi fenomenda tersebut, ada delapan tips dari Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit serta Mantan Kabalitbangkes, Prof Tjandra Yoga Aditama yang bisa kita lakukan agar terhindar dari masalah kesehatan akibat cuaca panas, tips ini juga sesuai yang dianjurkan National Center of Environmental Health Amerika Serikat.

1. Batasi kegiatan siang hari

Sedapat mungkin kita batasi kegiatan di luar ruangan, khususnya bila mungkin hindari saat tengah hari dimana matahari sedang panas-panasnya. 

2.  Minum air putih cukup

Minum air lebih banyak dari biasa. Jangan tunggu haus baru minum, minumlah sering-sering. Kurang minum dapat berhubungan dengan gejala keram di otot yang bukan tidak mungkin merupakan gejala awal dari gangguan kesehatan akibat cuaca panas.

3. Gunakan pakaian yang berwarna cerah dan relatif longgar

4. Jangan sampai meninggalkan anak-anak di dalam mobil. Hal ini sudah beberapa kali kita dengar terjadi, dan tentu masalahnya akan lebih berat kalau memang cuaca sedang panas di bulan Mei ini.

5. Waktu olahraga   

kalau akan olahraga di luar rungan maka pilihlah waktu yang tidak terlalu panas, mungkin di pagi hari atau sore hari, bahkan malam. Juga lakukan aktifitas fisik secara bertahap, misalnya mulai bersepeda pelan-pelan dulu dan baru setelah beberapa waktu menggenjot lebih cepat.

6. Ruangan yang terlindungi 

Sedapat mungkin akan baik kalau lebih banyak berada dalam ruangan yang terlindung. Sesuai kondisi yang ada maka pendingin ruangan tentu membantu walau tidak mutlak, kalau toh tidak di rumah maka dapat di kendaraan umum, gedung perkantoran atau mal. 

7. Mandi air dingin 

Bila memang cuaca amat panas maka mandi dengan air dingin tentu akan membantu, dan baik dilakukan.

8. Akses informasi

Ikuti perkembangan berita terakhir tentang cuaca panas di daerah kita, tentu dari sumber-sumber terpercaya. "Jadi prinsip dasarnya adalah “stay cool, stay hydrated, and stay informed," ucap mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara ini.  

Pilihan Editor: 5 Penyebab Asma Kambuh di Cuaca Panas

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."