Demi Menjaga Kesehatan Usus, Begini Cara Membuat Salad yang Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi salad. Foto: Pixabay.com/JillWellington

Ilustrasi salad. Foto: Pixabay.com/JillWellington

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaSalad adalah salah satu cara sederhana namun efektif untuk memasukkan makanan sehat dan bergizi ke dalam menu makanan Anda. Dikemas dengan sayuran segar, buah-buahan, dan terkadang bahan kaya protein, salad menyediakan berbagai vitamin, mineral, dan serat. Salad dapat disesuaikan dengan selera individu dan preferensi diet. Dengan demikian, Anda perlu memperhatikan cara membuat salad ramah usus.

Menurut Bhakti Kapoor, ahli gizi, mengonsumsi salad adalah cara terbaik untuk meningkatkan pencernaan, mendukung mikrobioma usus yang sehat, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sarat dengan serat, vitamin, dan mineral, salad membantu meningkatkan pencernaan, menjaga berat badan, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

"Salad juga dapat mengurangi peradangan, meningkatkan tingkat energi, dan mendukung sistem kekebalan yang kuat,” kata Kapoor, dikutip dari Indian Express, pada Kamis, 20 Juli 2023.

Berikut beberapa cara membuat salad demi menjaga kesehatan usus

- Tambahkan makanan prebiotik untuk memberi makan bakteri usus Anda.

- Variasikan sayuran untuk rasa dan nutrisi yang berbeda.

- Gunakan tiga tanaman berbeda karena ini membantu mikrobioma usus Anda.

- Semakin banyak warna, semakin baik karena warna berarti antioksidan.

- Tambahkan atau pasangkan dengan protein karena protein membantu Anda tetap kenyang.

- Fokus pada lemak sehat untuk penyerapan nutrisi, rasa kenyang, dan meningkatkan rasa.

Baca juga: Salad Lokal Tidak Kalah Enak dengan Salad Barat, Intip Beda Penyajiannya

Sementara itu, ahli gizi fungsional sekaligus CEO danPendiri iThrive, Mugdha Pradhan mengatakan meskipun memasukkan sayuran dan serat nabati memiliki sejumlah manfaat untuk usus, ada efek samping yang perlu diketahui, terutama bagi sejumlah orang dengan masalah pencernaan.

“Kebanyakan orang dengan masalah usus (persentase populasi yang semakin besar saat ini) tidak dapat menoleransi serat dengan baik," jelasnya.

Sayuran biasanya cenderung mengandung lebih banyak serat tidak larut daripada serat larut. Hal itu bisa berisiko bagi orang yang bermasalah dengan usus, dan bisa lebih mengiritasi usus.

"Selain itu, sayuran juga mengandung bahan kimia pertahanan tanaman dan antinutrien seperti lektin, fitat, oksalat, dll yang dapat merusak kesehatan usus dengan berbagai cara,” ujarnya.

Maka dari itu, dia menyarankan sejumlah cara membuat salad ramah usus, mulai dari membuang kulit sayuran hingga mengolah sayuran.

Cara Membuat Salad Ramah Usus

– Selalu buang biji dan kulit sayuran dan buah-buahan karena mengandung konsentrasi antinutrien yang jauh lebih tinggi.

– Hindari salad yang sepenuhnya mentah. Usahakan untuk memasak sayuran sedikit-sedikit dengan cara dikukus atau ditumis.

- Beberapa sayuran lebih tinggi antinutrien daripada yang lain. Cobalah untuk memilih sayuran yang ramah usus seperti wortel, ubi jalar, dan zucchini.

– Kecambah mentah yang sering dimasukkan ke dalam salad dapat memicu gejala seperti gas dan kembung pada banyak orang dan harus dihindari.

– Cuci produk Anda sampai bersih dan rendam dalam campuran cuka dan soda kue untuk menghilangkan telur/larva parasit.

– Selalu beli produk organik untuk menghindari paparan pestisida dan bahan kimia pertanian lainnya yang sangat berbahaya bagi usus. Jika tidak mendapatkan produk organik, merendamnya dalam arang aktif membantu menghilangkan racun untuk sebagian besar.

Namun, jika Anda bukan penggemar salad, jangan takut! Kapoor mengatakan bahwa ada banyak cara untuk membuat mereka menyenangkan. “Bereksperimenlah dengan berbagai tekstur, rasa, dan pugasan atau topping untuk membuat salad yang dipersonalisasi. Coba tambahkan kacang renyah, alpukat krim, saus tajam, atau protein panggang untuk rasa dan kepuasan ekstra. Kuncinya adalah membuatnya menarik secara visual dan beragam,” katanya.

Sebagai penutup, Kapoor meminta semua orang untuk menjadikan salad sebagai bagian rutin dari rutinitas makan dan merasakan manfaat kesehatan yang transformatif. “Dengan setiap gigitan, Anda memberi makan tubuh Anda dari dalam, menumbuhkan usus yang berkembang, dan menjalani hidup yang penuh vitalitas."

Pilihan Editor: Resep Saus Salad Basil, Pelengkap Menu Makanan Sehat yang Mudah Dibuat

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."