5 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih, Tetap Terhidrasi tapi Batasi Minuman Manis

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi menahan pipis atau kencing. Shape.com

Ilustrasi menahan pipis atau kencing. Shape.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Infeksi saluran kemih atau ISK terjadi ketika ada pertumbuhan berlebih bakteri dari area anus di uretra, kandung kemih, atau ginjal yang dapat menyebabkan gejala buruk seperti nyeri dan sering buang air kecil, nyeri panggul, dan mual. Karena uretra wanita lebih pendek dan lebih dekat ke anus daripada pria, ISK lebih mungkin terjadi pada wanita dibandingkan pria. Satu dari dua wanita akan terkena ISK seumur hidup mereka, sementara kemungkinannnya 1 dari 20 pria bakal alami ISK.

Meskipun tidak diketahui pasti mengapa risiko ISK lebih tinggi di musim panas, ada beberapa teori yang mendukung menurut dokter Yana Barbalat, ahli urologi bersertifikat yang berbasis di Amerika Serikat. Salah satu alasannya adalah kurangnya hidrasi.

"Orang lebih cenderung mengalami dehidrasi di musim panas. Jika Anda mengalami dehidrasi, Anda tidak akan sering buang air kecil. Saat Anda buang air kecil, Anda membilas sistem bakteri. Jika Anda tidak cukup minum, Anda tidak menghasilkan cukup urin, jadi Anda tidak membilas sistem,” tuturnya dikutip dari laman Well+Good, Sabtu, 15 Juli 2023.

Bakteri yang menyebabkan ISK juga tumbuh subur dan lebih banyak bergerak dalam kondisi hangat dan lembab, membuat pakaian renang basah atau pakaian berkeringat menjadi lingkungan yang ideal untuk terjadinya ISK, terutama jika Anda sudah rentan terhadapnya, kata Dr. Barbalat.

Mencegah ISK sangat ideal, karena pengobatan melibatkan rangkaian antibiotik, yang dapat menyebabkan infeksi jamur, ketidakseimbangan mikrobioma, dan resistensi obat, kata Dr. Barbalat.

“Pencegahan sangat penting pada wanita dengan ISK berulang karena jika resistensi terjadi, Anda terbatas pada apa yang dapat Anda gunakan untuk mengobatinya,” tambahnya.

Berikut beberapa cara mencegah infeksi saluran kemih menurut Dr. Barbalat.

1. Tetap Terhidrasi dan Batasi Minuman Manis

Penelitian menunjukkan bahwa minum setidaknya 1,5 liter cairan per hari bisa mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih, dan cobalah untuk tetap mengonsumsi air putih. Sebab minuman manis sebenarnya dapat meningkatkan risiko ISK.

2. Jangan Menahan Kencing, Terutama Setelah Berhubungan Intim

Menahan buang air kecil atau kencing memberi bakteri lebih banyak waktu untuk menempel di dinding kandung kemih. Dr Barbalat merekomendasikan membilas organ intim setelah berhubungan intim.

Baca juga: Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih saat Hamil

3. Miss V Tetap Kering 

Hindari berlama-lama memakai baju renang yang basah atau pakaian dalam yang berkeringat, serta kenakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat.  

4. Seka Miss V dengan Benar

Selalu bersihkan vagina atau Miss V dari depan ke belakang setelah buang air kecil atau membersihkan. Jika  melakukan ke arah sebaliknya, hal itu dapat meningkatkan kemungkinan bakteri yang tidak diinginkan masuk ke saluran kemih Anda.

5. Konsumsi Jus Cranberry

Jika Anda rentan terhadap ISK atau akan menghabiskan banyak waktu melakukan aktivitas yang meningkatkan risiko, Dr. Barbalat mengatakan suplemen cranberry adalah salah satu cara terbaik mencegah ISK secara signifikan, terutama pada wanita dengan infeksi berulang.

“Ada data yang sangat bagus bahwa cranberry melindungi dari ISK," katanya. "Ini satu-satunya pencegahan holistik yang didukung oleh data dan pedoman yang kuat."

Di dalam cranberry terdapat Proanthocyanidins atau PAC, adalah molekul aktif yang dapat mencegah bakteri menempel pada uretra dan dinding kandung kemih, dan data klinis menunjukkan bahwa Anda membutuhkan 36 mg setiap hari senyawa tersebut untuk membantu mencegah ISK, kata Dr. Barbalat.

PAC juga harus larut, artinya diambil dari jus buah, bukan bentuk tidak larut yang diambil dari biji, batang, atau kulit, yang tidak dapat diserap tubuh.

Saat berbelanja suplemen cranberry, Anda perlu membaca label dan berhati-hati. “Sebagian besar produk tidak melaporkan konten PAC atau biasanya hanya dua mg per pil jika Anda beruntung," kata Dr. Barbalat. "Atau produk mungkin mengatakan 'konten cranberry', tetapi Anda perlu mengetahui konten PAC."

Pilihan Editor: Diet Vegetarian Bisa Turunkan Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."