Tips Memilih Sabun Cara Membersihkan Wajah dengan Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi membersihkan wajah. Freepik.com

Ilustrasi membersihkan wajah. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu poin utama agar memiliki wajah sehat adalah rajin membersihkan wajah. Ada masyarakat yang menggunakan sabun biasa, ada juga yang menggunakan susu pembersih dalam menjaga agar wajah tetap bersih.

Tips Memilih Sabun Wajah

Ketua Bidang Sosial dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dr. Adhimukti T. Sampurna, SpKK menjelaskan pentingnya memilih sabun wajah dan menggunakan pembersih wajah dengan tepat agar hasil pembersihan dapat maksimal. Ia pun membagikan tips memilih sabun wajah yang tepat.

“Prinsipnya sabun wajah harus berpelembab karena membuat kondisi kulit wajah lebih stabil,” kata Adhi saat ditemui dalam acara diskusi kesehatan di Jakarta, Minggu 23 Juli 2023.

Jika sabun membuat kulit menjadi kering, maka kulit akan mengeluarkan minyak lebih banyak dan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Beberapa sabun wajah yang harus dihindari adalah sabun yang mengandung sulfur dan alkohol.

Penggunaan sabun natural atau sabun berbahan alami seperti susu, madu, dan buah boleh untuk digunakan, terutama bagi orang dengan tipe kulit kering karena dapat membantu kulit menjadi lembab.

Selain itu, Adhi mengimbau untuk menggunakan sabun wajah tanpa scrub atau sabun yang dilengkapi dengan eksfoliasi wajah. Eksfoliasi pada sabun termasuk ke dalam jenis eksfoliasi physical, sehingga memungkinkan semua sel kulit seperti termasuk sel kulit yang masih muda, ikut terkelupas. Hal ini bisa menyebabkan wajah menjadi kering hingga memicu timbulnya minyak berlebih pada wajah.

Adhi menyarankan agar seseorang menggunakan sabun wajah berbentuk foam (busa) dan likuid atau cairan agar lebih nyaman saat diaplikasikan ke kulit. Selain itu, pilih sabun dengan kandungan yang sesuai dengan tipe kulit agar tidak membuat kulit terlalu kering. "Kalau bisa pilih sabun tanpa pengawet, yang tanpa paraben,” kata Adhi.

Cara Bersihkan Wajah yang Benar

Adhi juga memaparkan cara membersihkan wajah dengan benar, apalagi bila seseorang aktif berkegiatan.

Sebelum mencuci wajah dengan sabun, bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan micellar water atau cairan khusus pembersih wajah yang diperlukan untuk mengangkat sisa riasan dan debu yang menempel. Gunakan kapas khusus wajah dan tuangkan cairan pembersih wajah secukupnya. “Micellar water itu molekulnya kalau dilihat kayak ada capitnya. Jadi, kalau pakai micellar water, harus ditekan dulu,” kata Adhi.

Berbeda dengan penggunaan cairan pembersih wajah berupa oil cleansing atau milk cleansing, pemakaian micellar water sebagai pembersih wajah harus ditekan dan diamkan sejenak selama 4 detik. Setelah ditekan perlahan, geser kapas ke area wajah lain, lalu hitung dengan waktu yang sama hingga seluruh wajah bersih.

Membersihkan wajah dengan micellar water tanpa menekannya akan membuat wajah merah, selain itu pembersihan pada wajah menjadi tidak maksimal dan dapat menimbulkan masalah kesehatan kulit. "Setelah itu, segera cuci wajah dengan sabun wajah. Hindari mencuci wajah dengan menekannya terlalu kencang agar tidak terjadi iritasi," kata Adhi. 

Pilihan editor: Kenali 7 Jenis Pembersih Wajah, dari Gel hingga Foam

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."