Smoothie Terlalu Kental, Encer, Pahit atau Manis, Begini Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bluberry smoothie. Freepik.com/Rawpixel

Ilustrasi bluberry smoothie. Freepik.com/Rawpixel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika smoothie terlalu kental, encer, manis atau pahit, jangan buru-buru dibuang. Anda bisa menyelamatkan kegagalan tersebut dengan cara yang tepat. Berikut ini cara mengatasi smoothie yang terlalu kental hingga pahit menurut Adam Wilson, senior manajer pendidikan kuliner di Vitamix, Amerika.

Saat memperbaiki rasa atau tekstur smoothie, Wilson merekomendasikan mengatur blender atau juicer di kecepatan tertinggi secara progresif daripada menghancurkannya dari awal. Pemrosesan selama 10-20 detik akan memungkinkan bahan untuk mengemulsi ulang, yang merupakan langkah penting dalam proses. Hal tesebut berlaku untuk semua tips yang tercantum di bawah ini.

1. Smoothie Terlalu Kental

Salah satu kegagalan membuat smoothie yang paling umum adalah smoothie yang terlalu kental, sehingga tidak mungkin diseruput melalui sedotan. Sebelum Anda menuangkannya ke dalam mangkuk dan mengambil sendok, Wilson mengatakan ada perbaikan cepat.

Dalam hal ini, dia menyarankan untuk merehidrasi bahan secara perlahan dan mantap agar tidak berlebihan. Menurutnya, yang terbaik adalah memulai dengan menambahkan sedikit cairan saja — sekitar satu sendok makan atau lebih — sambil memblender 10-20 detik di antara setiap penambahan hingga konsistensi yang diinginkan tercapai. Bekerja dalam jumlah kecil membantu mencegah smoothie menjadi terlalu encer terlalu cepat.

2. Smoothie Terlau Encer

Jika smoothie terlalu encer, Wilson mengatakan menambahkan sedikit zat adalah cara yang harus dilakukan.

“Gunakan atau tambahkan buah beku—terutama yang seperti pisang dan mangga—kacang-kacangan atau biji-bijian, atau yogurt beku,” kata Wilson.

Kembang kol adalah penguat smoothie lain yang disarankan Wilson untuk digunakan.

“Kembang kol beku adalah pilihan bagus lainnya yang menambah rasa lembut dan tubuh — dan penambah nutrisi — tanpa sedikit pun rasa kembang kol,” katanya.

Atau, Anda selalu dapat menambahkan beberapa biji rami untuk membantu mengentalkan smoothie. "Rasanya yang sedikit pedas seharusnya tidak bersaing dengan bahan lainnya."

Saat menambahkan bahan padat ke dalam smoothie, Wilson menekankan bahwa penting untuk mengembalikan mesin ke kecepatan tertingginya dan memprosesnya selama 20-30 detik untuk menggabungkan semua bahan menjadi satu.

Baca juga: Punya Masalah Sembelit? Atasi dengan 6 Resep Smoothie Buah-buahan Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."