4 Langkah Memotong Poni Sendiri di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dengan poni rambut. Freepik.com/garetsvisual

Ilustrasi perempuan dengan poni rambut. Freepik.com/garetsvisual

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda ingin memotong poni sendiri, itu bukan ide yang buruk. Tapi juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut direktur artistik Glamsquad, Giovanni Vaccaro. Termasuk dari segi alat yang Anda perlukan, mulai dari jepit rambut, sisir, dan gunting jepit rambut. Yuk, kita simak langkah-langkah memotong poni sendiri di rumah agar tampilan rambut semakin indah.

1. Tata Poni Seperti Penampilan Biasanya

Langkah permulaan, Vaccaro merekomendasikan pastikan rambut dalam kondisi kering saat memotong poni. Tujuannya meminimalisasi kesalahan potongan poni. Maka dari itu, gunakan klip belahan untuk memisahkan sisa rambut Anda dari poni.

"Saya suka benar-benar menatanya seperti biasanya Anda memakai" katanya dikutip dari laman Pop Sugar, Kamis, 27 Juli 2023. Hal itu membantu mengurangi peluang Anda memotong terlalu banyak.

Tips berikutnya, jangan memegang rambut terlalu sering. "Wanita cenderung menggunakan jari mereka untuk memegang bagian rambut, sehingga memberikan terlalu banyak tekanan yang membuat poni terangkat setelah Anda memotongnya," kata Vaccaro. Jadi, biarkan poni Anda jatuh secara alami.

2. Sisir Rambut

Dengan sisir di satu tangan dan gunting di tangan lainnya, sisir poni beberapa kali sebelum berhenti beberapa sentimeter dari ujung rambut. Kemudian, dengan gunting yang dipegang tegak lurus dengan rambut, Anda dapat memulai dengan potongan titik. Langkah ini menambah tekstur pada rambut dan membuat ujungnya lebih alami.

Untuk poni tumpul, pegang gunting secara lurus. "Gunakan sisir sebagai panduan dan ukur dua kali dan potong sekali," kata Vaccaro.

"Berhati-hatilah untuk terus memangkasnya, karena bisa menjadi lebih pendek dari yang Anda inginkan."

Baca juga: Model Poni untuk Rambut Tipis dan Cara Menatanya

3. Potong Bertahap

Ingatlah, Anda selalu dapat memotong lebih banyak, tetapi Anda tidak dapat memperbaiki potongan poni yang terlalu pendek. Maka dari itu, Vaccaro merekomendasikan memotong poni sedikit demi sedikit, dan kembali ke langkah kedua jika Anda ingin membuat poni Anda lebih pendek.

4. Tambahkan Beberapa Potongan Lebih Dalam

Setelah Anda memotong poni, Vaccaro merekomendasikan menyisir seluruh poni, dan menambahkan beberapa potongan yang lebih dalam. Hal ini membantu menyebarkan lebih banyak rambut. Abaikan langkah ini jika Anda memiliki poni tumpul.

Cara Menata Poni

Jika semuanya gagal, atau Anda terlalu takut untuk mencoba memotong poni sendiri, Vaccaro memberi beberapa tips untuk mengatur poni sampai Anda dapat bertemu penata rambut

"Mulailah menata poni ke samping dan menggunakan semprotan ringan," kata Vaccaro. "Jika poni terus masuk ke mata Anda, bagi poni dua bagian, lalu gunakan jepit poni ke atas, semprotkan hairspray di bagian bawah, dan berikan sedikit udara panas dari pengering rambut ke poni. Setelah Anda melepas klipnya, poni akan terlihat kece."

Pilihan Editor: Ketahui 13 Model Poni, dari Poni Tirai hingga Poni Bottleneck

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."