8 Cara Menjaga Kelembapan Kulit Bayi

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bayi perempuan. Canva.com

Ilustrasi bayi perempuan. Canva.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam hal merawat si kecil, kulit halus mereka layak mendapat perhatian penuh. Sebab kulit bayi lebih halus, sensitif, dan lembut ketimbang kulit orang dewasa, sehingga lebih rentan terhadap kekeringan dan peradangan. Untuk menjaga kelembapan kulit bayi, sebagai orang tua, kita perlu teliti mengoleskan apa pun ke kulit bayi. Jika tidak, bisa memicu iritasi, ruam hingga kekeringan.

Berikut ini sejumlah cara menjaga kelembapan kulit bayi yang direkomendasikan Dr Swathi Ramaurthy, Kepala R&D di Herby Angel, India, dan Gunjan Jindal Poddar, pendiri merek kecantikan Amala Earth.

1. Pilih Pelembap yang Menenangkan

Produk dengan pendingin alami seperti aloe vera, ushira, dan neem memberikan hidrasi yang ekstrem dan khasiat penyembuhannya melindungi kulit halus bayi Anda dengan menghentikan perkembangan mikroba berbahaya.

Carilah produk yang dibuat dengan bahan-bahan alami, seperti ekstrak nabati dan minyak perasan dingin. Formulasi tersebut memberikan hidrasi dan nutrisi tanpa bahan kimia keras atau aditif buatan. Carilah produk yang mengandung minyak kelapa, minyak safron, minyak moringa, minyak vitamin E, minyak jeruk, shea butter hingga ekstrak mentimun. 

2. Tabir Surya SPF 30 - 35

Tabir surya alami dengan SPF tinggi ternyata dapat menyumbat kulit sensitif bayi, sehingga menyebabkan ruam, dan peradangan. Jadi, cari tabir surya alami dengan SPF maksimum 30 - 35 untuk memastikan bahwa itu benar-benar melindungi kulit halus si kecil daripada merusaknya

3. Pilih Produk Bebas Paraben, SLS/SLES, dan Phthalate

Paraben dapat meningkatkan kerusakan tingkat sel yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV). Sementara SLS diketahui mengiritasi mata, kulit, dan paru-paru. Produk yang bebas dari bahan kimia berbahaya ini akan memastikan tidak ada kerusakan sel karena paparan sinar UV tinggi selama musim panas.

Baca juga: Air Susu Pertama Alias Kolostrum Bantu Jaga Kelembapan Kulit Bayi

4. Gunakan Organik dan Alami ketimbang Sintetis

Produk yang memiliki kebaikan perawatan 100 persen organik, bebas bahan kimia melindungi bayi Anda dari bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan ruam, eksim, jerawat, dan masalah kulit lainnya, yang dapat lebih mengganggu bayi Anda selama musim panas.

5. Periksa Sertifikasi/Uji Keamanan

Dalam hal perawatan kulit bayi, penting untuk memeriksa sertifikasi yang relevan untuk memastikan bahwa produk tersebut dibuat di fasilitas yang dapat dipercaya, diuji secara menyeluruh, dan memenuhi prasyarat merek organik.

6. Pilih Produk Perawatan Kulit Bebas Kekejaman

Prioritaskan pilihan perawatan kulit bebas kekejaman untuk bayi Anda. Cari produk yang bersumber secara etis dan tidak diuji pada hewan. Dengan memilih merek bebas kekejaman, Anda dapat memastikan bahwa rutinitas perawatan kulit bayi Anda sejalan dengan fakta bahwa Anda mengikuti gaya hidup yang penuh perhatian.

7. Formulasi Ramah Sensitivitas

Pilih pelembap yang dirancang khusus untuk kulit bayi yang sensitif. Formulasi ini bebas dari bahan kimia keras, wewangian, dan iritasi potensial. Carilah produk yang teruji secara dermatologis dan hipoalergenik untuk meminimalkan risiko reaksi kulit dan alergi.

8. Pijat Lembut dengan Cinta

Tingkatkan rutinitas perawatan kulit bayi Anda dengan menggabungkan pijatan lembut dengan minyak alami. Pilih minyak yang diperas dingin, dikenal karena kemurnian dan retensi nutrisi alaminya. Hangatkan sedikit minyak di tangan Anda dan pijat dengan lembut ke kulit bayi Anda, untuk meningkatkan relaksasi, ikatan, dan nutrisi.

Dengan mengikuti cara-cara lembut untuk menjaga kelembapan kulit bayi, Anda dapat memberikan perawatan yang layak mereka dapatkan. Rangkullah pendekatan perawatan kulit yang berkelanjutan, dan memastikan bahwa produk yang Anda gunakan aman dan ramah lingkungan.

Pilihan Editor: 10 Cara Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."