Smoothie Terlalu Kental, Encer, Pahit atau Manis, Begini Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bluberry smoothie. Freepik.com/Rawpixel

Ilustrasi bluberry smoothie. Freepik.com/Rawpixel

IKLAN

3. Smoothie Terlalu Pahit

Smoothie dapat menjadi terlalu pahit sebelum Anda menyadarinya. Solusinya? Menetralkan rasa. “Buah segar atau beku seperti nanas, mangga, dan jeruk menambah banyak rasa manis buah. Sedangkan pisang, selain manis, ternyata bisa menetralisir rasa pahit,” kata Wilson.

Pilihan bagus lainnya adalah stroberi, yang cocok dipadukan dengan sebagian besar kombinasi smoothie.

Sebagai alternatif, Wilson menyarankan untuk menambahkan beberapa kurma dan kismis yang bertindak sebagai pemanis alami sambil memberi smoothie dorongan serat yang menyehatkan usus.

Jika opsi ini tampaknya tidak berhasil, katanya sedikit vanilla bean, ekstrak vanilla, agave, atau cacao dapat membantu. Dan jika semuanya gagal, bubuk protein beraroma adalah salah satu cara termudah (dan terbaik) untuk menutupi rasa pahit.

Untuk itu, Wilson mencatat bahwa sayuran hijau biasanya menjadi biang keladi di balik minuman yang rasanya pahit. Karena itu, dia merekomendasikan penggunaan baby greens atau bayam, yang rasanya cenderung lebih lembut daripada sayuran dewasa. Setelah selera Anda beradaptasi dengan rasa yang bersahaja ini, Anda dapat mulai meningkatkan varietas yang lebih pahit dan menyesuaikan rasionya sesuai keinginan Anda.

4. Smoothie Terlalu Manis

Saat smoothie sarapan Anda mulai terasa seperti hidangan penutup (yang belum tentu negatif tergantung selera Anda), Wilson menyarankan untuk menambahkan sedikit jeruk untuk menyeimbangkan rasa dan menjaga tingkat kemanisan.

“Tambahkan sedikit jus lemon atau jeruk nipis," ujarnya.

Sepotong kecil lemon atau jeruk nipis bisa memberi sedikit rasa asam untuk menyeimbangkan rasa manisnya. Terlebih lagi, Wilson mencatat bahwa banyak buah dapat bertindak sebagai pemanis alami, artinya Anda dapat menghilangkan atau mengurangi pemanis tambahan (seperti madu, agave, atau sirup maple) sama sekali dalam banyak kasus.

Baca juga: 5 Resep Smoothie Sehat untuk Sarapan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."