Cegah Dehidrasi dengan 8 Buah Mengandung Air Ini, dari Semangka hingga Mangga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tubuh kita terdiri dari setidaknya 60 persen air, yang digunakan sel kita untuk berkomunikasi satu sama lain, mengantarkan oksigen lebih efektif, dan menyerap nutrisi. Air juga berfungsi untuk melumasi persendian, membuang racun dari tubuh, mengatur suhu, dan melindungi tulang belakang, kulit, mata, dan hidung. Bahkan meningkatkan pencernaan, serta kesehatan mikrobioma ginjal, hati, dan usus.

Sepanjang hari, fungsi tubuh yang normal, seperti berkeringat, pergi ke kamar mandi, dan bahkan bernapas, secara alami mengakibatkan kehilangan air. Pada akhirnya, hidrasi yang tepat bermuara pada konsumsi lebih banyak cairan daripada yang Anda hilangkan setiap hari. Tapi tahukah Anda bahwa makanan yang Anda makan, dan bukan hanya air yang Anda minum, juga berkontribusi pada tingkat hidrasi Anda secara keseluruhan dan membantu mencegah dehidrasi?

Satu atau dua porsi buah yang mengandung air tertinggi bisa setara dengan delapan ons air. Anda juga bisa mengonsumsi buah yang paling menghidrasi berikut ini: 

1. Semangka

 Selain sarat dengan vitamin C dan senyawa tanaman yang meningkatkan kekebalan, semangka merah muda yang menyegarkan sering dianggap sebagai salah satu buah yang paling menghidrasi, mengandung hingga 91 persen air. Meskipun tidak ada yang seperti menikmati irisan semangka di hari yang panas, jika Anda sedang mencari cara baru untuk makan favorit musim panas ini, semangka cocok dengan salad gurih dan hidangan tak terduga lainnya (mint dan feta melengkapinya dengan sangat baik).

2. Strawberry 

Hampir setiap jenis berry akan memberi Anda serat dalam jumlah tinggi, berkat kulit dan bijinya yang menonjol. Mereka juga memberi Anda tujuan hidrasi harian juga. Stroberi adalah berry yang paling menghidrasi dengan kandungan air hingga 91 persen, diikuti oleh blackberry dengan 88 persen. Raspberry juga membuat daftar dengan 86 persen air seperti halnya blueberry dengan 84 persen. Cranberry disebutkan secara terhormat di sini karena cenderung mengandung banyak air juga.

3. Jeruk 

Ilustrasi mentimun dan jeruk. shutterstock.com

Bukan kebetulan buah jeruk biasanya dijus menawarkan begitu banyak air yang menghidrasi dari interiornya yang asam manis. Grapefruit adalah buah jeruk dengan kadar air tinggi dengan kandungan air total hingga 91 persen, dan jeruk mengandung 87 persen air. Meskipun pilihan asam ini sebenarnya musiman di musim dingin, sangat umum untuk menemukannya di toko bahan makanan sepanjang tahun untuk dinikmati bersama oatmeal pagi Anda, sebagai camilan sore yang cerah, atau sebagai bintang dalam salad atau makanan penutup favorit Anda.

4. Peach 

Ilustrasi buah persik atau buah peach. gourmetegypt.com

Buah-buahan batu memberi berry uang mereka untuk meningkatkan hidrasi. Persik mengandung hingga 89 persen air, sedangkan nektarin tidak jauh dari 88 persen. Plum berada tepat di ekornya dengan kadar air 87 persen seperti halnya aprikot dengan 86 persen. Mirip dengan semangka, buah musim panas ini juga sering membutuhkan serbet, karena sangat berair saat matang.

5. Nanas

Ilustrasi nanas (pixabay.com)

Dengan total kandungan air hingga 86 persen, nanas layak mendapat tempat dalam daftar. Di luar kapasitas menghidrasinya, nanas sarat dengan vitamin C, dengan satu cangkir menawarkan lebih dari 100 persen kebutuhan harian Anda, membantu Anda menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Nanas juga unik sehat karena penuh dengan bromelain, enzim yang membantu pencernaan dan penyerapan protein. Namun manfaat enzim ini tidak berhenti sampai di situ karena juga dapat membantu mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan tubuh.

6. Pir

Ilustrasi buah pir (Pixabay.com)

Ada begitu banyak hal yang disukai dari buah pir yang rendah hati —serat, vitamin C, folat, tembaga, dan potasium. Nutrisi ini membantu tubuh kita untuk mencerna, memperbaiki, dan berkembang secara optimal. Tidak mengherankan, buah tangan ini juga merupakan sumber air yang sangat baik. Pir Asia adalah varietas pir yang mengandung air tertinggi dengan 88 persen. Meskipun tidak sepopuler anjou atau bartlett sehari-hari Anda, kerenyahan pir Asia yang tak tertahankan membuatnya sangat memuaskan. Ini juga tidak terlalu manis, cocok untuk hidangan gurih seperti selada dr kubis, bumbu perendam, roti pipih, dan bahkan sup.

7. Apel 

Ilustrasi apel. Unsplash.com/Shelley Pauls

Sangat mungkin pepatah "apel sehari" tidak mengacu pada vitamin, mineral, dan serat buah ini — tetapi kandungan airnya yang sangat tinggi. Dengan 86 persen air, apel sangat menyegarkan dan mengenyangkan (dan camilan terbaik). Baik dicelupkan ke dalam mentega kacang, dicampur ke dalam parfait yogurt, dipasangkan dengan keju tajam, atau ditaburi kayu manis, ada begitu banyak cara untuk menikmati apel saat atau di antara waktu makan.

8. Mangga 

Makanan tropis ini akan membantu Anda memenuhi target cairan harian Anda dengan kandungan airnya yang tinggi sebesar 83 persen. Seperti banyak buah lainnya yang menghidrasi, mangga kaya akan vitamin C, serta vitamin A dan B6 untuk meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, mata, dan otak.

Pilihan Editor: Beda Dehidrasi dan Radang Tenggorokan, Gejala dan Cara Mencegahnya

REAL SIMPLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."