Olahraga 2,5 Jam Akhir Pekan Versus Aktif Berkala Selama Sepekan Penuh, Mana Lebih Baik?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi perempuan olahraga di gym. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan olahraga di gym. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga agar tubuh tetap bugar ada banyak caranya. Beberapa orang melakukannya dengan melakukan olahraga selama sepekan penuh nonstop. Beberapa orang lain lebih memilih hanya olahraga di akhir pekan. Mana yang jenis aktivitas yang paling tepat?

Sebuah penelitian baru menunjukkan berolahraga selama 2,5 jam pada akhir pekan mungkin memiliki manfaat yang sama bagi kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga selama seminggu penuh.

Dikutip dari Insider, Kamis, para peneliti dari Rumah Sakit Umum Massachusetts melihat data dari 89.573 orang dewasa di Inggris yang melacak aktivitas mereka selama seminggu menggunakan akselerometer atau perangkat yang mencatat gerakan mereka seperti joging, bersepeda, dan berjalan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang berolahraga 150 menit seminggu, aktivitas berat 75 menit seminggu, memiliki risiko gagal jantung dan stroke yang lebih rendah daripada rekan mereka yang tidak aktif.

Penelitian tersebut juga menunjukkan tidak masalah jika peserta berolahraga secara berkala sepanjang minggu, atau melakukan semua latihan mereka dalam satu atau dua sesi besar, seperti di akhir pekan.

Temuan tersebut didukung oleh penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa olahraga akhir pekan bisa menjadi pilihan yang layak untuk membawa manfaat kesehatan dari olahraga kepada orang-orang dengan jadwal sibuk pada hari kerja. "Jika Anda dapat mencapai tingkat yang direkomendasikan pedoman tersebut selama satu hingga dua hari dalam seminggu, maka temuan kami menunjukkan bahwa Anda mendapatkan manfaat yang sama dengan orang yang dapat mendistribusikannya secara lebih merata," ucap penulis studi utama Dr. Shaan Khurshid.

Riset tersebut menunjukkan jika seseorang ingin menggabungkan sesi olahraga pada akhir pekan, dia harus mencapai durasi 2,5 jam dalam waktu satu atau dua hari. Riset lainnya mengemukakan olahraga dalam durasi yang lebih singkat, namun, rutin dilakukan pada hari biasa atau akhir pekan, juga memberikan manfaat bagi kebugaran tubuh.

Pilihan editor: 4 Fakta Menarik Butik Olahraga Sun & Sports yang Pertama Kali Hadir di Indonesia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."