9 Tips Merawat Pakaian Berbahan Wol, Pakai Air Dingin saat Mencuci

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Sweater wol. Dok.LL Bean

Sweater wol. Dok.LL Bean

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap jenis bahan pakaian perlu diperhatikan cara merawatnya dengan benar agar semakin panjang usia pakainya. Kali ini, kita mengulik tips merawat pakaian berbahan wol. Menurut Dr. Divya Singhal, peneliti tekstil dan manajer konten, Proyek RTC, Institut Teknologi Mode Nasional (NIFT), New Delhi, India, wol memiliki karakteristik intrinsik, yakni mudah menyusut di bawah pengaruh panas dan air.

"Maka dari itu, memerlukan perawatan khusus untuk kain wol selama pencucian dan penyimpanan," ujar Dr. Singhal, dikutip dari laman Indian Express, Selasa, 18 Juli 2023.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam merawat pakaian berbahan wol, berikut di antaranya.

1. Cuci pakaian berbahan wol dengan tangan dan gunakan deterjen non-ionik. Jika menggunakan mesin cuci, atur pengaturan mesin cuci yang lembut dengan siklus putaran minimum.

2. Gunakan air dingin untuk mencuci.

Baca Juga:

3. Bentuk kembali dan regangkan wol Anda saat masih basah.

4. Jangan mengeringkannya. Gunakan gantungan empuk untuk menggantungnya atau membaringkannya jika memungkinkan, jauh dari sinar matahari langsung.

5. Jika ada noda, harus dibersihkan sebelum dicuci.

6. Penyetrikaan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan steam press atau saat pakaian dalam keadaan lembap. Ini memfasilitasi penghapusan lipatan dan kerutan lebih efektif.

7. Wol rentan terhadap serangan ngengat, jadi sangat penting untuk merawatnya. Saat menyimpan wol, pastikan pakaian Anda benar-benar kering. Merupakan praktik yang baik untuk dijemur di bawah sinar matahari yang cerah sebelum dikemas.

8. Simpan pakaian berbahan wol dalam kantong katun atau kantong plastik dengan bola pengusir ngengat atau daun nimba kering. Barang-barang ini harus dibungkus dengan kantong katun kecil untuk menghindari kontak langsung dengan pakaian Anda.

9. Tempat penyimpanan harus kering dan tidak memiliki ujung yang tajam untuk mencegah kerusakan pada pakaian berbahan wol Anda.

Pilihan Editor: Cara Merawat Baju Rajut agar Tidak Melar dan Tidak cepat Rusak

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."