Menteri Budi: Diabetes Jadi Ibu dari Segala Penyakit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi diabetes. Freepik.com

Ilustrasi diabetes. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penyakit diabetes. Ia menyebut penyakit diabetes sebagai ibu dari segala macam penyakit (mother of all diseases) karena dapat menurunkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Saya memang menitipkan pesan ke beberapa rumah sakit besar untuk bisa jadi pengampu secara nasional untuk penyakit tertentu (termasuk diabetes),” kata Menteri Budi usai menghadiri konferensi pers RSCM di Jakarta, Jumat 14 Juli 2023.

Budi mengatakan berdasarkan kajian secara medis, diabetes dapat membuat seseorang menderita komplikasi seperti penyakit ginjal hingga penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung, stroke dan pembuluh darah. Data juga menyebutkan bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai sekitar 20 juta penduduk. Namun kasus yang baru teridentifikasi hanya mencapai lima juta penduduk, dengan angka kematian di atas 200 ribu jiwa setiap tahunnya. “Padahal dari pengalaman saya, data di Indonesia bisa lebih besar dari itu,” kata Budi.

Atas keadaan tersebut, Budi meminta bantuan beberapa rumah sakit seperti Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta untuk memastikan pemberian layanan diabetes bisa berkualitas baik bagi semua pihak. “Tugasnya teman-teman di RSCM adalah memastikan kita bisa menyusun jaringan layanan mulai dari yang paling bawah, paling jauh di level-nya puskesmas sampai paling canggih di level-nya RSCM untuk target mengurangi kematian masyarakat Indonesia dari diabetes,” katanya.

Budi melanjutkan atas arahannya sejak tahun 2022 lalu, RSCM pun sudah berkolaborasi bersama Joslin Diabetes Center berpusat di Boston, Amerika Serikat. Kerja sama itu ditandai dengan dibukanya Advanced Diabetes Center (ADC) pertama di Indonesia yang resmi beroperasional di Central Medical Unit (CMU) 3 atau RSCM Kanigara.

Guna meningkatkan pemberian perawatan diabetes di Indonesia, peningkatan mutu layanan dijalankan melalui Program Penasehat dan Perawatan Klinis. Dengan tahap awal kerja sama akan dilakukan penilaian, observasi, analisa. “Ini memberikan rekomendasi untuk mengembangkan Pusat Keunggulan Diabetes yang menyelenggarakan pelayanan yang terpusat dan terpadu, serta berkolaborasi dalam penyusunan pedoman dan standar perawatan untuk pasien diabetes di Indonesia,” katanya.

Pilihan Editor: Penderita Diabetes, Berikut Jenis Olahraga yang Cocok dan Perlu Dihindari

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."