Alasan Pentingnya Memakai Skincare di Malam Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu sering melewatkan pemakaian produk perawatan kulit atau skincare di malam hari? Jika iya, ketahuilah bahwa kamu melewatkan sederet manfaat perbaikan kulit di malam hari. Sebab kulit lebih mudah menyerap produk skincare di malam hari.

"Kulit kalian lebih permeable (menyerap), lebih mudah menyerap skincare yang kalian kasih," kata dr. Danar Wicaksono dalam konferensi pers Garnier Bright Complete Overnight C Serum di Jakarta Pusat, pada Jumat, 28 Juli 2023.

"Makanya saran kita dari dermatologist (ahli kulit), waktu malam itu justru gak boleh ga skincare-an. Karena permeabilitasnya lebih tinggi di malam hari," lanjutnya.

Alasan berikutnya agar tak melewatkan rutinitas skincare di malam hari adalah ph kulit lebih rendah.

"Kulit kita memiliki derajat keasaman atau pH yang lebih rendah. Jadi pada siang hari karena paparan polusi, UV (sinar ultraviolet), dan segala macam, kulit kita lebih menjadi basa. Nah, jika kulit dalam kondisi basa, aktif-aktif ingredients (bahan) memerlukan kondisi asam, jadi biasanya tidak lebih efektif (penyerapannya) di siang hari, lebih efektif di malam hari," tutur dokter lulusan Universitas Gadjah Mada itu.

Selain itu, menurut dokter Danar, proses memperbaiki kulit lebih baik di malam hari karena tidak terkena paparan terik sinar matahari, polusi udara, dan lainnya.

"Proses repair (perbaikan) kulit paling baik terjadi di malam hari. Misalnya seharian panas-panasan, ga langsung (muncul flek) hitam, biasanya merah dulu. Baru pagi keesokan harinya, kulit aku gosong. Karena yang terjadi adalah kulit kita ini repair-nya malam hari dan kenapa jadi hitam karena paparan sinar UV menyebabkan inflamasi (peradangan), dan inflamasi baru diperbaiki pada malam harinya. Makanya sehari berikutnya baru muncul flek hitamnya," jelas dia.

Dokter Danar juga menekankan pentingnya tidur yang cukup dan memilih produk skincare dengan kandungan vitamin C.

(dari kiri) Agung Panditanegara - Brand General Manager Garnier Indonesia,Vanesha Prescilla - Brand Ambassador Garnier Indonesia, Nayana Dharsono - Head of Research and Innovations, L'Oréal Indonesia, dan dr. Danar Wicaksono dalam peluncuran Garnier Bright Complete Overnight 10% Pure Vitamin C Serum di Jakarta Pusat, pada Jumat, 28 Juli 2023. Foto: Dok. Garnier

Cara Memilih Produk Skincare dengan Vitamin C

Dalam memilih produk skincare dengan vitamin C, pastikan ditunjang dengan riset yang memadai sesuai dengan jenis kulit. "Apakah tipe kulit yang sama, apakah mewakili populasi kulit orang Indonesia berkulit sawo matang, kita lihat dulu di risetnya itu mewakili kita sebagai orang Indonesia," jelas dokter Danar.

Langkah kedua adalah memastikan produk vitamin C tidak berubah warna. "Kalau terjadi perubahan warna, itu efektivitasnya berkurang," tuturnya.

Kamu juga perlu memastikan produk terdaftar di BPOM dan tidak terburu-buru untuk melihat perubahannya. Mengingat salah satu khasiat vitamin C, idealnya perubahan akan terlihat dalam waktu 28 hari sesuai waktu regenerasi kulit. "Jadi, kalau mau benar-benar cek efeknya, jadi menunggu siklus pergantian kulit," ungkapnya.

Pilihan Editor: 7 Urutan Skincare Malam untuk Bantu Regenerasi Kulit Wajah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."